3 CONTOH TEKS ULASAN SINGKAT 2017(tentang Cerpen, Film dan Novel) beserta strukturnya

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia mengenai Teks ulasan, adapun disini kita akan membahas tentang pengertian teks ulasan dan 3 contoh teks ulasan singkat Cerpen, Film dan Novel beserta strukturnya. semoga dapat membantu

Teks Ulasan

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia mengenai Teks ulasan, adapun disini kita akan membahas tentang pengertian teks ulasan dan 3 contoh teks ulasan singkat Cerpen, Film dan Novel beserta strukturnya

Pengertian Teks Ulasan

Pengertian teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan/penilaian/review terhadap suatu karya (film atau drama). Disaat mengulas sebuah film dan drama kita harus bersikap kritis agar berkontribusi untuk kemajuan drama dan film ke depannya.

Contoh Teks Ulasan

Setelah kita mengetahui pengertian dari teks ulasan, berikut adalah contoh contoh teks ulasan singkat cerpen, film dan novel, antara lain:

Contoh Teks Ulasan Cerpen

Contoh yang pertama yaitu contoh teks ulasan singkat Cerpen tentang "Ketika sebuah persahabatan sedang dipertaruhkan"

Cerpen ini bercerita tentang kisah cinta remaja kebanyakan. Namun pada akhirnya, setelah melalui beberapa tahap hubungan, mereka menjadi teman. Ada banyak sekali kesalahan penulisan dalam cerpen ini. Pertama, pada paragraf awal cerpen terdapat kata "acuh". Namun setelah diperhatikan kembali makna kalimat utuhnya, kita pun tahu bahwa ada kesalahan penggunaan kata "acuh"—yang dalam kata lain sama dengan "peduli". Jadi, kata "acuh" yang benar diganti menjadi "tak acuh" atau "tidak acuh".

Kedua, soal EYD, di antaranya kata-kata berikut ini: "didepanku", "dimasa", "dikelas", "dihidupku", "dihatiku", "dikotaku", "dikampus", "di elu-elukan", "akupun", dan "sekedar", yang semestinya ditulis demikian: "di depanku", "di masa", "di kelas", "di hidupku", "di hatiku", "di kotaku", "di kampus", "dielu-elukan", "aku pun", dan "sekadar". Perhatikan perbedaan antara kata keterangan tempat/waktu dan kata kerja pasif. "Di-" dalam kata keterangan tempat/waktu--seperti "di kelas", "di rumah", "di pagi hari", dan lain sebagainya--wajib dipisah dari kata sesudahnya, alias berfungsi sebagai kata depan. Sementara, untuk kata kerja pasif--seperti "dipukul", "dielu-elukan", dan lain sebagainya—penulisan "di-" wajib digabung dengan kata sesudahnya.

Ketiga, penulisan kalimat dialog. Saran Tim FAM pada penulis, lebih banyaklah membaca novel-novel berkualitas, yang tentunya melalui proses editing yang ketat sebelum diterbitkan. Pelajari pola dan aturan (termasuk tanda baca dan lain sebagainya) yang bersangkutan dengan kalimat dialog dalam sebuah prosa. Dalam suatu cerpen, sebaiknya dialog tidak dibuat seperti dialog dalam sebuah naskah drama. Tetapi di sini penulis justu melakukannya, hingga cerpen ini tampak kurang rapi. Ke depan diharapkan agar penulis memelajari penulisan kalimat dialog dalam prosa (cerpen/novel) yang baik dan benar.

Kemudian, untuk kata-kata yang tidak baku seperti "gak", "palak", "ngasih", "udah", "kebayang", dan lain sebagainya--terutama yang sering ditemukan dalam dialog—sebaiknya ditulis dengan huruf miring. Sebenarnya tidak ada aturan wajib untuk itu. Ada dua pendapat yang beda, yang mana salah satunya memperbolehkan diketik dengan huruf biasa. Namun, FAM Indonesia menggunakan aturan pertama, yakni kata-kata yang tidak baku dan kata-kata dari bahasa asing diketik dengan huruf miring.

Penggunaan tanda baca tidak perlu kita tulis secara berlebihan seperti rangkap dua, tiga, atau empat. Memasukkan emoticon pada tulisan, termasuk cerpen, juga tidak disarankan (sebaiknya kebiasaan ini dihilangkan). Terakhir, untuk penulisan judul, sebaiknya tidak menggunakan huruf kapital seluruhnya.

