PANDUAN SHOLAT TAHAJUD PALING LENGKAP (Pengertian, Manfaat, Tata Cara, Niat, Waktu, Jumlah Rakaat dan Bacaan Do'a)

PANDUAN SHOLAT TAHAJUD PALING LENGKAP adalah materi yang akan kita bahas kali ini, adapun Pengertian sholat tahajud, Manfaat, Tata Cara, Niat bacaan sholat tahajud lengkap, Waktu, Jumlah Rakaat dan Bacaan Do'anya akan kita jelaskan secara lebih rinci. Semoga dapat membantu

Sholat Tahajud

Pengertian Sholat Tahajud

Pengertian Sholat Sunah Tahajud adalah Sholat Sunah yang dikerjakan padd waktu malam sedikitnya 2 (dua) Raka’at dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas dan masing-masing di 2 Raka’at dibarengi dengan salam.

Manfaat Sholat tahajud

Sholat tahajud sangat banyak manfaatnya bagi kita, selain diwaktu tahajud doa kita akan dikabulkan oleh allah swt, berikut adalah 15 manfaat sholat tahajud dalam kehidupan sehari hari baik rohani maupun jasmani dan segi ghaib, antara lain :
  1. Dikabulkannya Doa-doa
  2. Allah Mengangkat Derajat ke Tempat yang Terpuji
  3. Mendekatkan Diri Kepada Allah
  4. Memperoleh berbagai Kemuliaan
  5. Mengusir Penyakit dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  6. Menjauhkan Diri dari Kelalaian Hati
  7. Menang dalam Jihad Melawan Musuh
  8. Meringankan Lamanya Berdiri pada Hari Kiamat
  9. Mencegah Perbuatan Dosa dan Menghapus Kejahatan
  10. Muka Tampak Berkilau dan Bercahaya
  11. Dapat Melancarkan Aliran Darah
  12. Jaminan Masuk Surga
  13. Dicintai Allah SWT
  14. Penyelamat dari Siksa Neraka
  15. Penyebab Husnul Khatimah

Tata Cara dan Niat Bacaan Sholat Tahajud

1. Membaca Niat Sholat Tahajud "USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA ”’. Kemudian untuk Artian Bacaan Niat Sholat Tahajud iialah, ”’ Aku niat Sholat Sunah Tahajud dua Raka’at karena Alloh Ta’ala ”’. 

2 .Setelah membaca Niat Sholat Sunah Tahajud anda tinggal membaca Surat Al Fatihah, lalu Suratan untuk Raka’at pertama dan Raka’at kedua seperti mengerjakan Sholat biasa yang diawali dengan Niat sampai Salam.

3. Setelah melaksanakan sholat tahajud, anda dianjurkan untuk membaca Doa Sholat Tahajud Dzikir seperti Istighfar, Shalawat Nabi Muhammad Saw, lalu Tahmid dan Tasbih karena ber-Dzikir sangat berguna untuk mendekatkan diri kepada Alloh Swt sehingga anda semakin dicintai dan disayangi oleh Alloh.

Waktu Dan Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Waktu Mengerjakan Shalat Sunah Tahajud dilakukan hanya pada malam hari setelah Shalat Isya sampai masuk waktu shalat subuh dan Cara Shalat Tahajud sendiri dilakukan setelah anda tertidur atau bangun tidur walaupun tidur anda hanya sebentar sekali, Sehingga jika anda mengerjakan Shalat Sunah Tahajud ini sebelum anda tidur dahulu maka bisa dipastikan bahwa Shalat tersebut hanya shalat sunah biasa (witir) bukan Shalat Sunah Tahajud.

Adapun Waktu Shalat Tahajud sebaiknya di lakukan pada saat tengah malam atau sekitar jam 01.00 pagi sampai waktu Subuh karena waktu tersebut merupakan waktu paling utama untuk mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud ini.

Jumlah Rakaat Sholat tahajud seperti yang telah dikatakan diawal, sholat tahajud dapat dilakukat minimal 2 rakaat sampai dengan sebanyak banyaknya.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Adapun Do'a atau bacaan doa setelah melakukan sholat tahajud yaitu sebagai berikut:

Setelah anda selesai mengerjakan Shalat Tahajud maka dianjurkan anda membaca Doa Sholat Tahajud Dzikir seperti Istighfar, Shalawat Nabi Muhammad Saw, lalu Tahmid dan Tasbih karena ber-Dzikir sangat berguna untuk mendekatkan diri kepada Alloh Swt sehingga anda semakin dicintai dan disayangi oleh Alloh.


  • Bacaan Doa Shalat Tahajud Istighfar diatas sebaiknya dibacakan sebanyak banyaknya atau minimal 32 kali sampai 100 kali setelah itu dilanjutkan dg membaca Sholawat Nabi Muhammad Saw
  • Membaca Doa Sholat Tahajud Dzikir Shalawat Nabi sebanyak 32 kali, setelah itu anda tinggal dilanjut membaca Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud seperti dibawah ini beserta dg terjemahan dan artian lengkap
  • Membaca doa berikut