7 Contoh Teks Diskusi Singkat 2017 (tentang Pendidikan, Kesehatan dan Kebersihan )

Kali ini kita akan membahas mengenai teks diskusi, teks diskusi adalah materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMA yang akan kita bahas dengan ringkas, adapun disini saya akan membahas tentang pengertian teks diskusi beserta 7 contoh teks diskusi tentang pendidikan, kesehatan dan kebersihan. semoga dapat membantu.

Teks Diskusi

Kali ini kita akan membahas mengenai teks diskusi, teks diskusi adalah materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMA yang akan kita bahas dengan ringkas, adapun disini saya akan membahas tentang pengertian teks diskusi beserta 7 contoh teks diskusi tentang pendidikan, kesehatan dan kebersihan

Pengertian Teks Diskusi

Pengertian teks diskusi adalah teks yang memaparkan dua hal yang berbeda atau pro dan kontra antara dua belah pihak yang kemudian keduanya saling membicarakan hal tersebut untuk dapat memperoleh informasi tertentu.

Contoh Teks Diskusi

Setelah kita mengetahui apa itu teks diskusi, sekarang saatnya untuk memberi beberapa contoh teks diskusi, yaitu 12 contoh teks diskusi terbaru 2017, antara lain sebagai berikut :

Contoh Teks diskusi tentang pendidikan

Contoh teks diskusi tentang pendidikan yang berjudul "internet sebagai media pembelajaran"

 Internet adalah jaringan yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya dengan menggunakan sebuah sistem. Dengan internet, semua perkerjaan seakan mudah dan cepat dilakukan. Dalam pendidikan, internet menjadi dilema untuk digunakan. Dampak negatif dan positif yang dihadirkan oleh internet membuat orangtua dan juga guru menjadi lebih ketat dalam memantau pemanfaatan internet. Apa pendapat masyarakat tentang penggunaan internet dalam pembelajarn?  Lalu, dengan pro dan kontra yang ada bagaimana seharusnya penggunaan internet yang baik?

 Sebagian masyarakat (orangtua) beranggapan bahwa penggunaan internet dalam proses pembelajaran justru akan mengganggu proses pembelajaran itu sendiri. Apalagi, penggunaan internet dengan menggunakan handphone lebih memudahkan anak untuk mengakses situs-situs yang tidak diharapkan. Banyaknya situs yang tidak sesuai dengan usia mereka membuat orangtua kawatir akan psikologi anak-anak mereka. Media sosial yang membuat anak kecanduan memegang handphone pun menjadi alasan kedua yang menjadikan kekawatiran orangtua meningkat. Dengan menggunaan internet, semua situs dan sosial media membuat anak cenderung cuek, apatis dengan lingkungan sekitar, dan tidak bersosialisasi. Alasan lain yang muncul adalah ketakutan orantua di mana anak-anak mereka menjadi korban perdagangan manusia dan kasus penipuan. Orangtua maupun guru memiliki keterbatasan dalam pengecekan setiap handphone yang digunakan oleh siswa. Tidak hanya itu, dampak lain yang ditimbulkan oleh penggunaan internet dalam pembelajaran adalah membuat anak-anak menjadi lebih malas membaca buku pengetahuan. Menurut mereka, informasi tidak hanya didapat dari internet, melainkan dapat juga diambil dari buku, majalah, surat kabar, dan televisi.

Namun, menurut sebagian masyarakat lainnya penggunaan internet justru menjadikan nilai anak-anak mereka meningkat. Penggunaan internet membantu anak-anak menemukan referensi tugas-tugas dari sekolah. Tugas anak menjadi lebih mudah dan cepat diselesaikan. Selain itu, pengetahuan global mereka menjadi lebih luas, tidak seperti hanya sekedar membaca buku saja. Internet menyediakan informasi apa saja yang diinginkan oleh siswa untuk melengkapi pembelajaran di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Anak akan lebih mandiri karena akses internet dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tidak hanya itu, pergaulan anak menjadi lebih luas dengan menggunakan sosial media. Anak tidak hanya berteman dari lingkungan sekitar saja, melainkan juga dapat berteman dengan orang dari belahan dunia mana pun. Dampak positif lainnya adalah mendekatkan yang jauh dalam hal berkomunikasi. Dengan kata lain, penggunaan internet membantu seseorang untuk berkomunikasi secara lancar meskipun dalam jarak yang cukup jauh.  

Penggunaan internet dalam pembelajaran memang menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat. Meskipun ada dampak negatifnya, internter juga memiliki dampak positif yang bermanfaat bagi pembelajaran siswa baik di sekolah maupun di rumah. Hanya saja, baik orangtua maupun guru harus mengarahkan dan lebih sering untuk mengontrol penggunaan internet oleh anak. Peranan orantua, masyarakat, dan guru menjadi sangat penting untuk mengarahkan anak dalam menggunakan internet secara bijak. Penggunaan secara bijak akan menjadikan internet bermanfaat secara maksimal dan meminimalisir dampak negatifnya.

Contoh Teks Diskusi tentang Kesehatan

Contoh teks diskusi tentang kesehatan yang berjudul "Baik atau Burukkah, Kebiasaan Minum Teh?"

