11 CONTOH TEKS PENGUMUMAN RESMI TIDAK RESMI SINGKAT(tentang Bakti Sosial, Kegiatan Skolah, Kebersihan, Sekolah dan Kehilangan barang)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang teks pengumuman resmi dan teks pengumuman tidak resmi, adapun yang akan kita bahas yaitu mengenai pengertian, 11 contoh dan perbedaan antara teks pengumuman resmi dan tidak resmi tentang kerja bakti, kegiatan sekolah, kebersihan, sekolah dan kehilangan barang atau kehilangan suatu benda, semoga dapat membantu.

Pengumuman Resmi dan Tidak Resmi

 
Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang teks pengumuman resmi dan teks pengumuman tidak resmi, adapun yang akan kita bahas yaitu mengenai pengertian, 11 contoh dan perbedaan antara teks pengumuman resmi dan tidak resmi tentang kerja bakti, kegiatan sekolah, kebersihan, sekolah dan kehilangan barang atau kehilangan suatu benda, semoga dapat membantu.

Pengertian Teks Pengumuman

Pengertian teks pengumuman resmi adalah pengumuman yang isinya dapat dipertanggung jawabkan oleh pembuat pengumuman secara hukum dan undang-undang.

sedangkan pengertian teks pengumuman tak resmi adalah pengumuman yang bisa dibuat siapa saja tanpa ada pertanggung jawaban hukum.

lalu muncul pertanyaan, apa atau sebutkan perbedaan antara teks pengumuman resmi dengan teks pengumuman tidak resmi?

perbedaan yang peling mencolok antara teks pengumuman resmi dan tidak resmi adalah 

Pengumuman resmi yaitu memiliki kepala surat, pengumuman yang ditunjukan untuk umum atau telah ber-izin
Pengumuman tidak resmi yaitu tidak memiliki kepala surat, pengumuman yang bersifat pribadi atau tidak mempunyai izin dari suatu lembaga

Contoh Teks Pengumuman

Berikut ini adalah contoh teks pengumuman resmi dan tidak resmi pendek, singkat dan sederhan tentang kerja bakti, kegiatan sekolah, kebersihan, sekolah dan kehilangan barang :

Contoh Teks Pengumuman Resmi

Contoh 1

Contoh pertama yaitu contoh teks pengumuman resmi singkat tentang kegiatan sekolah

Sekolah Menengah Atas Negeri I Padalarang
Jl. Babakan Loa No. 203 Padalarang Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Padalarang mengumumkan bahwa dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pihak sekolah akan mengadakan kegiatan Jalan Sehat, yang akan dilaksankan pada:
Hari/tanggal : Minggu, 14 Agustus 20017
Pukul : 07.00 sampai selesai
Tempat : SMA Negeri 1 Padalarang

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, semua siswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Padalarang, 10 Agustus 2017
Kepala Sekolah


Ttd.
Eman Maman M.Pd

Contoh 2

Berikut ini adalah contoh teks pengumuman resmi tentang undangan untuk kegiatan disekolah

Panitia Peringatan Hari Pahlawan Nasional
OSIS Madrasah Aliyah Negeri 01 Lampung Tengah
Jalan Raden Mulya Utama No. 23 Bandar Jaya, Lampung Tengah Telp. 0723 234 321

Pengumuman

Sehubungan dengan diadakannya acara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017, maka pihak sekolah berencana untuk mengadakan berbagai rangkaian acara untuk peringatan hari tersebut. Beberapa rangkaian acara yang akan diselenggarakan adalah sebagai berikut :

1. Lomba Cepat Tepat (LCT) antar kelas
2. Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Arab, Perancis, dan Inggris.
3. Lomba Karya Tulis Ilmiah
4. Lomba Cipta dan Baca Puisi
5. Lomba Cipta dan Baca Cerpen
6. Lomba Menulis Esai (Tema Pendidikan)

Beberapa rangkaian acara lomba tersebut akan dimulai pada tanggal 02 Mei 2017 sampai 04 Mei 2017. Diwajibkan kepada setiap kelas untuk mengajukan siswa-siswi sebagai perwakilan lomba. Bagi kelas yang tidak mengajukan delegasi perwakilan, maka akan dikenakan sanksi khusus sebagaimana yang telah disepakati oleh dewan guru dan OSIS. Untuk ketentuan dan tata cara pendaftaran lomba akan diberitahuan sesegera mungkin melalui surat edaran kepada ketua kelas masing-masing.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan agar dapat ditaati dengan sebaik-baiknya. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Bandar Jaya, 20 Mei 2017
Ketua OSIS,

Upin

Contoh 3

Contoh teks pengumuman resmi pendek tentang memperingati hari besar islam

Panitia Peringatan Hari Besar Islam
Rohis SMAN Negeri 03 Bandar Lampung
Jalan Raden Imba Kesuma No. 12 Bandar Lampung Telp. 0721 222 111

PENGUMUMAN

Dalam rangka memperingati perayaan hari besar Idul Adha 1839 Hijriah, maka pihak SMAN Negeri 03 Bandar Lampung melalui bidang Kerohanian Sekolah dan Rohis akan mengadakan sejumlah acara diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Shalat Idul Adha berjama’ah di lapangan SMA Negeri 03 Bandar Lampung
2. Pelatihan (simulasi) pemotongan hewan qur’ban
3. Pemotongan hewan qur’ban
4. Pembagian daging hewan qur’ban kepada anak yatim dan kaum duafa

Beberapa agenda yang telah disepakati oleh pihak sekolah, OSIS, dan Rohis tersebut merupakan rangkaian acara dalam rangka peringatan hari besar islam dalam hal ini adalah hari raya Idul Adha yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 – 14 Agustus 2016. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap siswa tidak diperkenankan untuk tidak hadir pada hari-hari tersebut.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan agar dapat ditaati dengan sebaik-baiknya. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Bandar Lampung, 11 Agustus 2017
Ketua Rohis,

Ipin suripin

Contoh Teks pengumuman tidak resmi

Contoh 1

Berikut ini adalah contoh teks pengumuman tidak resmi singkat tentang kerja bakti


PENGUMUMAN
Diberitahukan kepada seluruh warga desa Bumi Jaya bahwa hari Minggu, 28 April 2007, akan diadakan kerja bakti membersihkan lingkungan. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain adalah

1) menguras tempat genangan air,
2) mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, dan
3) membersihkan selokan.

Pengumuman ini disampaikan dalam rangka penanggulangan demam berdarah. Atas perhatian segenap warga desa, kami ucapkan terima kasih.

Bumi Jaya, 25 April 2017


Ijat
Ketua RT

Contoh 2

ke dua yaitu contoh teks pengumuman tidak resmi pendek tentang kegiatan disekolah


Pengumuman
Diberitahukan kepada seluruh siswa kelas IX SMP 1 kota Baru, bahwa kunjungan ke Panti Sosial "Kasih Ibu" akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal : Sabtu, 15 September 2017
Waktu berkumpul : Pukul 10.00 WIB
Tempat berkumpul : di Aula pertemuan SMP 1 Kota Baru

Siswa yang berminat dapat mendaftarkan diri kepada ketua kelas masing-masing. Informasi lebih lanjut hubungi Humas OSIS SMP 1 Kota Baru.