Saran dari Tim FAM kepada penulis, teruslah berlatih dan berlatih. Menulis setiap hari akan membuat jemari kita lebih terbiasa. Akan tetapi, jangan lupa imbangi aktivitas menulismu dengan banyak membaca. Menulis dan membaca tidak dapat dipisahkan. Keduanya seperti dua sisi mata uang, saling melengkapi. Tanpa membaca, tulisan kita akan sulit berkembang. Dengan banyak membaca karya berbagai penulis, kelak akan kita temukan gaya/ciri khas kita sendiri. Sebelum mempublikasikan tulisan, jangan malas melakukan editing atau koreksi ulang atas tulisanmu. Ingat, pembaca bukan orang yang mesti mengoreksi tulisan kita terlebih dulu sebelum menyerap isi tulisan itu. Pembaca hanya ingin membaca dan menikmati, jadi buatlah mereka menikmati tulisan yang kita sajikan dengan rapi. Bukankah jika tulisan diketik dan disusun dengan rapi, pembaca akan lebih nyaman dan ketagihan membaca tulisan kita? Bukankah itu menyenangkan?

Contoh Teks Ulasan Film

Berikutnya adalah contoh teks ulasan singkat sebuah film yang berjudul " My idiot Brother"

My Idiot Brother merupakan sebuah novel hasil karya Agnes Davonar.Novel My Idiot Brother ini menceritakan tentang sebuah arti kehidupan yang membutuhjan sebuah pengorbanan. Ada seorang anak yang mempunyai nama Angel.

Seorang gadis remaja yang baru berusia 15 tahun yang tidak pernah dapat menerima keadaan kakaknya yang bernama Hendra yang terlahir dengan keterbelakangan mental. Meskipunn Angel begitu malu dan membenci kakanya, Hendra tak pernah bersedih hati.

Hendra adalah anak yang berkebutuhan khusus yang diakibatkan sakit yang di deritanya waktu kecil. Walaupun demikian Ia tetap setia dan memberikan kasih sayannya seorang kakak kepada adiknya.

Di bab pertama buku My Idiot Brother, Agnes Devonar menceritakan kisah tentang Ali Mensan (dalam novel My Idiot Brother digambarkan sebagai hendra) yang menderita sindrom Down.

Karena keadaan tersebut membuat hati sang adik yang bernama Angel ini sering diejek oleh teman-temannya si idiot. Setiap harinya angel selalu mendapatkan hinaan dan cacian teman-temannya di sekolah.

Agnes lah orang yangg sangat membenci Angel karena dianggap sebagai ancaman dia untuk mendapatkan hati Aji. Dalam novel My Idiot Brother Aji yang diperankan oleh Aaron Ashab.

Aji merupakan seseorang yang berpawakan tampan, cerdas dan juga keturunan konglomerat. Maka dari itu tidak heran apabila Aji menjadi rebutan begi kaum hawa. Waktu terasa begitu cepat sampai-sampai suatu hari Aji membuat pesta ulang tahun, akan tetapi Angel bingung.

Bingung bukan karena hadiah yang akan diberikan untuk pacar incaranya. Namun berbagai usaha sudah dilakukan sampai harus menemani kakaknya untuk bermain monopoli seharian. Sambil bermain monopoli Angel pun melamun karena sedang butuh uang.

Setelah berbincang-bincang dan membujuk kakanya pada akhirnya Hendra sang kakak dengan ikhlas untuk memberikan uang celengannya saat itu kepada adik tercinta.

Malam pun tiba. Angel dan juga Agnes bersaing untuk menjadi ratu di dalam acara pesta itu. Namun sayangnya pesta tersebut berakhir ricuh dikarenakan kehadiran kakak Angel yang bernama hendra.

Yang membuat Angel begitu terlihat malu kedatangan kakaknya yang keterbelakang mental penuh perjuangan dan sebenarnya bermaksud baik karena ingin mengantarkan kado yang tertinggal.

Pesta tersebut akhirnya ricuh dan Angel pun lari dan mengalami kecelakaan. Kecelakaan tersebut menyebabkan tak ada satu orang pun yang bisa menyelamatkan dirinya selain Hendra.

Kecelakaan tersebut menyebabkan Angel koma dan membutuhkan donor hati dengan segera. Pada akhirnya Hendra sebagai sang kakak rela untuk mendonorkan hatinya untuk adik tercintanya.

