7 CONTOH TEKS PIDATO SINGKAT 2017 (tentang Perpisahan, Pendidikan, Agama, Lingkungan hidup, Narkoba, Kesehatan dan Pergaulan bebas) beserta strukturnya

Kali ini kita akan membahas mengenai pidato, pidato adalah salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMA/SMK kurikulum 2013, disini kita akan membahas tentang 7 contoh naskah atau teks pidato bahasa indonesia singkat tentang Perpisahan, Pendidikan, Agama, Lingkungan hidup, Narkoba, Kesehatan dan Pergaulan bebas beserta strukturnya. semoga dapat membantu

Pidato

Kali ini kita akan membahas mengenai pidato, pidato adalah salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMA/SMK kurikulum 2013, disini kita akan membahas tentang 7 contoh naskah atau teks pidato bahasa indonesia singkat tentang Perpisahan, Pendidikan, Agama, Lingkungan hidup, Narkoba, Kesehatan dan Pergaulan bebas beserta strukturnya

Contoh Teks Pidao Singkat

Dalam artikel yang lalu kita sudah membahas mengenai pengertian, tujuan, ciri struktur dan lainnya mengenai pidato secara lengkap, namun berikut ini merupakan 7 contoh naskah / teks pidato singkat bahasa indonesia tentang Perpisahan sekolah, Pendidikan, Agama, Lingkungan hidup, Narkoba, Kesehatan dan Pergaulan bebas. antara lain:

Contoh 1

yang pertama yaitu contoh teks pidato singkat tentang perpisahan sekolah beserta strukturnya

Pembukaan Pidato Perpisahan Sekolah :

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Isi pidato perpisahan sekolah : 

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangatlah berarti dan akan terus kami kenang.
Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan telaten membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Penutup Pidato Perpisahan Sekolah :
 
Di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Contoh 2

Contoh kedua yaitu contoh teks / naskah pidato singkat tentang pendidikan yang berjudul "pentingnya pendidikan bagi anak"

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ الِ الرّحْمَنِ الرّحِيْمِ اَلَمْدُ لِلّهِ رَبّ الْعَالَمِيْنَ
وَالصّلَ ةُ وَالسّلَمُ عَلَى اَشْرَفِ اْلَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ
 وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، اَمّابَعْدُ

Pertama-tama marilah kita sama-sama memanjatkan puji dan syukur kepada
Allah SWT, dimana pada hari ini kita semua masih diberi berbagai kenikmatan, yang
sama sekali tidak bisa kita hitung, berapa kenikmatan yang Allah berikan kepada kita.
Shalawat dan salam semoga senantiasa tetap tercurahkan kepada Baginda Nabi besar
kita Muhammad SAW.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati.
Rekan-rekan seperjuangan yang saya banggakan, dalam kesempatan yang baik
ini perkenankan saya untuk belajar berpidato dengan mengambil tema :

P E N D I D I K A N

Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati…..
Pendidikan adalah merupakan suatu kewajaran bagi kita semua baik itu
pendidikan jasmani, rohani, formal maupun nonformal, di sekolah ataupun di luar
sekolah.

Di jaman yang serba modern ini kita dituntut untuk terus berpacu menggali ilmu
pengetahuan, kalau kita lengah sedikit saja kita akan tertinggal jauh oleh teman-teman
kita yang terus berpacu menggali ilmu pengetahuan.

Rekan-rekan seperjuangan yang dimuliakan oleh Allah, kita semua telah sadar dan menyadari betapa pentingnya pendidikan, semenjak kita duduk di bangku sekolah dari TK, SD sampai sekarang kita akan meninggalkan bangku sekolah MTsN ini, banyak sekali ilmu yang kita dapatkan baik itu ilmu pengetahuan umum maupun ilmu agama, dari yang tidak tau kita bisa tahu, dari yang tidak mengerti kita bisa mengerti. Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini perkenankan saya untuk menyampaikan ucapan rasa syukur kehadirat Allah SWT. Dan ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepada Bapak dan Ibu Guru dimana beliau tidak ada bosan-bosannya untuk terus menerus mengingatkan kepada kita untuk rajin belajar dan belajar. Dengan dorongan itu Alhamdulillah kini kita memetik hasilnya.

Dengan selalu memohon ampun dan ridho-Nya semoga apa yang kita cita-citakan
Allah SWT mengabulkannya. Amin ya Rabal Alamin.

Kiranya hanya itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini
mohon maaf atas segala kehilafan dan kekurangannya.