Kota baru, 5 September 2017
Ketua Panitia

Ttd
Jarjit

14 CONTOH & PENGERTIAN FRASA(Setara, Bertingkat, Idiomatik, Eksosentrik, Endosentrik, Nomina, Verba, Sifat, Adverbia, Bilangan dan Frasa Depan)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia, yaitu tentang 14 contoh contoh frasa dan pengertian frasa frasa sendiri banyak jenisnya yaitu frasa Setara, Bertingkat, Idiomatik, Eksosentrik, Endosentrik (koordinatif, Atributif dan Apositif), Benda (Nomina), Kerja (Verba), Sifat / Adjectiva, Ketetangan / Adverbia, Bilangan / Numeralia dan Frasa Depan / Preposisional beserta penjelasannya. Semoga dapat membantu

Frasa

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia, yaitu tentang 14 contoh contoh frasa dan pengertian frasa frasa sendiri banyak jenisnya yaitu frasa Setara, Bertingkat, Idiomatik, Eksosentrik, Endosentrik (koordinatif, Atributif dan Apositif), Benda (Nomina), Kerja (Verba), Sifat / Adjectiva, Ketetangan / Adverbia, Bilangan / Numeralia dan Frasa Depan / Preposisional beserta penjelasannya.

 

Pengertian dan Contoh Frasa

Pengertian dan Contoh Frasa setara dan Frasa bertingkat

1. Pengertian frasa setara adalah apabila unsur penyusun nya mempunyai kedudukan yang sama atau setara.

Contoh: "Saya dan adik makan-makan dan minum-minum di taman depan."

Frasa “saya dan adik” merupakan frasa sama, karena antara unsur “saya” dan unsur “adik” memiliki kedudukan yang setara atau tidak saling menjelaskan.
Demikian juga frasa “makan-makan” dan “minum-minum” termasuk frasa setara.
Frasa setara ditandai oleh adanya kata ‘dan‘ / ‘atau‘ di antara kedua unsur nya.

2. Pengertian Frasa bertingkat adalah frasa yang terdiri atas inti dan atribut.

Contoh: "Kakak akan pergi nanti malam."

Frasa “nanti malam” terdiri atas unsur atribut dan inti.

Frasa Idiomatik

Contoh Frasa Idiomatik :

Perhatikan 2 kalimat dibawah!

(a) Dalam peristiwa kebakaran kemarin, seorang penjaga toko menjadi kambing hitam.
(b) Untuk menyelamati saudaranya, keluarga Pinto menyembelih seekor kambing hitam.

Kalimat (a) dan (b) menggunakan frasa yang sama, yaitu frasa ‘kambing hitam‘.

Pada kalimat (a) kambing hitam bermakna orang yang dipersalahkan dalam suatu kejadian, sedangkan dalam kalimat (b) bermakna seekor kambing yang mempunyai warna bulu hitam.
Makna kambing hitam di kalimat (a) tidak ada hubungannya dengan makna kata kambing dan hitam.

Artinya Pengertian frasa idiomatik adalah frasa yang maknanya tidak bisa dijelaskan berdasarkan makna kata yang membentuknya.
BACA JUGA: Contoh Puisi Baru dan Puisi Modern

Konstruksi Frasa

Frasa mempunyai 2 konstruksi, yaitu konstruksi endosentrik dan eksosentrik.

Perhatikan kalimat berikut: "Kedua saudagar itu telah mengadakan jual beli."

1. Frasa Eksosentrik
Kalimat tersebut terdiri dari frasa ‘kedua saudagar itu’, ‘telah mengadakan’ dan ‘jual beli’. Menurut distribusi nya frasa ‘kedua saudagar itu’ dan ‘telah mengadakan’ adalah frasa endosentrik. Sedangkan frasa ‘jual beli’ adalah frasa eksosentrik.

Frasa kedua saudagar itu bisa diwakili kata saudagar. Frasa telah mengadakan juga bisa diwakili kata mengadakan.

Tetapi frasa jual beli tidak bisa diwakili oleh kata jual maupun beli, Karena kedua kata tersebut merupakan inti, sehingga mempunyai kedudukan yang sama.

Jadi, Pengertian Frasa Esksosentrik adalah Frasa yang distribusinya tidak sama dengan salah satu atau semua unsurnya.

2. Frasa Endosentrik
 Frasa Endosentrik terbagi menjadi 3 yaitu:

Frasa Endosentrik yang Koordinatif: dihubungkan dengan kata “dan” dan “atau”.
Contoh: "Pintu dan jendela sedang dicat."

Frasa Endosentrik yang Atributif: tersusun dari unsur-unsur yang tidak setara.
Contoh: "Pekarangan luas yang akan didirikan bangunan itu milik Haji Manarul."

Frasa Endosentrik yang Apositif: secara semantik, unsur yang satu pada frasa endosentrik apositif mempunyai makna sama dengan unsur yang lain. Unsur yang dipentingkan merupakan unsur pusat, sedangkan unsur keterangan merupakan aposisi.
Contoh: "Arum, putri Pak Ruchan, berhasil menjadi pelajar teladan."
Baca Juga: 7 Contoh Teks Cerita Ulang Singkat

Kelas Frasa

Frasa memiliki jenis 6 kelas kata. Meliputi Frasa Benda (Nomina), Kerja (Verba), Sifat / Adjectiva, Ketetangan / Adverbia, Bilangan / Numeralia dan Frasa Depan / Preposisional.

1. Frasa Benda (Nomina) adalah Frasa yang distribusinya sama dengan kata benda. Unsur pusat frasa benda, yaitu kata benda.

Contoh Frasa Benda:
Bara menerima hadiah ulang tahun.
Bara menerima hadiah.

Alasannya karena frasa hadiah ulang tahun di kalimat distribusi sama dengan kata benda hadiah.

2. Frasa Kerja (Verba) adalah 
Frasa yang distribusinya sama dengan kata kerja atau verba.

Contoh Frasa Kerja:
Arum sejak tadi akan menulis dengan pensil baru.
Disebabkan karena frasa akan menulis adalah kata kerja dan distribusinya sama dengan kata kerja menulis.

3. Frasa Sifat (adjectiva) adalah Frasa yang distribusinya sama dengan kata sifat. Memiliki inti berupa kata sifat. Kesamaan distribusi tersebut bisa dilihat dari contoh frasa berikut.

Contoh Frasa Sifat:
Lukisan yang dipamerkan itu memang bagus-bagus.
Lukisan yang dipamerkan itu-bagus-bagus.

4. Frasa Keterangan (adverbia) adalah Frasa yang distribusinya sama dengan kata keterangan. Pada umumnya inti frasa keterangan juga berupa kata keterangan dan dalam kalimat sering menduduki fungsi sebagai keterangan.

