SISTEM AKUNTANSI(Pengertian, sifat-sifat, definisi, prosedur dan tujuan)

Kali ini kita akan membahasa mengenai Sistem Akuntansi, dan dari sini kita akan sedikit menyindir tentang Definisi sistem, dan juga definisi sistem menurut para ahli, sifat-sifat atau karakteristik sistem, pengertian prosedur, dan juga pekerjaan klerikal. semoga dapat membantu.

Sistem Akuntansi 

SISTEM AKUNTANSI(Pengertian, sifat-sifat, definisi, prosedur dan tujuan)

Definisi Sistem

SISTEM adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentuJenis-jenis Sistem, yaitu:- Terbuka & tertutup
- Sistem buatan & alam

Sifat-sifat atau Karakteristik Sistem, yaitu:

  • Tujuan
  • Input - Proses - Output
  • Lingkungan
  • Elemen-elemen yang terkait
  • Pengendali sistem
  • Ada pengguna

Definisi Sistem Akuntansi

Menurut Howard F. Settler:

Sistem akuntansi adalah formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur-prosedur, dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai usaha suatu kegiatan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan-laporan yang diperlukan oleh manajemen untuk mengawasi usahanya, dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan seperti pemegang saham, kreditor, dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menilai hasil operasi”
Dari definisi sistem akuntansi tersebut, unsur sistem akuntansi pokok adalah: formulir, catatan yang terdiri dari jurnal, buku besar dan buku pembantu serta laporan-laporan.
  • Formulir
  • Jurnal
  • Buku Besar
  • Buku Pembantu
  • Laporan Keuangan

Pengertian Sistem dan Prosedur Akuntansi

Definisi Sistem dan prosedur akuntansi menurut:
W. Gerald Cole:
Sistem adalah suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai dengan skema yang menyeluruh untuk melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi utama dari perusahaan.”
Prosedur adalah suatu urut-urutan pekerjaan klerikal (clerical), biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu bagian atau lebih, disusun untuk menjamin adanya yang seragam terhadap transaksi-transaksi perusahaan yang sering terjadi”.
Pekerjaan klerikal adalah:
  1. Menulis: misal penulisan nama dan alamat pembeli, dan lain-lain data pada faktur penjualan.
  2. Pemberian kode; misal memberi kode rekening yang didebit dan dikredit.
  3. Pembandingan; misal membandingkan faktur pembelian denga laporan penerimaan barang.
  4. Pembukuan; misal membukukan data pada bukti transaksi ke dalam buku jurnal.
  5. Penggandaan; misal menulis faktru penjualan rangkap empat.
  6. Pemilahan; misal memilah faktur pembelian menurut abjad pemasok.
  7. Perhitungan; misal perkalian, pembagian, penjumlaham dan pengurangan.
  8. Pembuatan daftar-daftar; misal daftar piutang yang menunggak lebih dari satu bulan.
 

Tujuan Dari Sistem Akuntansi

Dalam menciptakan suatu Sistem Akuntansi yang baik dan benar, kita haruslah mengetahui konponen pembangun akuntansi yang akan kita buat, sistem akuntansi pada dasarnya menghubungkan antara manusia dengan sumber daya yang ada di suatu perusahaan untuk mewujudkan tujuan dari perusahaan itu sendiri. Tujuan dari Sistem Akuntansi adalah sistem yang di tujukan untuk mewujudkan tujuan yang di inginkan oleh perusahaan.

Tujuan umum pengembangan Sistem Akuntansi dalam bukunya Mulyadi (2001:20) yang berjudul Sistem Akuntansi mempunyai tujuan sistem akuntansi sebagai berikut :
  1. Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha baru
  2. Untuk meningkatkan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada, baik mengenai mutu, ketepatan penyajian, maupun struktur informasinya
  3. Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekkan intern, yaitu untuk memperbaiki tingkat keandalan (reability) informasi akuntansi, dan untuk menyediakan catatan lengkap mengenai pertanggungjawaban dan perlindungan kekayaan perusahaan
  4. Untuk mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi.”
Jadi kesimpulan Tujuan Sistem Akuntansi yang telah di uraikan di atas adalah sistem akuntansi merupakan suatu sistem yang di buat untuk membantu memanajemen suatu perusahaan untuk mewujudkan tujuan dari perusahaan itu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
11 August 2016 at 16:22 delete

Materi waktu smk akutansi kepakek jugak ya dikehidupan sehari hari mantapz.gan

Reply
avatar

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×