Fungsi Musik dan Fungsi Alat musik



Fungsi Musik dan Fungsi Alat Musik

Fungsi Musik

Fungsi Musik dan Fungsi Alat Musik Materi Kelas Pelajaran

Tergambar jelas bahwa secara umum karya seni musik tradisional yang tumbuh dan berkembang di daerah Indonesia memiliki keragaman fungsi antara lain untuk:

1.       Sarana Upacara

Musik dapat dijadikan media untuk mendukung kegiatan upacara seperti berikut.
  • Upacara Panen Padi (Upacara Seran Taun) di Jawa Barat, menggunakan musik angklung.
  • Upacara Merapu di Sumba, menggunakan bunyi-bunyian untuk memangil dan menggiring kepergian roh ke pantai merapu (alam kubur).
  • Upacara dalam Talqin Mayit di daerah Blubur Limbangan Garut Jawa Barat, menggunakan nyanyian/tembang (lagu-lagu cigawiran). 
  •  Upacara Seketenan di Cirebon Jawa Barat, menggunakanmusik gamelan sebagai pendukung, pengiring kegiatan mencuci barang-barang pusaka yang dianggap memiliki keramat oleh masyarakat pendukungnya. 
  • Upacara Mapag Dewi Sri, di Sumedang Jawa Barat, menggunakan musik Tarawangsa.

2.       Sarana Pertunjukan

Pada umumnya berbagai macam kegiatan pertunjukan seni yang kita kenal, tersaji dengan iringan musik berikut.
  • Musik sebagai seni pertunjukan mandiri
  • Musik berfungsi sebagai pengiring gerak-gerak tari dan drama yang dipertunjukan.
  • Musik sebagai ilustrasi tarian.
  • Musik sebagai cerita, lakon.
  • Musik sebagai stimulus untuk menari. 
  •  Musik sebagai pengiring pertunjukan wayang.
  • Musik sebagai latar dalam pertunjukan drama, sinetron, film, ludruk, sandiwara, lenong, gending keresmen, arja, ketoprak, dan lain-lain.

3.       Media Komunikasi

Musik sejak dulu telah difungsikan manusia sebagai media komunikasi misalnya seperti berikut.
  • Di suatu daerah jika orang mendengar bunyi kentongan dititirkan itu merupakan pertalian adanya suatu kejadian untuk memberitahukan pada penduduk.
  • Bunyi bedug, bagi orang muslim sudah merupakan ciri khas sebagai pertalian tibanya waktu sholat.

4.       Media Pendidikan dan Penerangan

Media pendiikan dan penerangan sering kita temukan pada berikut.
  • Lagu-lagu dalam iklan layanan masyarakat
  • Musik dan lagu yang bernafaskan agama, sebagai penerang kehidupan
  •  Musik sebagai wahana pemahaman penerapan dan pensosialisasian nilai-nilai religious, nilai estetis, nilai social kemasyarakatan.

5.       Media Hiburan

Media Hiburan dapat ditemukan dalam musik berikut
  • Pelepas lelah
  • Sajian permainan, seperti dala mendukung kegiatan anak-anak
  •  Mencari kesenangan lahir batin

6.       Komoditi dan media ekspresi

Komoditi dan media ekspresi diberlakukan pada saat berikut
  • Ajang bisnis
  • Mengekspresikan/mengungkapkan perasaan, ide dan gagasannya melalui media seni musik baik vokal instrument atau pun campuran
  •  Berkreasi, berolah musik
Kita tidak menyadari bahwa jenis alat musik yang terlahir di muka bumi ini, ada yang tetap utuh sesuai dengan aslinya da nada pula yang telah diubah untuk disesuaikan dengan kebutuhan, semakin berkembang ilmu dan teknologi semakin banyak pula karya seni dalam wujud alat musik untuk dimanfaatkan dalam bermusik, mulai dari bentuk, cara penyajian berikut fungsinya dari masih-masing alat musik itu sendiri pada saat pertunjukan.

Setelah Kamu pelajari dan fahami tentang fungsi seni pada umumnya, selanjutnya coba kamu perhatikan secara lebih teliti lagi, tentang fungsi dari masing-masing alat musik yang sering kita dengan bahkan mungkin sering kita memainkannya.

