Materi DIKSI Lengkap (Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contoh Diksi)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang Diksi, adapun disini kita akan bahas lengkap secara singkat rangkuman tentang apa itu diksi, pengertian diksi, fungsi diksi, jenis jenis diksi (macam macam diksi), manfaat diksi dan contoh diksi dalam puisi dan kalimat. semoga dapat membantu

Diksi

Pengertian Diksi

Pengertian diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti apa yang diharapkan).

Fungsi Diksi

Adapun fungsi diksi dalam sebuah atau pembuatan karya sastra, diksi memiliki fungsi sebagai berikut :
  1. Membuat orang yang membaca atau pun mendengar karya sastra menjadi lebih faham mengenai apa yang ingin disampaikan oleh pengarang.
  2. Membuat komunikasi menjadi lebih efektif.
  3. Membuat komunikasi menjadi lebih efektif.
  4. Membentuk ekspresi atau pun gagasan yang tepat sehingga dapat menyenangkan pendengar atau pun pembacanya.

Jenis/Macam-Macam Diksi

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian diksi dan fungsinya, berikut dibawa ini adalah jenis jenis/macam-macam diksi beserta penjelasannya

Sinonim

Sinonim merupakan pilihan kata yang memiliki persamaan makna. Penggunaan kata sinonim biasanya dimaksudkan untuk membuat apa yang dikatakan / dituliskan menjadi lebih sesuai dengan ekspresi yang ingin diungkapkan. Contohnya : mati (ekspresi pengungkapan yang kasar) dan wafat (ekspresi pengungkapan yang lebih halus)

Antonim

Antonim merupakan pilihan kata yang memiliki makna berlawanan atau pun berbeda. Contoh kata antonim adalah besar dan kecil.

Polisemi

Polisemi merupakan frasa kata yang memiliki banyak makna. Contohnya kata kepala yang dapat bermakna bagian tubuh yang terletak di atas leher, atau dapat juga bermakna bagian yang terletak di sebelah atas atau pun depan.

Homograf

Homograf merupakan kata-kata yang memiliki tulisan sama akan tetapi memiliki arti dan bunyi yang berbeda.

Homofon

Homofon merupakan kata – kata yang memiliki bunyi yang sama akan tetapi makna dan ejaannya berbeda.

Homonim

Homonim merupakan kata – kata yang memiliki ejaan yang sama namun makna dan bnyinya berbeda. Contoh Asep (nama orang) dan asep (asap).

Hiponim

Hiponim merupakan kata yang maknanya telah tercakup di dalam kata lainnya. Contohnya kata Salmon yang telah termasuk ke dalam makna kata ikan.

Hipernim

Hipernim merupakan kata yang telah mencakup makna kata lain. Contohnya ada pada kata sempurna yang telah mencakup kata baik, bagus, dan beberapa kata lainnya.

 Contoh Diksi

Setelah kita memahami semuanya tentang diksi, berikut dibawa ini adalah contoh contoh diksi dalam puisi, dan contoh diksi dalam kalimat kalimat beserta penjelasannya

Contoh 1:
Nenekku mampus tadi pagi (tidak tepat)
Nenekku meninggal dunia tadi pagi (tepat)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×