PARAGRAF ARGUMENTATIF (Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi)

Paragraf Argumentatif (argumentasi) adalah materi pembelajaran bahasa indonesia yang akan kita bahas kali ini, adapun disini kita akan bahas mengenai pengertian paragraf argumentatif (arhumentasi), ciri ciri paragraf argumentatif, jenis jenis paragtaf argumentatif dan contoh paragraf  argumentatif yang telah saya rangkum. semoga membantu.

Paragraf Argumentatif

pengertian paragraf argumentatif (arhumentasi), ciri ciri paragraf argumentatif, jenis jenis paragtaf argumentatif dan contoh paragraf

Pengertian Paragraf Argumentatif

Paragraf argumentatif (argumentasi) adalah sebuah parahraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapatnya, ulasannya, bahasannya atau ide pribadi penulisnya.

Tujuan Paragraf Argumentatif

Tujuan Paragraf argumentatif adalah untuk membuat pembaca yakin atau terpengaruh agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulis.

Agar tujuan tersebut tercapai, paragraf argumentatif harus disertai dengan fakta-fakta yang aktual seperti data, hasil research, teori ahli, contoh, dan lain-lain.
Ini dilakukan untuk menguatkan pendapat-pendapat yang telah dijabarkan dalam paragraf tersebut, sehingga pendapat Anda tidak hanya sekedar omong kosong dan pembaca akan merasa yakin dan sependapat dengan pemikiran penulis.

Ciri-Ciri Paragraf Argumentatif

Berdasarkan pengertian dan tujuan paragraf argumentatif diatas, sebuah paragraf dapat dikatakan sebagai argumentatif apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Berisi pendapat, pandangan atau keyakinan penulis terhadap suatu permasalahan.
  2. Memiliki data-data yang faktual agar dapat digunakan untuk meyakinkan pembaca.
  3. Menjabarkan suatu permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan.
  4. Diakhiri dengan sebuah kesimpulan berupa pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali dari topik utamanya.

Jenis-jenis Paragraf Argumentatif

Paragraf argumentatif (argumentasi) berdasarkan cara pengembangan topiknya digolongkan menjadi dua yaitu
:
  1. Paragraf argumentatif sebab-akibat
  2. Paragraf argumentatif akibat-sebab

Contoh Paragraf Argumentatif

Contoh paragraf argumentatif antara lain sebagai berikut:

Contoh paragraf argumentatif sebab-akibat.

Musim kemarau tahun ini merupakan musim kemarau terparah dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Tidak ada turunnya hujan selama 4 bulan menyebabkan tanah dan sumber air menjadi kering. Menurut BMKG, tahun ini diperkirakan hujan akan turun bulan depan. Jika itu terjadi, maka dapat dipastikan kemarau ini bukan kemarau biasa karena terjadi selama 7bulan.
Sedangkan, menurut data yang dikeluarkan oleh BMKG tahun lalu, kemarau hanya terjadi selama 5bulan. Hasilnya, petani-petani banyak yang merugi karena gagal panen yang disebabkan tidak adanya air yang dapat menairi persawahan mereka.

Contoh paragraf argumentatif akibat-sebab

Jumlah kecelakaan di Jawa Barat tahun ini melonjak naik dengan tajam.
Bahkan lebih parah dari tahun lalu. Menurut data yang telah dikeluarkan oleh pihak kepolisian, tahun lalu jumlah kasus kecelakaan di Jawa Barat hanya mencapai 4.000 kasus, bila dibandingkan dengan tahun ini yang sudah melampaui angka 4.000, dapat dipastikan akan semakin bertambah dan lebih banyak dari tahun lalu.
Melonjaknya kecelakaan disebabkan oleh bertambahnya jumlah penduduk yang menggunakan kendaraan bermotor.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×