Pada Bab-bab selanjutnya para pembaca akan melihat potongan kisah yang sangat mengharukan kembali. Agnes Devonar membuat novel ini hanya dalam 1 buku.

Walaupun demikian di setiap bab mulai dari awal cerita hingga akhir cerita ,buku ini mempunyai hubungan yang sangat erat, seperti arti sebuah kehidupan.

Novel ini disajikan dengan bahasa yang apik. Sehingga novel ini bisa menyihir para pembacanya. Sehingga pembaca dapat ikut merasakan semangat, keputusasaan, kebahagiaan dan juga kesedihan.Selain itu, novel ini juga mempunyai problem percintaan dan masalah keluarga.
Dengan membaca novel ini, Anda akan mengetahui bahwa seorang yang bernama Agnes Devonar mengajarkan kepada kita semua dalam menjalani kehidupan itu butuh yang namanya perjuangan .

Dengan mengesampikan beberapa kekurangan tadi, novel ini sangat dibutuhkan oleh generasi muda di jaman modern seperti sekarang ini, terutama bagi para remaja yang sangat gengsi akan adanya kekurang yang ada pada dirinya.

Buku ini memberi motivasi, semangat juang dan , inspirasi pada orang yang suka bergengsi di depan orang lain. Buku ini juga mengajarkan tentang ketidak mungkinan yang dapat diwujudkan dengan kerja keras.

Contoh Teks Ulasan Novel

Yang terakhir disini ada contoh teks ulasan singkat novel tentang Novel "Hujan" karya tere liye beserta strukturnya

Orientasi
Hujan adalah novel karya tere liye yang menceritakan tentang keinginan tokoh utama yaitu lail yang ingin  menghapus memorinya tentang seseorang, yang mana ia meminta bantuan Elijah. Kemudian Lail mengingat alasan kenapa ia harus menghapus memorinya tersebut, dan ia pun menceritakannya kepada Elijah.
 Tafsiran
Lail, gadis 13 tahun yang menjadi yatim piatu saat terjadi bencana alam. Gempa bumi dari gunung purba dan mengakibatkan tsunami di belahan bumi lain. Namun, saat bencana itu pulalah ia ‘bertemu’ dengan Esok, lelaki yang menarik tas punggungnya sehingga Lali tidak tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah. Lail dan Esok kemudian ‘terjebak’ dalam percintaan selama masa pengungsian. Dimana ada Esok disana ada Lail. Tapi bukan percintaan yang biasa. Tidak  biasa karena mereka berdua memiliki cara yang ‘santun’ dalam menjaga hati .
Juga ada Maryam, sahabat setia Lail. Bertemu setelah masa-masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Sayangnya, hubungan Maryam dengan Lail ini sangat akrab. Maryam yang tau bahwa hubungan Esok dengan Lail itu lebih sedari sekedar percintaan biasa ., dengan karakter Lail yang introvert, dia tidak dibuat  marah ‘beneran’ ketika Maryam menggoda hubungan yang terjalin antara mereka berdua. Masa itu diceritakan kalau bencana alam yang terjadi itu baru permulaan. Setelah itu terjadi musim dingin berkepanjangan. Daerah subtropis pun bisa turun salju. Kejadian ini membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik untuk mengembalikan ke iklim yang semestinya. Sayangnya, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.

Evaluasi
Novel yang disajikan dengan bahasa yang mampu menyihir pembaca ini akan membuat pembaca merasakan bagaimana rasanya harus tegar ketika ditempa masalah, melangkah maju ketika masalah begitu berat, dan rasanya jatuh cinta. Ada rasa ketika rindu bertemu pasangan, bertemu kembali setelah sekian lama tidak bertemu, dan cemburu. Yang pernah atau sedang remaja mungkin akan tersenyum melihat tingkah Lail. Imajinasimu benar-benar akan dibuat terbang oleh Tere Liye.

Rangkuman
Novel HUJAN ini memang istimewa. Tema yang diusung gak sesederhana tema novel romantis kebanyakan. Porsinya tak hanya untuk seputar cinta remaja melainkan ada bumbu-bumbu ilmiahnya. Novel ini juga berkisah tentang kepastian yang tidak pasti, tentang kabar yang hampir tidak pernah dikabarkan. Hingga membuat sepasang kekasih yang saling mencintai, juga saling menunggu untuk saling mengungkapkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×