Fungsi Alat Musik

Fungsi dari alat music itu kita dapat menggolongkannya sebagai berikut:
Fungsi Alat Musik

1.       Fungsi Melodi

Fungsi ini berarti bahwa alat musik yang disajikan dalam pertunjukan musik hanya memainkan melodi sebagai susunan dari notasi/nada yang nanti dimainkan oleh musik vokal dalam bentuk lagunya. Kita dapat mengambil contoh untuk jenis alat musik recorder, pianika, dan gitar, serta saron dalam gamelan, bonang pada gamelan degung, angklung melodi, suling, yang perannya dalam pertunjukan music memainkan bagian melodi.

2.       Fungsi Harmoni

Dalam pertunjukan musik terdapat alat musik yang dimainkan untuk mengharmoniskan atau menyelaraskan antara melodi dan ritme. Fungsi harmoni dimainkan oleh alat bantu musik lain, atau bisa disebutkan sebagai alat musik penyelaras dari alat musik yang lain. Contoh alat musik yang berfungsi sebagai penyelaras, yaitu keyboard atau piano, dan gitar, serta alat musik daerah misalnya kecapi, saron, suling yang difungsikan selain sebagai melodi juga sebagai harmoni.

3.       Fungsi Ritme/Ritmis

Jenis alat musik ini akan kita dapatkan dalam bentuk alat musik yang tidak bernada. Misalnya waditra kendang, drum, tamburin, dog-dog, terbang, bongo, tifa, timpani, bedug, genjring, dan tam-tam. Selain memberikan warna (ritme/ritmis), alat musik tersebut terkadang juga dapat memberikan warna sajian komposisi musik, biasanya suasana atau karakter pertunjukan akan lebih terasa lain. Dengan permainan irama yang cepat, sedang, dan lambat akan memberikan dinamika yang berubah.

Keseluruhan alat musik yang tumbuh dan berkembang berfungsi sebagai media bunyi yang dapat didengar. Secara fisik indera pendengaran merupakan perkembangan yang pertama dari kelima indera pendengaran merupakan perkembangan yang pertama dari kelima indera dan dapat distimuli melalui musik, yang sekaligus akan meningkatkan perkembangan fungsi otak. Menurut Hodges (2000) dalam Djohan (2005: 26) mengatakan bahwa kita akan semakin tahu berkat adanya lingkungan (musical) yang secara fisik hal itu akan berfungsi untuk menghasilkan perubahan pada otak dalam mengikat dan membentuk pribadi.

Keanekaragaman jenis karya musik dan bentuk alat musik yang tumbuh dalam kehidupan kita, memiliki kedudukan dan fungsi yang berbeda, ada yang digunakan sebagai media ekspresi untuk meujudkan karya musik yang disebut komposisi, media untuk kegiatan pendidikan baik di sekolah maupun pendidikan luar sekolah,dijadikan sebagai media komunikasi antar suku bangsa dan antar Negara.

  The Lian Gie seorang filsuf (1996) dalam budiwati (2001: 11) mengatakan bahwa: “Pada umumnya seni dapat berfungsi sebagai berikut.
  • Media kerohanian yaitu sebagai fungsi spiritual dan fungsi upacara khusus dalam kegiatan seremonial dan pertunjukan.
  • Media kesenangan yaitu sebagai fungsi hedonistis untuk hiburan.
  •  Media tata hubungan yaitu sebagai fungsi komunikatif.
  • Media pendidikan, yaitu sebagai fungsi edukatif dalam memberikan penerangan pengetahuan, pelatihan dan memberikan pengajaran dalam menyampaikan nilai-nilai seni dan fatwa-fatwa.

  • Media ekspresi dalam memenuhi kebutuhan estetis.
Keseluruhan dari fungsi karya seni musik itu akan melibatkan pribadi individual da pribadi masyarakat.

Sebuah Contoh karya musik daerah dapat disebut dengan seni karawitan adalah:
 Tembang sunda Cianjuran yang terkenal dengan sebutan “mamaos”, dikenal juga sebagai “kamermuziek”. Pada awalnya mamaos berkedudukan sebagai musik seni sifatnya sangat menyendiri, artinya musik ini tidak diciptakan untuk memenuhi kebutuhan lain yang terletak di luar kebutuhan pribadinya dan hanya dinikmati dengan perasannya sendiri pada saat menghayati musik belaka.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×