Contoh Frasa Keterangan:

    Tidak biasanya dia pulang larut malam
    Dia tidak biasanya pulang larut malam
    Dia pulang larut malam tidak biasanya

5. Frasa Bilangan (Numeralia) adalah Frasa yang distribusinya sama dengan kata bilangan. Biasanya frasa bilangan atau frasa numeralia dibentuk dengan menambahkan kata penggolong atau kata bantu bilangan.

Contoh Frasa Bilangan:
Tiga orang serdadu menghampirinya ke tempat itu.

6. Frasa Depan (prepoposional) adalah Frasa yang terdiri atas kata depan dengan kata lain sebagai unsur penjelas.

Contoh Frasa Depan:
Laki-laki di depan itu mengajukan pertanyaan kepada pembicara.

Frasa Yang Bersifat Ambigu
Ambiguitas kadang ditemukan dalam susunan frasa. Ambiguitas berarti kegandaan makna.

Contoh Frasa Ambigu:
Kambing hitam dan mobil tetangga baru.

Frasa kambing hitam bisa memiliki 2 makna yaitu kambing yang berbulu.

Frasa kambing hitam bisa memiliki 2 makna yaitu kambing yang berbulu hitam dan suatu ungkapan

Baca Juga: Contoh Teks Argumentasi pendek

7 CONTOH TEKS CERITA ULANG SINGKAT (Pribadi, Personal, Fakta Faktual, Biografi Autobiografi Imajinatif beserta strukturnya)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang pengertian teks cerita ulang dan 7 contoh teks ulang singkat pendek dan sederhana / panjang tentang pribadi, personal, sesuai fakta atau faktual, biografi, autobiografi, imajinatif imajinasi beserta strukturnya. semoga dapat membantu

Teks Cerita Ulang

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang pengertian teks cerita ulang dan 7 contoh teks ulang singkat pendek dan sederhana / panjang tentang pribadi, personal, sesuai fakta atau faktual, biografi, autobiografi, imajinatif imajinasi beserta strukturnya. semoga dapat membantu

Pengertian teks cerita ulang

Pengertian Teks Cerita ualng adalah sebuah teks yang menceritakan kepada pembaca mengenai sebuah cerita, aksi, atau aktivitas lampau.
Tujuan komunikatifnya adalah melaporkan peristiwa, kejadian, atau kegiatan yang terjadi pada waktu lampau dalam sebuah urutan secara kronologis untuk menghibur atau memberikan informasi kepada pembaca.

Contoh Teks Cerita Ulang

Berikut dibawah ini adalah 7 contoh teks cerita ulang singkat pendek dan sederhana tentang pengalaman pribadi atau personal, sesuai fakta atau faktual, dan tentang biografi dan autobiografi beserta strukturnya :

Contoh 1

Contoh pertama yaitu contoh teks cerita ulang pendek singkat tentang pengalama pribadi sesuai fakta atau aktual

Kebersamaan Yang Tak Terlupakan

Empat tahun sudah berlalu. Ketika waktu itu aku baru lulus dari MI dan kemudian baru masuk ke SMP. Dulu aku adalah seorang anak–anak yang mulai beranjak Gede. Yang masih polos dan lugu, belum mengetahui interaksi diluar rumah yang sekiranya membantu menunjang interaksi dengan teman sebaya ataupun dengan orang yang lebih tua dari ku. Ketika sudah mulai masuk SMP aku baru sadar bahwa ternyata aku adalah anak yang kuper dan jarang keluar dari rumah. Yang kemana-mana minta didampingi mama.
Kehidupanku mulai berubah yang tadinya masih manja sama orang tua perlahan-lahan mulai hilang. Karena masuk SMP dan mengambil kelas Unggulan yang notabennya masuk pagi pulang sore sehingga mau tidak mau ya harus merubah pola interaksiku. Umumnya orang tua maupun anaknya enggan mengambil kelas Unggulan. Sebab mereka berfikir bahwa masih SMP aja pulangnya udah sore bahkan bisa sampai maghrib. Justru hal itu yang melatih dan mendidik anak-anak supaya bisa memanage waktu belajar dan interaksinya dengan teman sebaya dan merubah anaknya menjadi mandiri yang tidak semua masih harus dikerjakan oleh orang tuanya.

Waktu awal masuk SMP aku punya banyak teman. Untungnya teman-temanku itu anaknya asik, menyenangkan, dan yang terpenting mereka orangnya humble. Jadi memudahkan aku untuk berinteraksi dengan mereka dan yang terpenting nggak aku dulu yang mengajak mereka berkenalan.. J bukan masalah nggak mau nyapa dulu, tapi aku bingung kalau sudah berinteraksi dengan teman baru yang sebelumnya belum aku kenal.

Setelah beberapa hari masuk SMP. Kakak-kakak OSSIS masuk ke kelas sementara ku. Mereka memberikan informasi bahwasannya mulai hari Senin sampai Rabu akan diadakan MOS. Perlengkapannya banya banget, tapi yang jelas sampai bawa jamu, klenyem, dan segala macamnya itulah. Di hari pertama aku MOS sudah menyebabkan masalah. Yaitu tas yang aku pakai aku eratkan di perutku. Kemudian pengamannya aku kunci, eh ternyata kunci pengamannya gak bisa aku buka. Sampai aku bingung harus bagaimana dan berbuat apa. Untungnya ada teman aku yang lapor ke kakak OSSIS nya. Dan mereka membantu ku membukakan kunci pengamannya. Tapi yang paling memalukan ya kejadian itu, baru masuk aja udah berbuat hal yang konyol. Dan waktu kejadian hampir semua kakak nya menghampiriku, dan berkrumun di sekitarku, aku sampai hampir menangis karena takut kunci pengamannya gak bisa dibuka. Dan yang paling pingin nangis adalah ketika dikrumuni kakaknya yang tampang mereka rata-rata serius semua. Takutnya kalau mereka memarahiku dengan tingkah konyolku yang menyebabkan diriku sendiri kena akibatnya.

Masa MOS sudah berlalu. Kelasku juga sudah selesai penggarapannya. Bulan kedua setelah masuk SMP aku sudah menempati kelas baruku. Yang terpenuhi oleh fasilitas-fasilitas yang menunjang sarana belajar dengan teknologi. Tapi, belum lama menempati kelas baru tersebut sudah banyak masalah yang terjadi diantara teman-temanku. Yaitu saling adu mulut dan saling menjatuhkan antara yang satu dengan yang lainnya. Sampai-sampai aku terbawa kemasalah temenku yang aku gak tau menau sebab awal kejadiannya gimana. Dan sampai di panggil BK beberapa kali. Gak cuma waktu itu aja temanku di panggil BK dan aku kena imbasnya. Waktu itu juga pernah aku di panggil BK sebab kesalah pahaman yang terjadi antara aku dan kakak kelas.

