7 CONTOH TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SEDERHANA(tentang Pendidikan, cara membuat ktp, paspor, sim, makanan, mengerjakan sesuatu)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia mengenai teks prosedur kompleks, adapun disini kita akan membahas tentang pengertian, tujuan ciri ciri teks prosedur kompleks dan 7 contoh teks prosedur kompleks sederhana / singkat tentang pendidikan, membuat e-ktp, membuat / mengurus sim, membuat paspor, dan membuat makanan donat dan bolu pandan. semoga dapat membantu.

Teks Prosedur Kompleks
Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia mengenai teks prosedur kompleks, adapun disini kita akan membahas tentang pengertian, tujuan ciri ciri teks prosedur kompleks dan 7 contoh teks prosedur kompleks sederhana / singkat tentang pendidikan, membuat e-ktp, membuat / mengurus sim, membuat paspor, dan membuat makanan donat dan bolu pandan.

Pengertin

Pengertian Teks Prosedur kompleks adalah jenis teks yang menunjukkan atau menjelaskan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu yang dikerjakan melalu tahapan-tahapan yang sistematis atau teratur.
Teks prosedur kompleks bertujuan untuk menjelaskan atau menunjukkan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut atau sistematis.

Ciri-ciri teks prosedur kompleks secara umum adalah langkah-langkah, disusun secara informatif, dijelaskan secara rinci, bersifat objektif, bersifat universal, langkah berkelanjutan dengan penjelasan, menggunakan syarat/pilihan, bersifat logis, bersifat aktual dan akurat.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Setelah kita memahami dan mengetahui apa itu pengertian teks prosedur kompleks, berikut ini adalah 7 contoh teks prosedur kompleks singkat atau sederhana tentang pendidikan, cara membuat e-ktp, passpor, sim dan cara membuat makanan / membuat sesuatu.

Contoh tentang pendidikan

Contoh pertama yaitu contoh teks prosedur kompleks singkat tentang pendidikan

Pendidikan adalah lapis kehidupan yang sangat penting dari pondasi diri sampai karakter individualnya. Karena Pendidikan sebagai modal dan menjadi ukur kemajuan bangsa. Kalau berbicara tentang dunia pendidikan pastinya akan tertuju kepada pelajar, pelajarlah yang menentukan arah dan kemajuan bangsa ini.

            Sekarang di negara tercinta ini yaitu Indonesia dalam dunia pendidikannya mengalami keterpurukan. Selain karena sistem dari pendidikan itu sendiri yang rusak dan amburadul, keterpurukan dalam pendidikan juga dipengaruhi sikap pelajar yang melanggar norma agama bahkan aturan negara pun dilanggar, pastinya teman-teman sudah mengerti diantaranya, seperti merokok, tawuran, memakai narkoba bahkan seks bebas, dan sebagainya.

            Untuk memperbaiki dunia pendidikan, diperlukannya sebuah sistem pendidikan berkarakter sehingga pelajar dapat memiliki karakter yang baik terutama akhlak dari para pelajar itu sendiri. Untuk menjadikan pelajar yang mempunyai akhlak baik dan menjadi pelajar berkarakter, haruslah mengikuti langkah langkah berikut :
1.    Hindarilah untuk berlaku curang
2.    Budayakan agar para pelajar memiliki adab dan juga sopan santun yang baik
3.    Diskusikanlah pelajaran dengan teman bila perlu
4.    Biasakanlah bertanya kepada guru jika belum paham
5.    Biasakan berperilaku jujur
Bersikap tertib

Contoh cara membuat sesuatu

Berikutnya adalah contoh teks prosedur kompleks tentang membuat sesuatu, membuat sim C, membuat paspor, membuat ktp dan membuat makana,

Cara Membuat E-KTP

Pengertian dari e-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidupNomor NIK yang ada di e-KTP nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya (Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk).
Selain tujuan yang hendak dicapai, manfaat dari adanya e-KTP atau KTP Elektronik diharapkan dapat dirasakan sebagai berikut:
1. Identitas jati diri tunggal
2. Tidak dapat dipalsukan
3. Tidak dapat digandakan
4. Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu atau pilkada
Fungsi dan kegunaan e-KTP adalah :

1. Sebagai identitas jati diri
2. Berlaku Nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening Bank, dan sebagainya;
3. Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP; Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan

E-KTP dilindungi dengan keamanan pencetakan seperti relief text, microtext, filter image, invisible ink dan warna yang berpendar di bawah sinar ultra violet serta anti copy design.
Untuk perekaman Pas Photo, Tanda Tangan, Sidik Jari dan Scan Retina Mata pembuatan e-KTP diperlukan Syarat dan Proses Pembuatan e-KTP sebagai Berikut :
Syarat pengurusan :
+Berusia 17 tahun atau lebih atau telah kawin.
+Menunjukan surat pengantar dari Kepala Desa.
+Mengisi formulir F.1.
+Foto Kopi KK.
+Asli KTP Lama

