PARAGRAF PERSUASI/PERSUASIF (Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contoh beserta strukturnya)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMA/SMK yaitu tentang Paragraf persiasif atau paragraf persuasi, adapun kita akan membahas lengkap tentang pengertian paragraf persuasi, tujuan paragraf persuasi, jenis jenis paragraf persiasi, dan contoh paragraf persiasi singkat beserta strukturnya tentang bahaya rokok, kesehatan, politik, pendidikan, advertendi (iklan) dan propaganda. Semoga dapat membantu

Paragraf Persuasi

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMA/SMK yaitu tentang Paragraf persiasif atau paragraf persuasi, adapun kita akan membahas lengkap tentang pengertian paragraf persuasi, tujuan paragraf persuasi, jenis jenis paragraf persiasi, dan contoh paragraf persiasi singkat beserta strukturnya tentang bahaya rokok, kesehatan, politik, pendidikan, advertendi (iklan) dan propaganda.

Pengertian Paragraf Persuasi

Pengertian Paragraf Persuasi atau paragraf persuatif adalah uatu paragraf yang isinya berupa ajakan atau membujuk pemabacanya agar melakukan atau mengikuti apa yang penulis ungkapkan di dalam paragraf.

Tujuan

Adapun tujuan dari paragraf persuasi adalah untuk membujuk atau mempengaruhi pembacanya agar mempercayai dan melakukan apa yang penulis sampaikan di dalam paragraf.
Untuk mencapai tujuan ini, paragraf persuasi harus disertai dengan bukti dan data-data pendukung yang kuat. Di dalam paragraf persuasi biasanya banyak ditemukan kata-kata yang bersifat mengajak seperti “ayo”, “mari”, dan “lakukanlah”.

Jenis Jenis Paragraf Persuasi

Secara umum paragraf persuasif terbagi menjadi empat jenis yaitu persuasi politik, persuasi pendidikan, persuasi advertensi dan propaganda. Berikut ini adalah penjelasan dari ke-4 jenis paragraf persuasi tersebut:

Persuasi Politik

 Persuasi politik biasanya dipakai dalam bidang politik oleh orang-orang yang berkecimpung atau menggeluti dalam bidang politik dan kenegaraan.

Persuasu Pendidikan

 Persuasi pendidikan juga biasanya dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang ada.

Persuasi Advertensi

Persuasi advertensi (iklan) biasanya dimanfaatkan terutama dalam dunia usaha untuk memperkenalkan suatu barang atau bentuk jasa tertentu.

Persuasu Propaganda

Persuasi propaganda sering dipakai dalam kegiatan kampanye.
Isi kampanye biasanya berupa informasi dan ajakan dan Tujuan akhir dari kampanye adalah agar pembaca atau pendengar menuruti isi ajakan kampanye tersebut.

Contoh Paragraf Persuasi

Berikut ini adalah masing masing contoh paragraf persuasi beserta strukturnya tentang bahaya rokok, kesehatan

Contoh 1

Contoh pertama yaitu contoh paragraf persiasi singkat beserta strukturnya tentang bahaya merokok


HINDARILAH ROKOK MESKIPUN SEBATANG
Alinea Pembuka
      Rokok mengandung bahan dan Zat kimia yang berbahaya bagi sistem pernafasan. Tar dan nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya yang ada dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia dimana 200 diantaranya beracun.

Alinea Penjelas
       Semakin besar isi kandungan Tar dan Nikotin dalam sebatang rokok, Maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh tubuh kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi wanita yang menjadi perokok aktif.

Alinea Penutup
       Karena dampak negatifnya begitu bear maka hindarilah rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah membuat tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.

Contoh 2

Contoh berikutnya yaitu contoh paragraf persuasi politik singkat

Sebentar lagi pemilihan umum (Pemilu) tiba. Ayo gunakan hak pilih kita untuk memilih calon presiden yang terbaik untuk Negara ini. Ingat, masa depan Negara kita 5 tahun ke depan bergantung dengan pilihan Anda pada tangga 1 juni 2015. Jangan sampai Anda golput atau hak suara Anda akan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, marilah ajak semua saudara, teman adik dan kakak untuk datang ke TPU untuk menggunakan hak pilihnya. Ingat jadilah pemilih yang bijak.

Contoh 3

Contoh yang ketiga yaitu contoh paragraf persuasi atau persuatif singkat pendidikan

Pendidikan adalah hal yang paling penting di dalam hidup ini ,baik pendidikan formal atau informal. Dengan pendidikan kita bisa mendapatkan dan menjadi apapun yang kita inginkan. Pendidikan juga bisa mengarahkan kita ke kehidupan yang lebih baik. Pendidikan bisa kita raih dengan belajar yang giat baik di sekolah, di rumah maupun di tempat-tempat lain. Jika kita tidak belajar dengan serius dan giat, tentunya apa yang kita lakukan hanyalah sia-sia karena tidak ada yang bisa dicapai dengan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Akibatnya kita tidak bisa menggapai citi-cita. Oleh karena itu, marilah belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar kita dapat mencapai cita-cita. 

Contoh 4

Contoh berikutnya yaitu contoh paragraf persuasi advertisme (iklan) dan contoh paragraf persuasi propaganda singkat

Iklan
Susu sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Dengan meminum susu tubuh akan menjadi sehat dan kuat karena susu mengandung banyak kalsium dan protein yang sangat berguna buat tubuh kita. Oleh karena itu, ayo minum health milk sebuah susu yang memiliki segudang manfaat dikarenakan kandungan vitamin dan mineralnya yang lebih bayak jika dibandingkn dengan produk susu lain. Mari ganti susu Anda dengan health milk dan jadilah sehat dan kuat.

Propaganda
Islam saat ini dianggap sebagai agama penuh kekerasan atau agama teroris. Namun, sebenarnya anggapan tersebut salah besar. Islam adalah agama yang penuh dengan kedamaian dan toleransi. Hanya sebagian orang-orang yang salah mengartikan kata jihad lah yang membuat nama islam menjadi kotor. Banyak para pemuda yang direkrut oleh kelompok-kelompok tertentu yang katanya berjihad tapi malah membunuh sesamanya. Padahal sudah jelas Allah SWT melarang perbuatan membunuh apalagi membunuh saudaranya sesama islam. Oleh karena itu, kita sebagai pemuda islam janganlah terpengaruh akan ajakan-ajakan sesat yang mengatas namankan Islam. Marilah kita membentengi diri kita agar tidak terpengaruh oleh mereka yang akan menjerumuskan kita. Dan ayo kita membangun kembali Agama Islam yang sudah dicap sebagai agama kekeraan ini menjadi agama yang penuh dengan kebaikan dengan cara berbuat baik kepada sesama manusia. Namun dengan batasan-batasan yang diatur oleh agama kita. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×