Sejak pertama aku masuk dan menempati kelas itu, entah apa dan mengapa banyak yang tidak suka kalau aku sekolah terutama berada kelas itu yang menjadi tetangga kelas mereka (kakak kelas Unggulan). Mereka selalu menghinaku, menyindir, menyinggung, bahkan mengirimkan surat kaleng kepadaku. Padahal aku belum kenal mereka, dan mereka juga belum tahu sifatku yang sebenarnya. Tapi semua itu aku biarkan mengalir apa adanya seperti air. Toh nantinya juga akan berlalu, lambat laun hal tersebut berangsur-angsur membaik. Karena semua omongan mereka gak aku masukan hati dan gak aku balas perbuatan mereka kepadaku. Hingga akhirnya mereka yang ujung-ujungnya minta maaf karena kesalahan mereka yang telah diperbuat kepadaku. Hubunganku dengan kakak kelas pun berangsur-angsur membaik, malah bahkan mereka menjadikanku teman curhat mereka.

Disamping semua kejadian yang kualami baik dari mulai masuk SMP sampai sekarang aku duduk di kelas XI. Hal yang paling membanggakan adalah pernah berteman dan menjadi musuh orang-orang yang membenciku waktu SMP, serta sahabat-sahabatku yang sampai sekarang masih sering berkomunikasi lewat sosial media denganku.tapi memang hal yang paling merindukan adalah saat-saat itu. Mulai dari bertengkar, curhat, ngrumpi, mulai punya rasa dengan lawan jenis dan bertingkah malu-malu kucing. Saling memuji antara satu dengan yang lain. Dan banyak hal yang aku rindukan ketika masih duduk di bangku SMP yang notabennya dari awal masuk sampai lulus selama 3 tahun tersebut mempunyai teman satu kelas yang sama dari awal masuk. Jadi kita saling tahu dan mengerti sifat masing-masing anak. Meskipun di awal-awal masuk banyak kejadian yang tidak bisa terduga tapi banyak tingkah konyol mereka yang bisa selalu menjadi kenangan yang tak terlupakan

Contoh 2

Contoh kedua yaitu contoh teks cerita ulang singkat tentang autobiografi faktual atau sesuai fakta abraham lincoln beserta strukturnya orientasi, urutan peristiwa dan reorientasi.

 Abraham Lincoln

Orientasi :
Abraham Lincoln lahir pada 12 Februari 1809 di Hardin County, Kentucky, Amerika Serikat. Orang tuanya miskin dan tidak berpendidikan. Ayahnya bekerja sebagai tukang kayu. Ibunya meninggal tatkala Lincoln berusia 9 tahun. Dua tahun kemudian, ayahnya menikah lagi dengan Sarah Bush Johnston. Lincoln dan saudara perempuannya, Sarah Lincoln Grigsby sangat mencintai ibu tirinya itu. Lincoln cilik tumbuh menjadi pemuda jangkung dan tegap. Pakaiannya selalu tak pernah tampak pas. Lengan bajunya selalu terasa pendek dan celananya selalu menggantung di atas mata kaki. Ia cukup supel kepada tetangga di sekitar rumahnya.

Urutan Peristiwa :
Lincoln tidak mengikuti pendidikan seperti pada umumnya. Ia hanya mengecap pendidikan selama kira-kira setahun. Tetapi, dalam waktu singkat ia dapat membaca, menulis dan berhitung. Ketika Lincoln beranjak dewasa, ia berusaha keras untuk menambah pengetahuannya. Lincoln memahami dengan baik semua buku yang dapat dibacanya. Hingga pada usia 28 tahun, ia berhasil menjadi ahli hukum.

Cinta pertama Lincoln jatuh pada seorang wanita bernama Anne Rutledge, anak tetangga pemilik losmen yang ia tempati di New Salem tahun 1835. Mereka telah bertunangan. Tetapi, Rutledge meninggal pada  25 Agustus 1835 saat berusia 22 tahun. Rutledge meninggal karena demam tifoid. Pada tahun 1841, Lincoln menikah dengan Mary Todd, perempuan yang berasal dari Kentucky.

Ketika muda, Abraham Lincoln pernah bekerja sebagai pembelah kayu pagar, tentara,  kelasi di kapal-kapal sungai, juru tulis, mengurus kedai, kepala kantor pos, dan akhirnya menjadi pengacara. Pada saat menjadi pengacara, ia giat membela hak-hak para budak Afrika. Banyak budak di Amerika Selatan yang ia ingin bebaskan. Untuk itu, Lincoln masuk ke dunia politik. Ayah Anne yang menyarankan agar Lincoln terjun ke dunia politik. Ia memasuki lapangan politik tahun  1832 atau  saat ia berusia 23 tahun. Ketika itu, ia berusaha untuk dipilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah negara bagian Illinois, di bagian barat-tengah Amerika. Namun, ia kalah pemilihan. Dua tahun kemudian, ia berusaha kembali dan menang. Setelah itu, ia kembali dipilih tiga kali berturut-turut.

Pada tahun 1846, Lincoln terpilih menjadi anggota Kongres. Namun, keanggotaannya tidak diperpanjang karena ia mengusulkan undang-undang untuk mengakhiri perbudakan di distrik Columbia. Karena kecewa, ia kembali mengaktifkan biro hukumnya bersama seorang temannya yang bernama William H. Herndon. Ia menghentikan kegiatan politiknya untuk  beberapa waktu.
Pada tahun 1854, isu perbudakan membuat Lincoln terjun kembali ke dunia politik. Tampaknya ia harus bersaing dengan Stephen Douglas, yang mencoba menundukkan wilayah Selatan Amerika yang mendukung perbudakan, sementara wilayah Utara menentangnya. Lincoln kalah pada putaran pertama melawan Douglas, dalam memperebutkan kursi Senat AS. Akan tetapi, pada bulan Mei 1860, Lincoln terpilih sebagai calon presiden dari Partai Republik.
Sementara itu, Partai Demokrat menyerangnya habis-habisan. Mereka menyebut Lincoln sebagai 'pengacara kacangan', 'tak becus berbahasa Inggris' dan sebagainya. Namun akhirnya, Lincoln terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke-16.
Empat hari setelah ia menjadi presiden, negara bagian selatan keluar dari Federasi Amerika Serikat. Negara bagian selatan membentuk sebuah konfederasi sendiri. Hal ini terjadi karena negara-negara bagian selatan banyak mengembangkan pertanian yang bergantung pada tenaga perbudakan. Lincoln berusaha mengakhiri pemisahan tersebut. Tetapi, konflik antara utara dan selatan tersebut semakin memuncak dan menjadi Perang Sipil. Pada 12 April 1861, wilayah selatan menyerang wilayah utara di kota Fort Sunter. Perang Sipil atau 'Perang antara negara-negara bagian federasi' pun telah dimulai. Lincoln terus berusaha menghentikan konflik tersebut sekuat tenaga meskipun tak berhasil.