Proses pembuatan E-KTP :
-Pertama-tama,Penduduk datang ketempat pelayanan dengan membawa surat panggilan dan persyaratan di atas. Lalu Pemohon mengambil nomor antrian,setelah itu Pemohon menunggu pemanggilan nomor antrian.Ketika nomor antrian Pemohon dipanggil, Pemohon menuju ke loket yang telah ditentukan.
-Selanjutnya, Petugas melakukan verifikasi data penduduk dan database dan Petugas akan mengambil foto pemohon secara langsung.Setelah itu Pemohon membubuhkan tanda tangan pada alat perekam tanda tangan.Lalu Petugas akan merekam sidik jari dan scan retina mata.
-Selanjutnya, Petugas akan membubuhkan tandatangan dan stempel pada surat panggilan yang sekaligus sebagai bukti bahwa penduduk telah melakukan perekaman foto,tanda tangan dan sidik jari.Setelah itu Pemohon dipersilahkan pulang untuk menunggu hasil.

Catatan :
1.Tidak boleh diwakilkan.
2.Jika nomor antrian telah dipanggil tetapi yang bersangkutan tidak ditempat, maka akan dipanggil pada akhir nomor antrian sesuai dengan urutan nomor antrian atau mengganti nomor antri baru dengan menyerahkan nomor yang lama.

Cara Membuat Paspor

 Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Bagaimana cara mengurus Paspor? Berikut ini adalah cara mengurus paspor dengan baik dan benar.

1. Pertama datang ke kantor imigrasi. Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau datang ke kantor imigrasi terdekat
2. Kemudian Anda beli formulir permohonan, formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang Anda miliki dan bawalah dokumen yang asli
3. Selanjutnya serahkan formulir permohonan tadi ke loket pendaftaran
4. Setelah itu ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari
5. Apabila Anda sudah berfoto dan mengambil sidik jari, maka Anda sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli
6. Setelah tahap wawancara telah usai, langkah berikutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai
7. Pada saat tanggal yang telah ditentukan sebelumnya, kita dapat datang lagi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu paspor baru Anda sudah selesai dan bisa diambil.

Cara Mengurus SIM

1. Pernahkah Anda mengurus surat izin mengemudi (SIM), misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar. Tulisan ini akan bermanfaat bagi para pengendara sepeda motor yang belum mempunyai SIM C. Manfaat yang diperoleh adalah bagaimana menghemat biaya dan waktu, bagaimana bisa memastikan diri lulus ujian SIM C, dan bagaimana menjawab soal ujian SIM C dengan benar. Tulisan ini juga dimaksudkan agar Anda mampu mengurus SIM sampai selesai dalam satu hari. 

2. Syarat Administrasi. Berikut adalah dua syarat yang penting untuk disiapkan. (1) Fotokopi KTP 1 lembar. Penting juga Anda biasakan untuk selalu menyiapkan fotokopi KTP di dompet. (2) Uang Biaya total per April 2012 adalah Rp120.000,00 (yang diperinci menjadi Rp20.000,00 untuk cek kesehatan dan Rp100.000,00 untuk biaya pembuatan SIM).Biaya lainnya tidak ada, tetapi hendaknya Anda membawa uang lebih (misalnya Rp150.000,00 untuk berbagai hal yang bersifat pribadi). Uang sejumlah itu sudah cukup berdasarkan pengalaman untuk hari tersebut. Anda yang berada di daerah lain bisa jadi uang yang diperlukan lebih kecil atau lebih besar. Silakan bertanya terlebih dahulu ke polres setempat atau mencari informasi.(3) Syarat Pribadi Berikut ini beberapa syarat pribadi yang harus dipenuhi. (a) Berumur minimal 17 tahun Yang belum berumur 17 tahun jangan berharap dapat mengajukan permohonan SIM. (b) Terampil mengendarai sepeda motor Polisi penguji menyatakan bahwa orang yang pengalaman mengendarai sepeda motor kurang dari satu tahun sering gagal dalam ujian. Bahkan, ada peserta ujian yang menabrak pagar waktu menempuh ujian. (c) Sehat, jernih, dan tenang Anda datang ke tempat ujian dengan badan yang sehat, pikiran yang jernih, dan hati yang tenang. (d) Jangan merasa hebat Walaupun sudah bertahun-tahun mengendarai sepeda motor, bahkan banyak tempat sudah dijelajahi, belum tentu Anda lulus tes pada hari itu juga. (e) Harus tahu diri Belum tentu Anda lulus pada hari itu apabila Anda datang ke tempat ujian SIM C tanpa persiapan yang cukup. Tahu diri itu penting karena Anda harus menempuh ujian praktik dan ujian teori. Bahkan, di beberapa daerah diterapkan uji jalan raya dengan kendaraan masing-masing.

