7 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat (tentang Budaya Indonesia, Pendidikan, Fenomena alam dan Internet) beserta struktur dan unsurnya

Kali ini kita akan membahas ebuah materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMA/SMK yaitu tentang teks tanggapan ktiris, adapun disini kita hanya membahas tentang 7 contoh teks tanggapan kritis singkat terbaru 2017 tentang budaya, pendidikan, fenomena alam dan internet beserta unsurnya dan trukturnya. Semoga dapat membantu
Kali ini kita akan membahas ebuah materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMA/SMK yaitu tentang teks tanggapan ktiris, adapun disini kita hanya membahas tentang 7 contoh teks tanggapan kritis singkat terbaru 2017 tentang budaya, pendidikan, fenomena alam dan internet beserta unsurnya dan trukturnya.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Sebagai mana yang telah kita singgung diawal, berikut ini adalah contoh contoh teks tanggapan kritis singkat / pendek tentang budaya k-pop beserta strukturnya, tentang pendidikan, tentang fenomena alam dan internet :

Contoh 1

Contoh yang pertama yaitu contoh teks tanggapan kritis tentang budaya k-pop beserta strukturnya

Evaluasi
Kegandrungan akan musik K-pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai Negara, termasuk Indonesia. Jika dalam beberapa waktu lalu musik Jepang bangkit dengan grup musiknya masing-masing, Korea bangkit dengan kekuatan grup vokal, baik boyband maupun gilrband. Biasanya musik Korea mengusung musik dance, beraliran hip-hop, serta unsur koreografi dan kostum yang menarik. Hal ini tentu membawa dampak yang cukup besar bagi para remaja di Indonesia.

Deskripsi
Fenomena K-pop yang masuk ke Indonesia mulai digandrungi oleh masyarakat terutama kalangan remaja. Melihat antusiasme remaja terhadap budaya korea ini, media memanfaatkannya dengan cara menayangkan hal yang berhubungan dengan korea seperti drama, film, dan musik pop (K-pop) yang ditayangkan.

Siapa yang tidak mengenal Super Junior, SNSD, EXO, VIXX, 2Ne1, BTS dan SHINee? Kehadiran K-pop merajai dunia musik di Indonesia, terutama di kalangan remaja. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa ketertarikan ini menyebabkan remaja lebih tertarik dengan musik Korea dari pada musik asli Indonesia sendiri.

Indonesia juga memiliki musik yang tidak kalah kerennya dengan K-pop. Seperti musik keroncong, dangdut, kasidah, dan masih banyak yang lainnya. Kita seharusnya bangga dengan musik kita sendiri, dan tidak menggandrungi musik dari negara lain. Bukan berarti tidak boleh menyukai musik negara lain, Akan tetapi alangkah baiknya jika kita mencintai dan menghargai musik dari negeri sendiri.

Saat ada Super Junior Show 4 di Indonesia, SMTown goes to Jakarta, Music Bank, TLP INA, banyak remaja yang masih berstatus pelajar yang rela membuang banyak uang dan waktu belajarnya untuk menonton artis idola mereka. Beberapa orang menganggap kalau musik K-pop membawa pengaruh buruk bagi generasi muda Indonesia. Mereka mengatakan kalau musik K-pop bisa mengganggu konsentrasi belajar bagi remaja yang masih berstatus pelajar.

Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, tidak selalu musik manca negara yang masuk ke Indonesia hanya memiliki sisi negatif saja. Salah satu sisi positif masuknya K-pop adalah bertambahnya pengetahuan mereka tentang budaya dan bahasa Korea. Dengan adanya minat yang luar biasa hebatnya, mendorong sebagian remaja penikmat musik K-pop tersebut berusaha untuk mempelajari segala hal yang berhubungan dengan K-pop dan negara asalnya.

Ketika kita menyukai sesuatu, hendaknya mengambil sisi positifnya saja. Sama seperti halnya K-pop, ambil sisi positifnya untuk motivasi dalam belajar. Misalnya, kerja keras mereka untuk dapat tampil kompak dapat dijadikan motivasi untuk menggapai cita-cita.

Penegasan Ulang
Dengan demikian, kehadiran K-pop membawa dampak yang cukup besar bagi remaja di Indonesia. Akan tetapi, kehadiran K-pop jangan sampai kita lupa dengan musik yang kita miliki. Sebagai anak bangsa, kita perlu menjaga dan melestarikan musik kita agar tidak tersisih atau bahkan hilang karena perkembangan musik dari negeri lain.

Contoh 2

Contoh yang kedua yaitu contoh teks tanggapan kritis tentang pendidikan singkat beserta struktur / unsurnya

UN Perlu atau Tidak?
Evaluasi
Wacana ujian nasional online sudah diberikan ke masyarakat sejak awal tahun 2014, tetapi kepastian akan hal tersebut masih belum jelas. Pemerintah telah mencanangkan ujian nasional online.

Tetapi Pelaksanaan ujian nasional online harus melewati proses penyesuaian dan menuntut kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah.
Deskripsi Teks
Disampaikan bahwa proses Ujian Nasional Online akan diselenggarakan di laboratorium komputer sekolah dan jawabannya akan dikumpulkan oleh sebuah server melalui internet. Sekolah yang terpilih akan mendapatkan kesempatan uji coba ujian nasional online pada tahun 2015.