Setelah beberapa penyerangan, wilayah utara memenangkan peperangan. Ketika perang berlangsung, Lincoln tetap mendesak diadakannya pemilihan lagi di akhir masa ia menjabat sebagai presiden. Ia kembali terpilih untuk periode berikutnya. Pada bulan November 1863, dalam pertempuran Gettysburg, Lincoln menyampaikan pidato yang dikenang sepanjang sejarah. Ia mengatakan “…lahir sebuah bangsa baru, yang didirikan berdasarkan kebebasan yang menjunjung tinggi pengakuan bahwa semua manusia diciptakan sederajat.” Kata-kata Lincoln di Gettysburg ini memberi dua prinsip kebebasan dan kesamaan  yang menjadi dasar didirikannya negara Amerika.
Lincoln wafat tanggal 15 April 1865 pada usia 56 tahun. Ia ditembak saat sedang menyaksikan teater bersama istrinya. Pembunuhnya, John Wilkes Booth adalah pemain sandiwara yang memiliki gangguan jiwa. Ia salah satu pendukung Konfederasi yang menentang diserahkannya tentara Konfederasi kepada pemerintah setelah berakhirnya perang saudara. Lincoln dimakamkan di Springfield, Amerika Serikat. Kematian menjemput Lincoln tatkala perdamaian telah sampai bagi Amerika. Mungkin hal ini merupakan puncak peristiwa yang harus terjadi sebagai tumbal berakhirnya perbudakan di Amerika.

Reorientasi :
Sebagai pemimpin, Abraham Lincoln telah menumpas praktik yang mengekang kebebasan hak asasi manusia terutama di Amerika. Lincoln yang dilahirkan dari keluarga miskin dapat melalui perjalanan hidupnya yang penuh dengan lika-liku. Beliau sosok yang berani, tidak pantang menyerah, berpendirian teguh dan melakukan hal yang berbeda dari  umum. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sosok yang berjasa ini dapat diteladani dan dikenang sepanjang masa.

11 CONTOH/EXAMPLES PROCEDURE TEXT singkat beserta arti terjemahan dan Generic structurenya

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa inggris yaitu tentang 11 contoh atau examples procedure text singkat pendek dan sederhata ( How To Make somethings ) makanan dan tentang benda cara mengoprasikan (how to do) sesuatu beserta arti dan terjemahannya dan generic structurenya Goals Materials and Steps. Semoga dapat membantu

Procedure Text

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa inggris yaitu tentang 11 contoh atau examples procedure text singkat pendek dan sederhata ( How To Make somethings ) makanan dan tentang benda cara mengoprasikan (how to do) sesuatu beserta arti dan terjemahannya dan generic structurenya Goals Materials and Steps

 

Sebagaimana yang telah kita singgung, berikut ini adalah contoh contoh atau example procedure text pendek singkat sederhana beserta generic structure dan artinya :

Contoh 1

Contoh pertama yaitu, example procedure text how to make fried rice beserta generic structurenya

How To Make Fried Rice Special

*Goals
Make Friend Rice

*Materials
Ingredients:

2 cloves of Garlic
2 onions cut into small pieces
1 table spoon of vegetable oil
a plate of rice
Some salt

*Steps
First, pound garlic and 2 pinches of salt.
Second, heat vegetable oil on a frying pan.
Third, put the pounded garlic and salt, and onions into the hot vegetable oil. Fry them a while.
Fourth, put one plate of rice. Fry and mix them around 3 menit.
Fifth, add two pinches of salt. Continue frying until the rice is hot enough.
Finally, put the fried rice on a plate. Serve with a sunny-side up.

Contoh 2

Berikutnya yaitu contoh procedure text singkat tentang cara membuat minuman beserta generic structure dan arti atau terjemahannya

How To Make Mango Juice
Materials:

A spoon of sugar
A piece of mango
A half glass of water

Steps:

First, peel the mango and clean it
Next, cut the mango into pieces and put them into the juicer
Then, put the water, ice and sugar
After that turn on the juice and wait about 15 seconds
Finally, pour the mango juice into the glass and ready to drink


Terjemahannya :
Cara Membuat Jus Mangga

Bahan-bahan:

Beberapa sendok gula
Sepotong buah mangga
Setengah gelas air mineral

Langkah membuat:

Pertama, mengupas mangga dan membersihkannya
Berikutnya, potong mangga menjadi potongan-potongan dan menempatkan mereka ke dalam juicer
Kemudian, menempatkan air, es dan gula
Setelah itu hidupkan jus dan tunggu sekitar 15 detik
Akhirnya, tuangkan jus mangga ke dalam gelas dan siap untuk diminum

Contoh 3

Berikutnya yaitu contoh procedur text singkat tentang how to do something, cara mengoperasikan benda

How to Operate Fan

Steps:
1) First, plug the power cord into a wall outlet. (AC 120 Volts 60 HZ)
2) Then, to make the fan move sideways, push the pin on top of the motor.
3) Next, to move the fan up or down, first pull up the oscillating pin, then press the tilt adjustment knob.
4) And the last, to change the speed of the fan, press one of the switches at the bottom.

Contoh 4

Terakhir yaitu contoh/examples procedur text bahasa inggris singkat tentang how to do, cara membuat catatan sederhana beserta arti atau terjemahannya.

How to make a simple notes

Materials:
5 HVS papers or more
cardboard paper
scissor or cutter
stapler

Steps:
1. Fold all of the HVS papers into 2 parts, then open it.
2. Cut with scissor or cutter according the lines.
3. Prepare the cardboard paper, then cut it with same size as the HVS paper. 4.  Combine the cardboard and HVS paper, after that clip use a stapler in the middle.
4. Fold that result into 2 parts.
5. And the SIMPLE NOTES are ready to use.

5 CONTOH TEKS DESKRIPSI SEDERHANA (Tentang Sekolah, Alam, Hewan Tumbuhan Dan Benda Beserta Strukturnya)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang paragraf 5 Contoh deskripsi atau paragraf deskriptif pendek, karangan deskripsi singkat sederhana dan panjang tentang sekolah, alam, hewan tumbuhan dan benda beserta strukturnya. Semoga dapat membantu

Contoh Teks Deskripsi

Sebagaimana yang telah kita singgung diawal, berikut ini adalah contoh teks deskripsi singkat, pendek sederhana dan panjang tentang sekolah, alam, hewan dan benda beserta strukturnya :

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang paragraf 7 Contoh deskripsi atau paragraf deskriptif pendek, karangan deskripsi singkat sederhana dan panjang tentang sekolah, alam, hewan tumbuhan dan benda beserta strukturnya.

Contoh 1

Contoh pertama, karangan deskripsi tentang sekolah pendek / panjang beserta strukturnya

Sekolah

Identifikasi
Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu yang dimana terdapat siswa dan guru. Sekolah dibagi menjadi dua yaitu Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Sekolah Negeri merupakan Sekolah yang dibangun dan dibiayai oleh pemerintah. Sedangkan Sekolah Swasta adalah sekolah yang biasanya dimiliki oleh yayasan atau perorangan. Tujuan dari adanya sekolah itu sendiri untuk mengajarkan siswa baik itu tentang pengetahuan maupun untuk belajar cara bersikap sopan di dalam hidup bermasyarakat. Manfaat adanya Sekolah sendiri dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi yang baik dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Karena dengan tidak adanya Sekolah seseorang belum tentu akan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan karena banyaknya prasarat untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Deskripsi
Di dalam Sekolah Negeri maupun sekolah swasta memiliki persamaan kelengkapan yang ada di dalam sekolah seperti Perpustakaan, Lab Komputer, Uks, Lab Bahasa dan sebagainya. Kelengkapan di dalam ruangan yang ada di dalam sekolah juga tidak memiliki banyak perbedaan contohnya di dalam kelas terdapat meja dan kursi. Perbedaan yang ada di ruang kelas seperti fasilitas seperti, Ac, Kipas Angin, Speaker itupun hanya bisa di dapatkan di Sekolah yang memang terkenal memiliki fasilitas yang baik. Sedangkan fasilitas di luar ruangan dapat dilihat dari kelengkapan fasilitas olah raga yang dimiliki.   Selain Sekolah yang memiliki fasilitas yang baik tidak menutup kemungkinan juga banyak sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang memadai. Biasanya Sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang baik terdapat di wilayah pedalaman.

