Rangkuman TEKS PARAGRAF (Pengertian, Kerangka dan Jenis/Macam)

Kali ini kita akan membahas pelajaran bahasa indonesia yaitu mengenai rangkuman bahasa indonesia tentang teks paragraf, dimana disini kita akan membahas lengkap mengenai pengertian paragraf, tujuan paragraf, kerangka paragraf dan jenis jenis atau macam macam paragraf, semoga dapat membantu.

Bahasan lengkap mengenai pengertian paragraf, tujuan paragraf kerangka paragraf dan jenis jenis atau macam macam paragraf,

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah bagian suatu tulisan yang terdiri atas kumpulan kalimat secara padu yang memiliki satu ide pikiran. Fungsi utama paragraf adalah menandai awal gagasan baru. Suatu kumpulan kalimat dikatakan paragraf apabila kalimat tersebut memiliki kesatuan,kelengkapan, koherensi dan urutan   pikiran yang runtut dengan kalimat lainnya.

Kerangka Paragraf

Kerangka paraggar terdiri atas beberapa gagasan, yaitu :
  1. Gagasan utama adalah ide, pokok pikiran yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Gagasan utama biasanya berupa kalimat yang merangkum seluruh isi kalimat-kalimat lain dalam sebuah paragraf.
  2. Gagasan penjelas gagasan adalah gagasan yang menjelaskan gagasan utama. Gagasan penjelas biasanya menjelaskan kalimat utama.

Macam-Macam Jenis Paragraf

Macam macam Paragraf berdasarkan tujuannya ada 5 yaitu :
  1. Paragraf deskriptif adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan tujuan pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan dalam paragraf tersebut. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.
  2. Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian yang bertujuan agar pembaca seolah-olah mengalami kejadian yang diceritakan.
  3. Paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya. Paragraf ini bertujuan agar pembaca mempercayai kebenaran yang diungkapkan oleh penulis.
  4.  Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menginformasikan suatu teori, teknik, kiat, atau petunjuk dengan tujuan pembaca dapat menambah wawasan.
  5. Paragraf persuasu adalah paragraf yang mengajak, membujuk, atau memengaruhi pembaca dengan tujuan pembaca mengikuti pendapat penulis.
Macam macam paragraf menurut letak gagasannya ada 3 yaitu  Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif, dan Paragraf Campuran berikut pengertiannya :
  • Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada awal kalimat kemudian diikuti oleh kalimat penjelas.
  • Paragraf induktif adalah paragraf yang letak gagasan utamanya terletak di akhir paragraf. 
Ada beberapa jenis paragraf induktif yaitu paragraf analogi, paragraf generalisasi dan paragraf kausal :
  1. Paragraf analogi adalah bentuk penyusunan paragraf yang berisi perbandungan dua hal yang memiliki sifat sama.
  2. Paragraf generalisasi adalah bentuk penyusunan paragraf yang menggunakan beberapa fakta khusus untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat umum.
  3. Paragraf kausal adalah bentuk penyusunan paragraf yang menggambarkan hubungan ketergantungan antara dua kalimat atau lebih dimana suatu akibat akan terjadi jika ada sebab.
  • Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya tersebar pada seluruh kalimat atau gagasan utamanya terletak di akhir dan awal kalimat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×