Wabillahitaufik Walhidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh 3

Berikutnya yaitu contoh teks pidato singkat tentang agama yang berjudul  "kemuliaan wanita"

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ؛

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ilahi Rabbi, atas karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul dalam rangka thalabulilmi, mencari ilmu. Serta kita bisa bersilaturahim, bertatap muka di majlis yang mulia ini dalam kadaan aman fi amanillah, sehat wal afiat. Mudah-mudaham setiap derap langkah bisa membuahkan pahala bagi kita semua, bisa menjadi penghapus dosa dan pengangkat derajat di hadapan Allah Swt.

Taklupa semoga shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw., kepada keluarganya, sahabatnya, para tabi’in, tabiut tabiahum, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman yang menjadikannya sebagai uswatun hasanah, suri tauladan yang baik.

Bapak, Ibu yang dirahmati Allah, Sesungguhnya agama Islam sangat memuliakan dan mengagungkan kedudukan kaum perempuan, dengan menyamakan mereka dengan kaum laki-laki dalam mayoritas hukum-hukum syariat, dalam kewajiban bertauhid kepada Allah, menyempurnakan keimanan, dalam pahala dan siksaan, serta keumuman anjuran dan larangan dalam Islam.

Allah Ta’ala berfirman,
{وَمَنْ يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلا يُظْلَمُونَ نَقِيرًا}

“Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan sedang dia orang yang beriman, maka mereka itu akan masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun” (QS an-Nisaa’:124).

Dalam ayat lain Allah Ta’ala berfirman,

{مَنْ عَمِلَ صَالِحاً مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ}

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (di dunia), dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka (di akhirat) dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (QS an-Nahl:97). [Lihat keterangan syaikh Bakr Abu Zaid dalam kitab “Hiraasatul fadhiilah” (hal. 17)].

Sebagaimana Islam juga sangat memperhatikan hak-hak kaum perempuan, dan mensyariatkan hukum-hukum yang agung untuk menjaga dan melindungi mereka.[Lihat kitab “al-Mar’ah, baina takriimil Islam wa da’aawat tahriir” (hal. 6)].

Syaikh Shaleh al-Fauzan berkata, “Wanita muslimah memiliki kedudukan (yang agung) dalam Islam, sehingga disandarkan kepadanya banyak tugas (yang mulia dalam Islam). Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  selalu menyampaikan nasehat-nasehat yang khusus bagi kaum wanita, bahkan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan wasiat khusus tentang wanita dalam kutbah beliau di Arafah (ketika haji wada’). [Dalam HR. Muslim (no. 1218)]. Ini semua menunjukkan wajibnya memberikan perhatian kepada kaum wanita di setiap waktu…[ Kitab “at-Tanbiihaat ‘ala ahkaamin takhtashshu bil mu’minaat” (hal. 5)].

Tugas dan peran penting wanita.

Agungnya tugas dan peran wanita ini terlihat jelas pada kedudukannya sebagai pendidik pertama dan utama generasi muda Islam, yang dengan memberikan bimbingan yang baik bagi mereka, berarti telah mengusahakan perbaikan besar bagi masyarakat dan umat Islam.

Syaikh Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin berkata, “Sesungguhnya kaum wanita memiliki peran yang agung dan penting dalam upaya memperbaiki (kondisi) masyarakat, hal ini dikarenakan (upaya) memperbaiki (kondisi) masyarakat itu ditempuh dari dua sisi:

– Yang pertama: perbaikan (kondisi) di luar (rumah), yang dilakukan di pasar, mesjid dan tempat-tempat lainnya di luar (rumah). Yang perbaikan ini didominasi oleh kaum laki-laki, karena merekalah orang-orang yang beraktifitas di luar (rumah).

– Yang kedua: perbaikan di balik dinding (di dalam rumah), yang ini dilakukan di dalam rumah. Tugas (mulia) ini umumnya disandarkan kepada kaum wanita, karena merekalah pemimpin/pendidik di dalam rumah, sebagaimana firman Allah Ta’ala kepada istri-istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

{وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى، وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآَتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ، إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا}

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu, dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu, dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait, dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya” (QS al-Ahzaab:33).

Oleh karena itu, tidak salah jika sekiranya kita mengatakan: bahwa sesungguhnya kebaikan separuh atau bahkan lebih dari (jumlah) masyarakat disandarkan kepada kaum wanita.

Demikianlah pidato agama islam yang singkat ini. Semoga ceramah agama Islam tentang kemuliaan wanita ini bermanfaat, dan jika ada kesalahan, maka hal itu karena khilaf dan kebodohan ilmu saya. Mohon maaf atas segala kekurangannya.

Bilahit taufiq wal hidayah. wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuhu.