Seorang siswa yang menduduki bangku sekolah memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah. Karena manfaat yang di berikan dari adanya Sekolah sendiri adalah untuk mencerdaskan siswa dalam hal pelajaran maupun cara berperilaku yang baik. Karena seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah dirasa kurang memiliki pemahaman yang tepat mengenai cara belajar yang baik karena kurangnya dorongan dari seseorang yang memang memiliki pengetahuan yang lebih dalam suatu bidang.

Selain adanya fasilitas yang ada di dalam Sekolah Akreditasi yang ada pada sekolah jugalah penting. Karena Akreditasi menentukan baik tidaknya sekolah itu dalam segala aspek. Baik dalam prestasi maupun fasilitas. Akreditasi yang ada pada sekolah juga diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pemilihan siswa dalam sebuah Sekolah. Misalnya siswa yang ingin mendaftar di perguruan tinggi terlebih dahulu di pertimbangkan dari mana asal Sekolah siswa tersebut dan predikat dari akreditasi yang dimilikinya.

Contoh 2

Contoh teks karangan deskripsi / deskriptif tentang keindaham alam indonesia (gunung bromo) singkat beserta strukturnya

Gunung Bromo

Identifikasi
Gunung Bromo adalah sebuah gunung indah yang terletak di Jawa timur,  serta masuk ke dalam Taman Nasional Bromo tengger Semeru. Kawasan gunung ini memiliki sebuah keunikan tersendiri dimana di ketinggian 2392 meter di atas permukaan laut, akan  terdapat bentangan pasir yang sangat luas sekitar 5.250 hektar. Disini paran pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan cara menaiki kuda. Hal lain yang tidak dapat di lewatkan adalah menikmati sunrise di Gunung Bromo, dari puncak Gunung Penanjakan yang berada di ketinggian 2.770 meter.

Deskripsi
Pemandangan alamnya saat sunsrise sangat menakjubkan, matahari yang perlahan mulai naik di iringi latar gunung semeru yang gagah mengeluarkan asap dari kejauhan akan memaparkan pemandangan indah yang sulit untuk di lukiskan sehingga pada saat seperti itu sangat di sayang kan jiika tidak di abadikan dengan momen berharga berupa memotret.

Gunung Bromo ini dihuni oleh masyarakat asli suku Tengger. Masyarakat asli Tengger ini meyakini bahwa Gunung Bromo adalah sebuah gunung tempat dimana seorang pangeran mengorbankan hidup demi sebuah keluarganya. Masyarakat pun rutin melakukan festival Yadnya Kasada atau Kasodo. Maka waktu yang tepat untuk berkunjung ke Gunung Bromo adalah saat bulan Kasada atau biasanya di bulan Septermber-November.

Di bulan Kasada ini akan dapat di saksikan festival Kasada yakni sebuah upacara tahunan suku asli Tengger yang datang ke Bromo untuk melemparkan sajen yang berupa Sayuran, ayam, uang ke dalam kawah gunung berapi sebagai wujud rasa bersyukur dan di persembahkan kepada Dewa. Tiap prosesi dari Upacara ini sangat menarik wisatawan sehingga saat upacara kasada Bromo semakin banyak di kunjungi oleh pendatang.

Menurut kisah Gunung Bromo ini berasal dari kata Brahma yaknki salah seorang Dewa agama Hindu. Sebagai sebuah gunung yang besar dan indah, Bromo masih termasuk ke dalam golongan  gunung api yang masih aktif, walaupun Gunung Bromo tidak sebesar gunung api lainnya yang ada di Indonesia tetapi pemandangan alam dan suasaan gunungnya membuat gunung ini sangat pantas untuk di sambangi.  Sehingga para wisatawan tidak jera untuk berkunjung dan berkunjung lagi menikmati keindahan alam Gunung Bromo. Alhasil Bromo pun menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal di Indonesia dan menjadi  ikon wisata Jawa Timur.

Untuk sampai ke Gunung Bromo, maka pengunjung bisa menempuh perjalanan terlebih dahulu ke Kota malang. Karena kota malang merupakan sebuah kota yang cukup besar maka untuk menuju kota ini bisa di tempuh dengan berbagai ragam transfortasi. Dari mulai kendaraan pribadi, Bus, kereta maupun melalui pesawat. kendaraan Jeep atau land rover 4×4 adalah kendaraan umum yang di gunakan di kawasan Bromo. Memang harganya lumayan mahal tetapi semua akan terasa lebih ringan jika di tempouh dengan rombongan.

Contoh 3

Contoh karangan teks deskripsi pendek singkat tentang hewan beserta strukturnya

Kitty

Identifikasi
 Aku mempunyai seekor kucing bernama Kitty, dia berwarna putih dan berbintik hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus.

Deskripsi
Kitty sering bermain dengan bermain bola maupun dengan sinar laser yang saya arahkan pada tembok, suka memakan ikan dan nasi. Kitty selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan.

Contoh 4

Berikutnya yaitu contoh karangan deskriptif / deskripsi singkat tentang benda kesenian beserta strukturnya
Meja

Identifikasi
Satu meja panjang persegi dengan motif bunga hewan dan tumbuhan dan di dominasi warna coklat diletakkan di lingkaran tengah deretan kursi. Meja tersebut berada di atas karpet mewah berwarna merah.

Deskripsi
Bagian atas meja terbuat dari kaca sedangkan kakinya terbuat dari kayu jati yang sangat kokoh. Sehingga membuat meja ini sangat elegan dan modern.

Contoh 5

Yang Terakhir yaitu contoh paragraph deskripsi pendek tentang tumbuhan teratai lengkap dengan strukturnya

Teratai

Identifikasi
Ia adalah sekelompok dalam marga Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai.

Deskripsi
Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib. Ia berasal dari Amerika Tengah. sekarang ia merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat. Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk

7 CONTOH TEKS ARGUMENTASI SEDERHANA (tentang Rokok, Lingkungan, pendidikan, kesehatan dan sebab akibat)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu mengenai contoh teks persiasi atau contoh teks persiatif pender, singkat dan sederhana tentang rokok, lingkungan sekolah, pendidikan, sampah, kesehatan dan sebab akibat beserta penjelasannya. semoga dapat membantu

Teks Argumentasi

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu mengenai contoh teks persiasi atau contoh teks persiatif pender, singkat dan sederhana tentang rokok, lingkungan sekolah, pendidikan, sampah, kesehatan dan sebab akibat beserta penjelasannya.