Sama halnya dengan kopi, kebiasaan minum teh sudah banyak dilakukan sejak dulu tidak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri baik untuk pergaulan atau gaya hidup bahkan menjadi bagian yang menyatu dengan tradisi. Pada umumnya minuman ini disuguhkan pada saat tradisi kunjungan tamu, pertemuan, bagian dari sarapan pagi dan minuman disaat bersantai sore hari. Di daerah Jawa Barat minuman teh terkadang dijadikan pengganti air putih yang dikonsumsi sehari-hari.
Konon sejak 5000 tahun yang lalu, kaisar Shen Nung dari negeri Cina telah memperkenalkan teh sebagai minuman yang berkhasiat untuk kesehatan karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh merupakan tanaman asli Asia Tenggara dan kini telah ditanam di lebih dari 30 negara. Hingga saat ini dikoleksi 3.000 jenis tanaman, namun secara botani tanaman teh berasal dari satu jenis tanaman dengan hasil perkawinan silangnya. Bagian tanaman teh yang dapat dimanfaatkan untuk minuman adalah daunnya.

Aroma dan rasanya yang khas, menjadikan minuman teh yang merupakan hasil ekstrak daun dari tanaman teh ini sangat digemari baik oleh kalangan dewasa maupun anak-anak. Selain sebagai minuman biasa, sesungguhnya teh memiliki khasiat herbal untuk pengobatan dan kesehatan. Berdasarkan fakta dari berbagai studi yang telah dilakukan, Dewan Teh Amerika Serikat (Tea Council of the U.S.A) telah merekomendasikan minum teh sebagai aktivitas yang perlu digalakkan mengingat manfaatnya dalam memelihara kesehatan tubuh manusia. Walaupun banyak keuntungan yang telah disebutkan, tetap saja jika mengkonsumsi teh berlebihan akan banyak kerugian yang ditimbulkan. Berikut penjelasannya.
Mengapa teh bermanfaat bagi kesehatan? Ternyata terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh seperti: polyphenols (10-25%), dan komponen organik lainnya seperti vitamin C (150-250 mg%), vitamin E (25-70 mg%) , ß-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L). Sedangkan aroma dan cita rasa yang khas pada teh dikarenakan adanya komponen kandungan volatile. Kandungan polyphenols pada minuman teh berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh selain juga terbukti memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang mungkin saja bisa menyebabkan keracunan makanan. Manfaat lain dari polyphenols adalah untuk mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah dan mempercepat pembuangan kolesterol melalui feses. Beberapa vitamin seperti vitamin C dan E dapat membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dalam bentuk kandungan betakaroten. Kandungan unsur Fluor yang cukup tinggi dalam teh, selain dapat membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta memperkuat gigi, juga untuk mencegah Osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kandungan caffein pada teh untuk pemakaian yang wajar dapat membantu menyegarkan tubuh melalui pengaruhnya terhadap sistem syaraf tubuh untuk merangsang pengambilan oksigen.

Namun dibalik itu semua ternyata pada kebiasaan minum teh yang tidak sewajarnya memiliki pengaruh yang buruk juga bagi kesehatan. Adanya kandungan caffein pada teh dapat menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat, selain itu caffein mempunyai efek ketergantungan dan hal ini akan mengakibatkan tubuh menjadi tidak fit bila tidak mengkonsumsinya. Pada ibu menyusui, caffein berpengaruh terhadap kelenjar ASI sehingga menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI, sedangkan pada bayi zat ini dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral dalam teh memiliki kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal, hal ini perlu diperhatikan terutama pada penderita ginjal.

Bagaimanakah sebaiknya kita mengkonsumsi teh yang sehat? Disarankan untuk mengkonsumsi minuman teh sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Jumlah tersebut memiliki batas normal kadar kafein yang dapat dikonsumsi yaitu setara 750 mg/hari. Usahakan menyeduh teh dengan air yang tidak terlalu panas dan sebaiknya jangan ditambahkan gula untuk mencegah rusaknya zat-zat yang dikandung dan hilangnya manfaat teh. Dalam kebiasaan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga berpengaruh pada percernaan.
Demikian saran untuk tetap dapat melakukan kebiasaan minum teh secara teratur dan aman agar memperoleh manfaat dari senyawa yang terkandung dalam teh.

Contoh teks diskusi tentang kebersihan

contoh teks diskusi tentang kebersihan yang berjudul "Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar"

 Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi makhluk hidup. Lingkungan merupakan karunia Tuhan yang tidak ternilai. Tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan sebaik-baiknya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, kebersihan merupakan sebagian dari iman, itulah slogan yang sering kita dengar selama ini maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan dimana saja kita berada. Kebesihan juga penting bagi kesehatan kita, karena di dalam tubuh yang  sehat terdapat jiwa yang kuat.

Kebersihan adalah keadaan bebas dari sampah termasuk diantaranya debu dan bau. Namun, kebersihan sering kali dianggap ringan oleh para siswa-siswi, kesadaran yang minim pun menjadi sebab masih adanya sampah di lingkungan sekolah. Padahal kegiatan belajar mengajar juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang bersih, konsentrasi otak tidak akan mudah terpecah jika lingkungan sekolah bersih khususnya di ruang kelas yang sedang ditempati. Sebab, kita akan merasakan kenyamanan di kelas. Keindahan dan kebersihan sekolah menjadi poin penting untuk meningkatkan semangat siswa-siswi dalam mencapai prestasi yang baik. Banyaknya sampah yang berserakan disetiap ruang kelas menjadi dampak permasalahan kebersihan yang paling sering terjadi di lingkungan sekolah.

Pada dasarnya,  seluruh warga sekolah mempunyai peranannya masing-masing untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah dan nyaman. Namun, seringkali program sekolah tersebut tidak berjalan dengan baik sehingga hasilnya tidak dapat dicapai dengan maksimal. Sebenarnya setiap upacara hari senin sudah diingatkan kembali oleh Pembina upacara agar siswa-siswi dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan ruang kelas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×