3. Sama halnya di instansi lain, ketika seseorang akan membuat surat, seperti SIM C, ia pasti harus menempuh prosedur atau urutan langkah yang ada. Berikut ini beberapa langkah yang perlu diikuti. (1) Saat Anda memasuki pintu gerbang polres, siapkan KTP asli untuk diserahkan ke polisi jaga. Anda cukup membawa fotokopinya saja. Di polres lain, mungkin tidak diterapkan aturan ini. Silakan ikuti aturan masuk lingkungan polres setempat. (2) Masukkan semua berkas ke dalamnya dan ikuti petunjuk di loket itu. (3) Dari tempat parkir dengan membawa fotokopi KTP, Anda langsung menuju ke pos pemeriksaan kesehatan. Petugas akan memeriksa mata, tensi darah, berat badan, dan tinggi badan. Untuk itu, Anda membayar Rp20.000,00. Setelah itu, Anda akan mendapat surat keterangan kesehatan. (4) Bawalah surat keterangan dan fotokopi KTP ke loket pendaftaran SIM baru. Ikuti antrean. Jika ada tumpukan map satlantas yang tersedia, ambillah satu karena memang disediakan untuk pengurus SIM. (5) Parkirkan motor atau mobil Anda di tempat yang disediakan. Serahkan berkas itu ke petugas yang ada. Dia akan berkata, “Tunggu di tempat ujian praktik”. Di sebagian tempat, polres mendahulukan ujian praktik, kemudian mengikuti ujian teori. Setelah itu, Anda menempuh proses berikutnya.

    Catatan: Urutan tersebut mungkin berbeda di setiap polres. Anda dapat mencari informasi tentang prosedur mengurus SIM baru di polres setempat. Khusus untuk SIM C, di daerah lain pembuat SIM baru harus mengikuti tiga ujian, yaitu ujian praktik, ujian jalan raya, dan ujian tulis.

Cara Membuat Donat Sederhana

Bahan:
•200 cc air mineral
•1/2 kg tepung terigu segitiga biru (disarankan)
•1/2 bungkus ragi instan 11 gram (farmepin)
•4 SDM gula pasir
•3 SDM susu bubuk/ susu kental
•3 SDM mentega
•2 SDT garam
•2 Butir telur

Cara Membuat :

1. Pertama kocok 2 butir telur dengan sendok, kemudian masukan bahan lain, yaitu gula pasir, garam, susu, mentega, tepung terigu, dan lalu campuran tersebut aduk hingga merata
2. Selanjutnya masukkan ragi instan kedalam air, aduk rata dan masukkan kedalam adonan tadi, Uleni sampai kalis (tidak menempel pada tangan) dan diamkan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 20 menit hingga adonan mengembang.
3. Selanjutnya, ambil adonan tersebut 1 sendok makan dan bulatkan, lalu letakkan pada wadah yang telah ditaburi tepung terigu sebelumnya, supaya tidak lengket. Lakukan hal tersebut hingga semuanya habis, selanjutnya diamkan adonan yang sudah dibulatkan tadi selama 20 menit dan tunggu hingga mengembang
4. Kemudian panaskan minyak goreng, lubangi bagian tengah adonan tersebut. lalu goreng dan kecilkan apinya hingga gorengan tampak bewarna kuning kecoklatan. Angkat dan diamkan donat hingga dingin.
5. Selanjutnya setelah itu Anda taburi donat dengan gula halus atau yang lainnya sesuai selera Anda
6. Selamat, Donat sederhana siap dihidangkan.

Cara Membuat Bolu Pandan

Bahan-bahan :
– 100 gram mentega, lelehkan
– 120 gram tepung terigu protein rendah
– 75 gram gula pasir (untuk putih telur)
– 50 gram gula pasir, yang butirannya lembut (untuk kuning telur)
– 30 ml air daun suji
– 5 kuning telur
– 5 putih telur
– 1/2 sendok teh cream of tartar
– 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :

1. Kocok kuning telur dan 50 gram gula pasir hingga kental, kemudian masukkan tepung terigu sambil di ayak, setelah itu tambahkan mentega yang telah di lelehkan dan air daun suji, lalu aduk hingga rata.
2. Kocok putih telur, cream of tartar dan garam hingga setengah mengembang, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di kocok hingga mengembang.
3. Tuang adonan putih telur ke dalam adonan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk secara perlahan-lahan.
4. Tuang adonan tersebut ke dalam loyang, lalu kukus selama 50 menit hingga air mendidih, kemudian angkat dan dinginkan.
5. Potong-potong sesuai selera, dan bolu pandan siap untuk dihidangkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×