MELAKUKAN PENELITIAN ( Pengertian, Tujuan, Hipotesis, Asumsi, Landasan Teori dan Kegunaan )

Kali ini kita akan membahas mengenai Penelitian, disini kita akan membahas lengkap mengenai tujuan penelitian, hipotrsis penelitian, asumsi asumsi dalam penelitian, landasan teori dalam penelitian, dan kegunaan penelitian. Semoga dapat membantu.

Penelitian

Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian Penelitian, disini kita akan membahas lengkap mengenai tujuan penelitian, hipotrsis penelitian, asumsi asumsi dalam penelitian, landasan teori dalam penelitian, dan kegunaan penelitian. 

Tujuan Penelitian

Tujuan Penelitian merupakan keinginan penelitian atas hasil penelitian dengan menengahkan indikator-indikator yang hendak ditemukan dalam penelitian tersebut, terutama yang berkaitan dengan variabel-variabel penelitian. Tujuan penelitian mengungkapkan keinginan penelitian menyajikan hasil yang ingin dicapai setelah penelitian selesai di lakukan.
Tujuan penelitian mengungkapkan keinginan peneliti untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian yang di ajukan. Oleh sebab itu tujuan penelitian harus di revelan dan konsisten dengan identifikasi masalah. Rumusan masalah dan mencerminkan proses penelitiannya  
Tujuan penelitian terdiri atas tujuan umum dan tujuan khusus.
Tujuan umum menggambarkan secara singkat dalam satu kalimat apa yang di capai melalui penelitian. sedangkan
Tujuan khusus di rumuskan dalam bentuk item-item (misalnya, 1,2,3 dan seterusnya) yang secara spesifik mengacu kepada pertanyaan penelitian
Tujuan penelitan disini tidak sama dengan tujuan yang ada pada sampul isi laporan, yang merupakan tujuan formal, tetapi tujuan disini berkenaan dengan tujuan peneliti dalam melakukan penelitian. Rumusan masalah dan penelitian ini jawabanya terletak pada kesimpulan penelitian.

Hopotesis Penelitian

Berdasarkan teori yang dikemukakan, maka selanjutnya dapat digunakan untuk menyusun kerangka berpikir. Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadapa rumusan masalah atau sub masalah yang diajukan oleh peneliti, yang dijabarkan dari landasan teori atau kajian teori dan masih harus diuji kebenarannya. Hipotesis akan di nyatakan ditilak atau diterima. Hipotesis ini harus di buat dalam setiap penelitian yang bersifat deskriptif, yang bermaksud mendeskripsikan masalah yang di teliti, hipotesis tidak perlu di buat, oleh karena memang tidak pada tempatnya. Hipotesis harus di rumuskan dalam kalimat positif. Tidak boleh di rumuskan dalam kalimat bertanya, kalimat menyeluruh, kalimat menyarankan, atau kalimat mengharapkan, jenis hipotesis yaitu:
Ada 3 macam hipotesis penelitian (ha), yaitu: 
  1. Hipotesis deskripsi yaitu hipotesis yang tidak membandingkan dan menghubungkan dengan variabel lain atau hipotesis yang di rumuskan untuk menentukan titik peluang, hipotesis yang dirumuskan untuk menjawab permasalahan taksiran (estimative). 
  2. Hipotesis komparatif dirumuskan untuk memberikan jawaban pada permasalahan yang bersifat membedakan. 
  3. Hipotesis asosiatif di rumuskan untuk memberikan jawaban pada permasalahan yang bersifat hubungan.  
Menurut sifat hubungannya hipotesis penelitian (ha) ada 3 jenis yaitu: 
  1. Hipotesis hubungan simetris ialah hipotesis yang menyatakan hubungan bersifat kebersamaan antara 2 variabel atau lebih, tetapi tidak menujukan sebab akibat. 
  2. Hipotesis hubungan sebab akibat( kausal ialah hipotesis yang menyatakan hubungan bersifat mempengaruhi antara 2 variabel arau lebih. 
  3. Hipotesis hubungan interaktif ialah hipotesis hubungan antara 2 variabel atau lebih yang bersifat saling mempengaruhi.

 Asmumsi Asumsi Dalam Penelitian

Fungsi asumsi dalam sebuah isi laporan, merupakan titik pangkal penelitian dalam rangka penulisan isi laporan. Apapun materinya, asumsi tersebut harus sudah merupakan sesuatu yang tidak perlu dipersoalkan atau dibuktikan lagi kebenarannya. Sekurang-kurangnya bagi masalah yang akan di teliti pada masa itu. Asumsi-asumsi dirumuskan sebagai landasan hipotesis laporan atau penelitian. 
Asumsi ini harus di rumuskan dalam bentuk kalimat deklaratif jadi, bukan kalimat bertanya, kalimat menyeluruh, kalimat menyarankan atau kalimat mengharapkan.

 Landasan Teori

Landasan teori adalah teori -teori revalan yang dapat di gunakan untuk menjelaskan tentang variabel yang akan di teliti, sebagai dasar untuk memberi jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang diajukan atau hipotesis, dan penyusunan instrumen penelitian.
Teori-teori yang di gunakan bukan sekedar pendapat dari pengarang, pendapat penguasa, tetapi teori yang benar-benar telah teruji kebenarannya. Di sini juga diperlukan dukungan hasil-hasil penelitian yang telah ada sebelumnya dan ada kaitannya pada dengan variabel yang akan di teliti, kalau variabel yang akan di teliti ada 3, maka jumlah teori yang dikemukakan juga ada 3. Setelah diuraikan dan di kemukakan kajian teori atau landasan teori yang mendukung, kemudian variabel tersebut di jabarkan menjadi indikator –indikator dan diteruskan menjadi item-item pernyataan atau pertanyaan penelitian (instrument penelitian).

 Kegunaan Penelitian

Dengan melakukan penelitian, tentu kita akan mendapatkan manfaatnya.
Kegunaan penelitian merupakan dampak dari tercapainya tujuan. Kalau tujuan dapat tercapai, dan rumusan masalah dapat terjawab secara akurat, maka sekarang kegunaannya apa dari penelitian tersebut?.Kegunaan penelitian adalah untuk menjelaskan tentang manfaat dari penelitian itu sendiri. Adapun kegunaan penelitian itu ada 2 hal yaitu:  1. Kegunaan untuk mengembangkan ilmu atau kegunaan teoritis 2. Kegunaan praktis ialah membantu memecahkan masalah yang pada objek yang di teliti.  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×