4 CONTOH TEKS CERITA SEJARAH SINGKAT TERBARU 2017 (beserta strukturnya dan berdasarkan 5W1H)

Kali ini kita akan membahas tentang pengertian teks cerita sejarah, 4 Contoh teks sejarah singkat beserta strukturnya yang berdasarkan 5W1H tentang sejarah hari buruh, sejarah ada / terciptanya instagram, contoh teks cerita sejarah singkat tentang bencana alam dan Sejarah Bahasa Indonesia. Semoga dapat membantu
Kali ini kita akan membahas tentang pengertian teks cerita sejarah, 4 Contoh teks sejarah singkat beserta strukturnya yang berdasarkan 5W1H tentang sejarah hari buruh, sejarah ada / terciptanya instagram, contoh teks cerita sejarah singkat tentang bencana alam dan Sejarah Bahasa Indonesia.

Apa itu Teks Cerita Sejarah?

Sejarah adalah kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan peninggalan itu disebut sumber sejarah.

Dalam bahasa Inggris, kata sejarah disebut history, artinya masa lampau; masa lampau umat manusia. Dalam bahasa Arab, sejarah disebut sajaratun (syajaroh), artinya pohon dan keturunan. Jika kita membaca silsilah raja-raja akan tampak seperti gambar pohon dari sederhana dan berkembang menjadi besar, maka sejarah dapat diartikan silsilah keturunan raja-raja yang berarti peristiwa pemerintahan keluarga raja pada masa lampau.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa teks cerita sejarah adalah teks yang didalamnya menjelaskan atau menceritakan tentang fakta atau kejadian masa lalu yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

1. Contoh Teks Cerita Sejarah

Contoh yang pertama yaitu contoh teks cerita sejarah singkat tentang sejarah hari buruh beserta strukturnya dan sesuai dengai 5W1H

Sejarah Hari Buruh
Paragraf 1 (Tahap Orientasi)
Peristiwa yang diidentifikasikan adalah Hari Buruh. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap Mei. Peristiwa tersebut terjadi di beberapa negara. Peristiwa itu terjadi karena menuntut pemberlakuan 8 jam kerja. Peristiwa itu berawal dari usaha gerakan serikat butuh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial kaum buruh.

Paragraf 2 (Tahap Urutan Peristiwa 1)
Peristiwa yang digambarkan adalah tuntutan kaum buruh. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kelas pekerja. Peristiwa tersebut terjadi pada awal abad ke-19. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat.  Peristiwa itu terjadi karena pengetatan disiplin jam kerja, minimnya upah, dan buruhnya kondisi kerja. Peritiwa itu berawal dari pemogokan kelas pekerja Amerika Serikat.

Paragraf 3 ( Tahap Urutan Peristiwa 2 )
Peristiwa yang diidentifikasikan adalah demontrasi. Pelakunya adalah buruh kulit hitam dan putih. demontrasi itu terjadi di berbagai kota di Amerika Serikat pada April 1886. Peristiwa itu mempersatukan buruh kulit hitam dan kulit putih.

Paragraf 4 (Tahap Urutan Peristiwa 3 )
Peristiwa yang diidentifikasi tentang reaksi pengusaha dan pejabat terhadap demontrasi kaum buruh.

Paragraf 5 (Tahap Urutan Peristiwa 4)
Peristiwa yang diidentifikasikan adalah meledaknya bom. Pelakunya adalah kaum buruh. peristiwa terjadi 3 Mei 1886. Akibat dari peritiwa itu polisi melarang demontrasi kaum buruh.

Paragraf 6 (Tahap Urutan Peristiwa 5)
Peristiwa yang diidentifikasikan adalah rangkaian  demontrasi kaum buruh di Amerika Serikat dan menjalar di Eropa untuk menuntut pengurangan jam kerja.

Pargaraf 7 (Tahap Urutan Peristiwa 6)
Peristiwa yang diidentifikasikan tentang Kongres Buruh Internasional pada tahun 1889. Kongres itu
memutuskan pemogokan umum 1 Mei 1890 dan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.

Paragraf 8 (Tahap Reorientasi)
Yang didentikasikan adalah standar perburuhan internasional yaitu 8 jam kerja/hari atau 40 jam/minggu.

2. Contoh Teks Cerita Sejarah

 Contoh berikutnya yaitu contoh teks cerita secarah singkat tentang sejarah instagram beserta strukturnya dan seusuai berdasarkan 5W1H
Sejarah Terciptanya Instagram

Siapa yang tidak kenal dengan instagram, Aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, memfilter digital, menambahkan efek, dan mempubikasikan foto tersebut ke berbagai jenis jejaring sosial yang ada termasuk kedalam jejaring instagram itu sendiri.

Instagram sendiri terbentuk dari dua kata utama yakni "insta" yang berarti "instan" seperti pada kamera jenis polaroid yang lebih akrab disebut dengan foto instan. Dan kata "gram" mengarah pada kata "telegram" yang cara atau pengaplikasiannya adalah untuk mengirimkan sejumlah informasi pada seseorang dengan sangat cepat.

Urutan Peristiwa:
Burbn, Inc yang merupakan perusahaan start up teknologi yang notabennya hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan aplikasi telepon genggam berdiri pada sekitar tahun 2010 lalu. Pada mulanya Burbn, Inc sendiri berfokus pada pendalaman seluruh fungsi bahasa pemprograman yakni HTML5. Namaun seiring berjalannya waktu, Mike krieger dan Kevin Systorm selaku CEO dari perusahaan ini memilih untuk berfokus hanya pada satu hal asaja.