 

Pengertian

Pengertian Argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca.

Contoh Argumentasi

Berikut ini adalah 7 contoh teks argumentasi / argumentatif penden, singkat, dan sederhana tentang bahaya rokok bagi kesehatan, tentang lingkungan sekolah, pendidikan, sampah, kesehatan dan teks argumentatif sebab akibat :

Contoh 1

Contoh pertama yaitu contoh teks argumentasi singkat/pendek tentang bahasa merokok bagi kesehatan

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan
 
Kebiasaan merokok dapat mengantarkan Anda kepada kematian. Sudah banyak sekali korban yang meninggal akibat merokok. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal akibat rokok di Indonesia.

Memang efek kematian yang disebabkan oleh rokok tidak bisa dirasakan langsung oleh perokok melainkan butuh waktu yang lama hingga bebeapa tahun.

Menurut dr. Aria Nugraha, Asap yang dihisap oleh perokok akan menggerogoti organ pernafasan mereka seperti paru-paru tenggorokan dan lain-lain sehingga menyebabkan beberapa penyakit seperti Bronchitis, serangan jantung, dan gangguan kehamilan pada ibu yang sedang mengandung. Semakin lama asap yang mereka hirup akan semakin mempercepat proses itu.

Lalu mengapa rokok sangat berbahaya? Di dalam sebuah batang rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya seperti racun, pemutih lantai dan bahkan bahan bakar roket. Tidak hanya batang rokok saja yang berbahaya, asap dan Tar juga bisa menyabakan kanker karena kandungan nikotinnya yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Oleh karena itulah merokok bisa menyebakan kematian karena rokok dapat menyebakan berbagai macam penyakit yang bisa mematikan Anda.

Contoh 2

Berikutnya yaitu contoh teks argumentasi singkat tentang lingkungan

Jagalah Kebersihan

Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap keluarga dalam sebuah lingkungan masyarakat. Apabila setiap keluarga yang ada di lingkungan sadar dan mulai memperhatikan kebersihan lingkungan maka sampah tidak lagi menjadi masalah. Mulai memilah sampah organic dan non organic adalah hal yang paling mudah, namun entah mengapa hal itu pun sulit terlaksana.

Mesti ada keinginan yang kuat dari tiap individu atau ada penggerak dan pelopor yang rela dari rumah ke rumah warga mengajak dan menjelaskan manfaatnya. Apabila hal ini bisa berjalan dengan semestinya maka kita tidak perlu harap harap cemas menunggu tukang sampah datang setiap hari. Banyak sekali yang bisa kita manfaat dari sampah rumah tangga yang kita anggap kotor dan menjijikkan. Selain lingkungan sekitar akan terjaga, bersih dan bebas dari bau tidak sedap sampah organic bisa di ubah menjadi pupuk, gas untuk memasak,dll.

Sampah non organic bisa dijual kembali bahkan bisa dimanfaatkan menjadi barang baru. Sudah banyak cerita sukses dari pelaku lingkungan yang memanfaatkan sampah. Tapi tidak semua masyarakat perduli dan tergerak untuk mengikuti jejak mereka. Karena diperlukan keinginan yang kuat untuk menjaga lingkungan dan bumi pada umumnya atau paling tidak menjaga lingkungan kebersihan di sekitar tempat tinggal kita saja. Sepertinya masyarakat kita perlu lebih sering mendapatkan penyuluhan, dorongan dan bantuan agar semangat menjaga lingkungan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Contoh 3

Berikut ini adalah contoh teks argumentasi/argumentatif singkat dan pendek tentang kesehatan

Bahaya nyamuk dan obat nyamuk

Tidak diragukan lagi, nyamuk memang berbahaya terutama nyamuk penyebar malaria dan demam berdarah. Untuk melindungi diri dari gangguan nyamuk kita biasa pakai obat nyamuk. Tetapi apakah kita sadar jika pemakaian obat nyamuk ternyata dapat merugikan kesehatan manusia. Lalu bagaimana dong!

Kawan,kawan selain obat nyamuk kita dapat juga memakai kelambu di tempat tidur, nyamuk tidak mampu menembus celah kecil kelambu. Kelambu ini tentu saja aman dan bebas efek samping yang merugikan kesehatan. Sayangnya ada orang yang merasa kelambu itu tidak praktis dan mengurangi keindahan tempat tidur, maka mereka ramai-ramai beli obat nyamuk. Bermacam-macam obat nyamuk memang sudah lengkap sekali dari jenis oles (lotion), obat nyamuk semprot, obat nyamuk bakar, hingga obat nyamuk elektrik. Kira-kira mana diantara jenis tersebut yang paling aman bagi kesehatan kita?

Menurut para pakar kesehatan, keempat jenis obat nyamuk tersebut tetap saja membahayakan jika dipakai dalam waktu jangka pajang. Obat nyamuk terdiri atas unsur insektisida, zat pewarna, dan pewangi, yang kesemuannya mempunyai dampak buruk. Jika dosis yang terkandung masih dapat ditoleransi, maka bahaya dapat dikurangi. Setiap kemasan obat nyamuk tentu saja memiliki aturan pakai yang berbeda dari satu jenis dengan jenis lainnya. Bacalah aturan pakai baik-baik pada kemasannya, agar tidak salah pakai!
        
Dari keempat jenis obat nyamuk tersebut urutan terbaiknya adalah lotion, elektronik, semprot dan obat nyamuk bakar. Jika kamu jeli tentu harganya  juga sesuai bukan? Yang terbaik tentu saja harganya lebih mahal dari yang lainnya.

Contoh 4

Berikutnya adalah contoh teks argumentasi singkat tentang pendidikan

Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini

Akhir – akhir ini sikap dan perilaku terpuji dalam masyarakat menjadi salah satu hal yang sudah sangat sulit untuk ditemui di kehidupan sosial. Fakta ini bisa dilihat dari banyaknya perilaku buruk seperti ketidakadilan serta kebohongan yang sering terjadi di masyarakat umum, baik di masyarakat tingkat bawah hingga ke tingkat yang lebih tinggi. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini dikarenakan telah hilangnya karakter di dalam masyarakat.

Arti dari karakter sendiri adalah pola pikir serta perilaku ciri khas bagi setiap individu dalam hidup bermasyarakat untuk saling menjaga dan bekerja sama baik dalam tingkat keluarga maupun berbangsa dan bernegara. Sedangkan individu yang mempunyai karakter baik adalah mereka yang selalu bertanggung jawab dengan apa yang diperbuat dan mampu mengambil keputusan dengan baik.

Sebenarnya manusia telah memiliki karakter terpuji sejak mereka dilahirkan di dunia ini. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, karakter baik itu bisa bertahan atau hilang tergantung manusia itu sendiri dan lingkungannya. Agar karakter baik tersebut bisa bertahan hingga mereka dewasa, mereka harus diberi pendidikan karakter terus menerus sejak usia dini. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan salah satu jalan yang bisa membantu dalam menanamkan karakter.

