Genetika(Rangkuman, pengertian, hukum mendel)

Rangkuman genetika, Genetika adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat-sifat mahluk hidup dari induk kepada keturunannya. Misalnya, adanya kesamaan ciri dan sifat yang kamu miliki dari satu keluarga. semoga bermanfaat dan dapat membantu.
 

 Genetika.

Genetika adalah ilmu yang berhubungan dengan studi dan pemahaman tentang faktor evolusi, keturunan, perkembangan, ekologi, biologi molekuler dan ilmu forensin.
Seorang ilmuwan yang bernama Gregor Johan Mendel merupakan orang yang pertama kali melakukan penelitian mengenai penurunan sifat, oleh karena itu ia dinobatkan sebagai bapak genetika.
Genetika(Rangkuman, pengertian, hukum mendel)

 Persilangan Dua Individu

Dalam persilangan dua individu yang memiliki sifat beda disebut dengan hibrid, terdapat beberapa macam hibrid yang diantaranya yaitu :
  • Monohibrid suatu hibrid dengan satu sifat beda.
  • Dihibrid suatu hibrid dengan dua sifat beda.
  • Trihibrid suatu hibrid dengan tiga sifat beda.
Untuk individu dengan pasangan gen sama disebut dengan homozigot. Sedangkan untuk individu dengan pasangan gen berbeda disebut dengan heterozigot.

Hukum Mendel ( I Dan II )

Hukum I Mendel

Hukum I Mendel dikenal dengan pemisah Gen yang sealel. Sifat dominan yang tidak muncul secara penuh disebut dengan sifat intermediate.

Hukum II Mendel

Hukum II Mendel dikenal dengan hukum pengelompokan Gen secara bebas. Perkawinan resiprokal merupakan perkawinan kebalikan dari yang semula dilakukan dan menghasilkan keturunan dengan perbandingan genotip yang sama. Perkawinan balik ( back cross ) ialah perkawinan antara individu F1 dengan salah satu induknya. Uji silang ( test cross ) ialah perkawinan antara individu F1 ( hibrid ) dengan individu yang homozigot resesif. Alel ialah gen-gen yang terletak pada lokus yang sama dalam kromosom homolog.

Penyimpangan Semu Hukum Mendel

Penyimpangan semu hukum Mendel yaitu penyimpangan pola dasar yang dikemukakan dalam hukum Mendel, tetapi sebenarnya merupakan modifikasi hukum Mendel.
  • Epistasis Dan Hipostasis
    Merupakan salah satu bentuk interaksi gen, dalam hal ini gen dominan mengalahkan gen dominan lainnya yang bukan sealel.
  • Kriptomeri
    Peristiwa gen dominan seolah-olah tersembunyi bila berada bersama dengan gen dominan lainnya dan akan terlihat bila berdiri sendiri.
  • Atavisme
    Merupakan peristiwa munculnya sifat baru pada F1 dan F2.
  • Polimeri
    Pembastaran homozigot dengan banyak sifat beda yang berdiri sendiri-sendiri tetapi mempengaruhi bagian yang sama pada suatu organisme.
  • Gen Komplementer
    Gen-gen yang berinteraksi dan saling melengkapi.
Pautan gen merupakan peristiwa dua gen atau lebih yang terletak pada satu kromosom dan tidak dapat memisahkan diri. Pindah saling merupakan peristiwa yang terjadi apabila ada pertukaran sebagian gen-gen suatu kromatid dengan gen-gen dari kromatid pasangan homolognya. Pautan seks merupakan suatu sifat keturunan yang pewarisannya ditentukan oleh kromosom kelamin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
12 August 2016 at 09:58 delete

makasih artikelnya gan, sangat bermanfaat

Reply
avatar

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×