Contoh 4

Berikutnya adalah contoh teks pidato singkat tentang lingkungan hidup beserta struktur kalimatnya

Pembukaan Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah :

Assalamu'alaikum Wr. Wb,

    Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita dapat berkumpul pada acara hari ini. Ucapan terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada rekan rekan guru dan anak-anak ku tercinta siswa siswi di lingkungan sekolah tercinta kita ini.

Isi Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah :

Hadirin yang saya cintai, lingkungan di sekitar kita seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak lagi nyaman.  Apalagi sekolah ini yang menjadi tempat setiap hari kita singgahi untuk menuntut ilmu.

Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan akan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Setiap siswa yang memiliki jadwal piket, sudah sepatutnya mereka selalu datang lebih awal sehingga ketika pelajaran pertama sudah dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati.

Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Disediakannya tong sampah pasti selalu beralasan yaitu agar kita selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga sekolah kita tidak seperti lapangan sepakbola yang habis digunakan sebagai konser, ada banyak sampah yang tak sedap dipandang mata.

Akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah bagian dari Iman, meski kontek ajaran tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Penutup Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah :

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh 5

yang kelima adalah contoh teks pidato singkat tentang narkoba "bahayanya narkoba"

Assalamu'alaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha dan Tamu undangan yang telah hadir
Serta teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

Shalawat dan salam kita sanjungkan ke haribaan junjungan besar kita, nabi agung, nabi mulia, nabi Muhammad Saw. Dialah sebagai seorang pendobrak dekadensi moral manusia. Melalui jerih payah, pengorbanan, dan perjuangan beliaulah, kita dapat terbebas dari kekufuran, kejahiliyahan dan kehinaan. Demikian halnya, semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan untuk keluarganya, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum diIndonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesiadan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itutentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahanperilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitasdan tindak kekerasan lainnya.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikutikegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudahterpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanyalebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat daripenyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalamperencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-cirisiswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar,melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-programdisekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu sajamengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibaratsepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksisekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosisyang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga.

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba.Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata,saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Contoh 6

Terakhir yaitu mengenai contoh teks pidato singkat tentang kesehatan

 Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala SMP …..
Yang saya hormati ibu dan bapak guru
Dan tentunya yang saya cintai teman-teman semua

Segala puji bagi sang pencipta seluruh jagat raya, Allah SWT yang telah memberikan kita nafas kehidupan sehingga kita bisa menjalani berbagai aktivitas hingga saat ini. Shalawat beserta salam selalu kita sanjungkan kepada nabi besar kita, nabi akhir zaman, nabi yang membawa perubahan besar untuk seluruh umat manusia, nabi Muhammad SAW yang selalu dan selalu kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir.

Pada kesempatan yang amat baik ini, izinkan saya menyampaikan pidato mengenai “kebersihan lingkungan”.
Bapak/ibu guru yang saya cintai dan teman-teman yang saya banggakan.

“Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Slogan ini menurut saya sudah cukup menjelaskan kepada kita semua betapa pentingnya kebersihan, terutama kebersihan dilingkungan yang menjadi tempat tinggal kita saat ini. Namun sayang, dewasa ini lingkungan kita banyak tercemar. Dengan masyarakat yang mempunyai kebiasaan membuang sampah sembarangan, serta limbah-limbah pabrik yang dibuang disungai.

Hal ini berdampak besar bagi kesehatan lingkungan kita, tidak hanya manusia yang merasakan akibatnya. Namun, seluruh makhluk hidup yang tinggal didaerah tercemar. Hal lain yang jelas menjadi contoh nyata akan pengabaian kita terhadap kesehatan lingkungan adalah banjir.
Banjir yang kini rutin datang setiap tahunnya adalah contoh besar jika kita sangat mengabaikan kebersihan dan kesehatan lingkungan, penebangan pohon-pohon secara liar juga menambah daftar panjang masalah tentang lingkungan.

Mari kita kembali merenungkan, apakah kita termasuk kepada orang-orang yang mencemari lingkungan ataukah bekerja secara maksimal untuk menjaga kebersihan lingkungan ?

Jika selama ini kita selalu menyalahkan pemerintah yang dinilai lamban atau malah gagal mencari jalan keluar atas pencemaran lingkungan yang terjadi, tidakkah kita sudah melakukan sesuatu hal untuk berusaha mengurangi perncemaran lingkungan?

Kawan-kawanku dan bapak, ibu guru semua..
Sudah saatnya, kita sebagai bagian dari masyarakat tempat kita tinggal untuk turut campur mengurangi pencemaran. Dimulai dari diri kita sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam setidaknya satu pohon setiap satu bulannya, dan menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi polusi.