Seminggu lamanya mereka berusaha membuat ide ide yang mungkin dapat mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil enciptakan versi pertama dari instagram, namun seperti pada prototype pada umumnya, versi awal dari instagram ini masih memiliki banyak sekali kelemahan dalam segala sistemnya. Setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan versi burbn (instagram) ini akhirnya sudah dapat diujicoba dengan menggunakan perangkat iphone. Namun tetap saja dirasa memiliki banyak sekali fitur yang tidak terkategori dengan baik.

Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang seluruh fitur yang ada dan memulai semuanya dari awal. Akhirnya mike dan kevin memilih untuk berfokus hanya pada fitur foto, berkomentar dan menyukai foto saja. Inilah kerangka awal terbentuknya jejaring sosial instagram saat ini.

Pada tahun 2012 tepatnya tanggal  09 april diumuman sebuah berita besar yakni saha dan kepemilikan facebook akan diambil alih oleh mark zuckerberg selaku pemiliki facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 miliar dollar.

Reorientasi:
Instagram saat ini telah banyak diminati baik tua maupun muda. Penggunaan yang mudah dan fitur yang terkesan canggih membuat instagram semakin populer dari tahun ke tahun. Dengan jejaring sosial instagram ini kita dapat mengetahui segala aktivitas teman teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka.

3. Contoh Teks Cerita Sejarah

Yang ke-3 yaitu conton teks cerita sejarah singkat tentang bencana alam beserta struktur dan sesuai berdasarkan 5W1H

 Gempa bumi dengan kekuatan 7,8 skala richter telah mengguncang Provinsi Balukistan, (Pakistan). Gempa yang terjadi sekitar 24 september 2013 silam memiliki pusat gempa dengan kedalaman sekitar 23 kilometer dan telah menelan setidaknya 500 lebih korban jiwa, 842 korban luka, dan menyebabkan ribuan bangunan mengalami kerusakan cukup parah. Bahkan gempa ini juga sempat dirasakan oleh warga daerah kzuhdar, karachi, dan gwadar yang notabennya berjarak ratusan kilometer dari pusat terjadinya gempa.

Bahkan saking dasyatnya gempa ini hingga dapat dirasakan sampai ke new delhi, india. Dilaporkan bahwa sebuah pulau baru muncul beberapa jam setelah terjadinya gempa di pesisir gwadar pakistan. Diduga pulau itu dapat terbentuk dari kumpulan lapisan tanah pada kawah lumpur dengan tinggi 19 meter, panjang 35 meter dan lebar sekitar 80 meter. Tidak lama setelah terjadinya gempa, tepatnya lima hari setelahnya provinsi ini kembali dilanda gempa dengan kekuatan 6,7 skala richter.

Pusat gempa kali ini berasal dari 96 kiloeter di timur laut awaran dan memiliki kedalaman sekitar 14 kilometer. Korban jiwa yang tercatat dalam bencana ini mencapai 23 orang, tidak hanya itu gempa kedua kali ini juga menyebabkan belasan ribu rumah dan bangunan luluh lantah. Berbagai evakuasi telah dilakukan, namun tetap saja terkendala oleh rusak dan kurangnya infrastruktur yang ada. ditambah lokasi korban saling berjauhan antara kota satu dan kota yang lainnya. Tim penyelamat dan evakuasi juga harus mempertaruhkan nyawa dengan berhadapan dengan kelompok separatis di daerah tersebut.

4. Contoh Teks Cerita Sejarah

Terakhir adalah contoh teks cerita sejarah singkat bahasa indonesia dengan strukturnya berdasarkan 5W1H
Sejarah Bahasa Indonesia

          Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.
Pada awal abad ke-20 perpecahan dalam bentuk baku tulisan bahasa Melayu mulai terlihat. Pada tahun 1901, Indonesia (sebagai Hindia-Belanda) mengadopsi ejaan Van Ophuijsen dan pada tahun 1904 Persekutuan Tanah Melayu (kelak menjadi bagian dari Malaysia) di bawah Inggris mengadopsi ejaan Wilkinson. Ejaan Van Ophuysen diawali dari penyusunan Kitab Logat Melayu (dimulai tahun 1896) van Ophuijsen, dibantu oleh Nawawi Soetan Ma’moer dan Moehammad Taib Soetan Ibrahim.

         Intervensi pemerintah semakin kuat dengan dibentuknya Commissie voor de Volkslectuur ("Komisi Bacaan Rakyat" - KBR) pada tahun 1908. Kelak lembaga ini menjadi Balai Poestaka. Pada tahun 1910 komisi ini, di bawah pimpinan D.A. Rinkes, melancarkan program Taman Poestaka dengan membentuk perpustakaan kecil di berbagai sekolah pribumi dan beberapa instansi milik pemerintah. Perkembangan program ini sangat pesat, dalam dua tahun telah terbentuk sekitar 700 perpustakaan.

            Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai "bahasa persatuan bangsa" pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional atas usulan Muhammad Yamin, seorang politikus, sastrawan, dan ahli sejarah. Dalam pidatonya pada Kongres Nasional kedua di Jakarta, Yamin mengatakan, "Jika mengacu pada masa depan bahasa-bahasa yang ada di Indonesia dan kesusastraannya, hanya ada dua bahasa yang bisa diharapkan menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Jawa dan Melayu. Tapi dari dua bahasa itu, bahasa Melayulah yang lambat laun akan menjadi bahasa pergaulan atau bahasa persatuan."

       Selanjutnya perkembangan bahasa dan kesusastraan Indonesia banyak dipengaruhi oleh sastrawan Minangkabau, seperti Marah Rusli, Abdul Muis, Nur Sutan Iskandar, Sutan Takdir Alisyahbana, Hamka, Roestam Effendi, Idrus, dan Chairil Anwar. Sastrawan tersebut banyak mengisi dan menambah perbendaharaan kata, sintaksis, maupun morfologi bahasa Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×