Salah satu tujuan ujian nasional online diadakan yaitu mengatasi pemborosan penggunaan kertas, keamanan, dan kebocoran soal.

Sisi positifnya yaitu komputer bisa mengetahui nilai dengan cepat dan siswa tidak bisa mencontek pekerjaan orang lain.

Sisi negatifnya yaitu jaringan listrik dan koneksi internet bisa saja terputus sewaktu-waktu.

Penegasan Ulang
Sehingga yang bisa diperoleh dari isu diatas bahwa ujian nasional bisa memicu dampak positif maupun negatif. Menurut Yuksinau.com, ujian online itu perlu karena melihat dari sisi positifnya yang cukup menguntungkan, tetapi sayangnya harus adanya fasilitas yang mendukung.

Contoh 3

Contoh ketiga yaitu contoh teks tanggapan kritis singkat tentang fenomena alam "gerhana Mataharibeserta strukturnya

Gerhana matahari
Evaluasi
Berbicara mengenai gerhana matahari, mungkin banyak diantara kita yang bertanya, sebenarnya melihatnya secara langung bisa menyebabkan buta, itu sebuah mitos atau fakta?

Deskripsi
Ketika menanggapi tentang fenomena alam tentunya kita bisa mengetahuinya lewat ilmu sains. Namun sebenarnya gerhana matahari itu?

Gerhana matahari adalah sebuah fenomena dimana posisi bumi, matahari dan bulan sejajar dan berada pada satu garis lurus. Pada saat itu Bulan akan melintas diantara bumi dan matahari, untuk beberapa waktu cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan Bulan.

Ketika fase total itu terjadi bulan menutupi matahari, korona matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi oleh bulan. Lantas apa hubungan fenomena tersebuat dengan kebutaan mata?

Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN, melihat gerhana matahari total secara langsung bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern.
Yang benar ialah cahaya matahari pada saat gerhana maupun dalam kehidupan sehari-hari sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat matahari secara langsung sebab dapat merusak mata, lebih tepatnya pada bagian retina.

Kerusakan pada retina yang dimaksud adalah terjadinya solar retinopathy, suatu penyakit pada mata yang gejalanya muncul titik hitam pada setiap kamu memandang, dan penyakit ini akan sulit untuk disembuhkan.

Penyebabnya bisa jadi ketika fase gerhana Matahari total terjadi, suasana menjadi sangat gelap dan pupil mata membesar mencoba untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin . Tetapi ketika fase total berakhir dan bulan mulai bergeser, cahaya matahari akan terang kembali, perpindahan dari gelap menjadi terang itulah yang sangat berbahaya.

Penegasan Ulang
Melihat dari faktor yang sudah diuraikan tersebut, pertanyaan melihat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern. Faktanya sinar matahari sangat berbahaya jika kita melihatnya secara langsung, baik ketika gerhana atau dalam kehidupan sehari.

Contoh 4

yang berikutnya yaitu contoh teks tanggapan singkat tentang internet "Penggunaan Internet bagi Remaja" beserta strukturnya

Evaluasi
   Internet saat ini merupakan kebutuhan yang bukan lagi menjadi hal asing ditengah kalangan pelajar maupun masyarakat umum. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin ramainya warung internet, penjualan modem beserta paket pembayarannya serta akses melalui smartphone atau ponsel. Berkembangnya internet merupakan suatu kemajuan teknologi yang kini kian semakin pesat. Hal itu membawa dampak pengaruh terhadap kalangna remaja

Deskripsi
   Namun disisi lain terdapat pula beberapa sisi yang harus kita perhatikan agar kita tidak menyalahgunakan internet terutama bagi seorang pelajar. Internet dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari internet. Hal-hal yang dapat mempengaruhi remaja mencakup unsur kekejaman, porno, dan tindakan lain. Internet yang isinya tidak baik untuk remaja bisa merubah pola pikir anak zaman sekarang. Maraknya internet bagi pelajar bisa membuat kecanduan atau tidak lepas dari dunia maya. Oleh karena itu, banyak remaja yang mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi menurun.

   Sementara itu, kelebihan internet adalah pelajar akan mudah mencari informasi yang terkait dengan pelajaran. Akan tetapi, alasan yang disajikan belum tentu diterapkan secara benar. Meskipun begitu, pendapat tesebut mungkin juga benar.Dalam arti, dapat dipertanggungjawabkan dan tidak bermain internet secara berlebihan. Ada beberapa pendapat yang dapat diterima jika digunakan dengan baik dan benar.

   Pendapat pertama, internet dapat digunakan sebagai tempar pengetahuan yang luas. Pendapat kedua yaitu internet bisa menghubungi teman melalui sosial media walaupun berada di tempay yang jauh. Itu sudah dibuktikan melaui banyaknya aplikasi sosial media yang dapat berhubungan jarak jauh secara bertatap muka atau mendengar suaranya saja.

   Secara umum saya setuju bahwa internet membawa dampak positif. Akan tetapi, pendapat tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak negatif yang diterima oleh para remaja jika mereka tidak proporsional. Oleh sebab itu, orang tua diminta untuk mengawasi anaknya.

Penegasan Ulang
Simpulan tulisan itu menunjukkan bahwa sosok yang bertanggung jawab adalah orang tua. Untuk itu, peran orang tua yaitu memberikan bimbingan dan arahan kepada anaknya sebagai pelajar. Jika penggunaan internet secara baik dapat menyalurkan hobi yang positif.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×