Mengapa Penanaman pendidikan karakter harus diberikan sejak dini ? Ini dikarenakan merka masih dalam tahap perkembangan awal. Selain itu, pada masa – masa inilah para calon generasi muda akan belajar dalam mengenali dirinya dan lingkungannya yang memiliki kultur sosial serta budaya yang beragam. Terlebih lagi, mereka akan belajar caranya berinteraksi dan bersosialisasi. Terlebih lagi sekolah adalah contoh lingkup kecil masyarakat luas.

Contoh 5

Terkahir, contoh teks argumentasi singkat sebab akibat beserta penjelasannya

Hujan yang turun selama sebulan ini mengakibatkan sejumlah efek yang serentak. Tidak hanya disalah satu tempat saja, akibat hujan dapat terjadi di beberapa tempat sekaligus. Meski musim hujan terkadang dinantikan oleh sebagian orang khususnya petani, tetapi efeknya jika berkembanjangan juga menjadi buruk. Efek yang dapat ditimbulkan saat musim hujan adalah banjir, tanah-tanah menjadi becek, berlumpur, banyak genangan air di mana-mana, pakaian yang dicuci menjadi lama kering, beberapa orang menjadi sakit, dan tanah longsor.

Penjelasan: Dari contoh di atas, kita dapat melihat efek atau kaibat yang dihasilkan oleh satu sebab dan terjadi secara bersamaan. Hujan adalah sebab dari adanya akibat seperti banjir, becek, dan lain-lain.

CAHAYA (Pengertian, Hukum, 7 Sifat, Macam pemantulan dan Contoh Penerapan serta Gambar Cahaya)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran fisika yaitu tentang cahaya, adapun yang akan dibahas yaitu pengertian cahaya, jenis jenis cahaya, 7 sifat sifat cahaya, pemantulan cahaya, Hukum pemantulan cahaya, macam macam cahaya dan contoh penerapan cahaya dalam kehidupan kita sehari hari serta gambar cahaya yang merambat lurus, semoga dapat membantu.

Cahaya

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran fisika yaitu tentang cahaya, adapun yang akan dibahas yaitu pengertian cahaya, jenis jenis cahaya, 7 sifat sifat cahaya, pemantulan cahaya, Hukum pemantulan cahaya, macam macam cahaya dan contoh penerapan cahaya dalam kehidupan kita sehari hari serta gambar cahaya yang merambat lurus, semoga dapat membantu.

Pengertian Cahaya

Pengertian Cahaya adalah pancaran elektromagnetik yang dapat terlihat oleh mata manusia. Atau pengertian cahaya yang lainnya yaitu merupakan radiasi elektromagnetik, baik itu dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak. Sedangkan benda yang memancarkan cahaya disebut dengan sumber cahaya.

Sifat Sifat Cahaya

Cahaya memiliki beberapa sifat, berikut ini adalah 7 sifat cahayaantara lain:

1. Cahaya merambat lurus
Sifat Cahaya ini dapat kamu perhatikan pada saat cahaya matahari masuk kedalam suatu ruang melalui celah yang sempit pada pintu maupun jendela, cahaya yang masuk itu akan kelihatan merambat lurus.

2. Cahaya dapat menembus benda bening
Sifat cahaya ini ialah setiap benda yang dapat memancarkan cahaya dikenal dengan sumber cahaya,

3. Cahaya dapat mengalami pembiasan
Sifatnya ini ialah merambat ke segala arah. pada saat cahaya tersebut merambat melalui dua medium yang tidak sama kerapatan optiknya maka cahaya juga akan mengalami perubahan arah rambat(dibelokan).

4. Cahaya dapat mengalami interferensi
Interferensi adalah penggabungan dari dua gelombang ataupun lebih.

5. Cahaya dapat mengalami difraksi (Pelenturan)
pada saat celah sempit , cahaya akan mengalami Difraksi(Pelenturan) gelombang ialah , peristiwa pembelokan arah rambat gelombang yang disebabkan oleh karena melewati celah sempit.

6. Cahaya dapat mengalami polarisasi
Yang dimaksud dengan Polarisasi Cahaya adalah peristiwa dimana terserapnya sebagian arah getar cahaya sehingga cahaya tersebut akan kehilangan sebagaian besar arah getarnya.

7. Cahaya dapat dipantulkan
Cahaya adalah suatu gelombang sehingga cahaya tersebut juga dapat dipantulkan , yang pada dasarnya cahaya akan dipantulkan jika mengenai suatu permukaan.

Macam Macam Pemantulan Cahaya

Pada Dasarnya adalah jika ada cahaya yang mengenai suatu permukaan maka akan terjadi pemantulan.
Hukum Pemantulan cahaya dikenal karena adanya berkas cahaya yang mengenai suatu permukaan pada benda akan dipantulkan sesuai dengan aturan.

Berikut jenis jenis pemantulan cahaya:

1. Pemantulan difus atau pemantulan baur,

yaitu pemantulan cahaya ke segala arah yang terjadi karena bekas sinar datang jatuh pada permukaan kasar atau tidak rata. Pemantulan ini akan memberi kesan menyilaukan mata.

2. Pemantulan teratur,

yaitu pemantulan yang terjadi karena berkas sinar datang jatuh pada permukaan halus atau rata. Pada pemantulan teratur, cahaya akan dipantulkan ke satu arah. Pemantulan ini akan menyejukkan mata.

3. Pemantulan Cahaya lewat Cermin:

 -Cermin Datar
Cermin datar merupakan cermin yang permukaannya tidak melengkung, seperti cermin yang digunakan oleh kita sehari-hari.

-Cermin Cembung
Cermin cembung yaitu cermin yang permukaannya melengkung kearah luar. Cermin ini biasanya digunakan pada kaca spion kendaraan. Bayangan dari cermin cembung bersifat maya, tegak, diperkecil dari ukuran benda sesungguhnya.

-Cermin Cekung
Cermin cekung yaitu cermin yang permukaannya melengkung kea rah bagian dalam. Biasanya cermin ini digunakan sebagai reflektor pada lampu mobil, lampu senter, dan pada sendok.

Contoh Penerapan cahaya dalam kehidupan sehari hari

Cahaya sangat berguna bagi kehidupan, adapun berikut ini salah satu contoh penerapan cahaya dalam kehidupan sehari hari antara lain :
  • Pembelokan Posisi Bintang
  • Terbentuknya Pelangi
  • Atap yang bolong, sehingga sinar matahari masuk
  • Mesin Fotocopy

Hukum Cahaya

Hukum Pemantulan cahaya dikenal karena adanya berkas cahaya yang mengenai suatu permukaan pada benda akan dipantulkan sesuai dengan aturan.

Adapun Hukum Pemantulan cahay berbunyi :
+Sinar datang , sinar pantul , dan garis normal terletak pada suatu bidang yang datar.
+Besar sudut datang cahaya (i) sama dengan sudut pantul (r)
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×