Dengan melakukan hal-hal kecil seperti ini diharapkan kita mampu menjadi contoh kepada teman-teman lainnya sehingga teman-teman tergerak hatinya untuk ikut serta memperbaiki lingkungan kita ini. Pesan terakhir yang ingin saya sampaikan adalah bahwa lingkungan adalah tempat pertama dan terakhir kita tinggal, jika lingkungan kita tercemar maka tak ada tempat yang lebih nyaman lagi untuk kita bernaung.

Sekian pidato saya, mohon maaf apabila kurang berkenan.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh 7

Terakhir yaitu contoh teks pidato singkat tentang pergaulan remaja dan pergaulan bebas

 Assalamualaikum wr. wb
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Kepada yang terhormat, Bapak Wahyu Kurniawan, M. pd selaku kepala SMAN 1 Tanjung Timur
Yang terhormat Ibu Wakil Kepala SMAN 1 Tanjung Timur, Yuliana, S. Pd
yang terhomat bapak dan ibu guru beserta seluruh staff SMAN 1 Tanjung Timur
Serta siswa-siswi SMAN 1 Tanjung Timur yang berbahagia

Marilah kita panjatkan rasa puji dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT karena atas berkah rahmat, dan hidayahnya kita masih bisa berkumpul dalam ruangan ini dalam keadaan yang sehat. Shalawat serta salam selalu kita sanjungkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita keluar dari jaman Jahiliyah ke jaman yang indah ini. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir nanti, Aminnn..

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul maraknya pergaulan bebas di masyarakat.

Hadirin yang berbahagia,

Kehidupan remaja saat ini sungguh sangat memprihatinkan. Mereka telah terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Selain itu, pergaulan mereka saat ini sudah tidak ada batasannya lagi. Narkoba, minuman keras, seks bebas, dan masih banyak lagi perbuatan lainnya telah menjadi bagian dalam hidup mereka.

Hal tersebut bukanlah omongan belaka, tetapi merupakan sebuah fakta. Hal ini bisa dilihat dari data yang dikeluarkan oleh pihak BNN bahwa sebagian besar pemakai narkoba berasal dari para remaja. Bahkan sebuah fakta yang lebih mengejutkan mengatakan bahwa hampir 50 persen para remaja wanita di kota-kota besar sudah pernah melakukan seks bebas.

Melihat data dan fakta di atas sungguh sangat miris bukan? Ke manakah para remaja yang seharusnya menjadi agent of change, kemanakah para remaja yang seharusnya berprestasi. Padahal mereka itu adalah para penerus-penerus bangsa. Apa jadinya jika para penerus bangsa ini hancur, pastinya bangsa ini pun akan ikut hancur pula.

Hadirin yang berbahagia,

Banyak sekali faktor yang membuat mereka terjerumus ke dalam pergaulan bebas, diantaranya adalah Kurangnya perhatian orang tua kepada anak-anaknya. Mereka yang kurang perhatian itu berusaha mencari perhatian di luar keluarga dan akibatnya mereka terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak sehat.

Selanjutnya adalah lingkungan yang rusak. Ada pepatah mengatakan bahwa lingkungan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik dan sebaliknya. Lingkungan yang buruk inilah yang mengakibatkan banyaknya remaja terjerumus ke dalam pergaulan bebas ini.

Hadirin yang berbahagia,

Untuk itulah mari kita menghindari dan mencegah pergaulan bebas ini. Ada beberapa cara yang dapat dilakuakan, diantaranya adalah membentengi diri kita dengan iman dan taqwa. Jika kita selalu mengingat tuhan, maka kita tidak mungkin akan terpengaruh oleh perbuatan itu karena kita mengetahui bahwa perbuatan itu merupakan dosa yang sangat besar. Yang kedua adalah mari kita membantu remaja-remaja yang telah terjerumus ke dalam pergaulan bebas dengan cara menyadarkan mereka.

Selanjutnya adalah marilah kita menciptakan lingkungan yang baik dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang positive dan mengikutsertakan para remaja, sehingga akan mencipatakan remaja yang berprestasi.

Jika kita melakukan itu semua, tentunya para remaja tidak akan terlibat dalam pergaulan bebas. Oleh karena itulah mari kita bersungguh-sungguh untuk menjauhinya dan membantu teman-teman yang telah terjerumus ke dalam pergaulan bebas ini. Apabila kita berani bertindak maka kita semua bisa terhindar dari pergaulan bebas.

Hadirin yang berbahagia

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini bisa menjadi pelajaran bagi kita. Saya mengucapkan terimakasih atas perhatiannya dan juga memohon maaf apabila terdapat kesalahan-kesalahan selama menyampaikan pidato ini.

Akhir kata
Wabilhitaufik walhidayah wassalamualaikum wr wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×