Pengertian, Bunyi, Rumus dan Contoh Soal Hukum Termodinamika 1, 2 dan 3 serta prinsip termodinamika

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran Fisika tingkat SMA, yaitu tentang pengertian hukum termodinamika, bunyi hukum termodinamika 0, I, II dan III (0,1,2,3) beserta rumus hukum termodinamika dan contoh soal termodinamika serta Prinsip termodinamika. semoga dapat membantu

Hukum Termodinamika

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran Fisika tingkat SMA, yaitu tentang pengertian hukum termodinamika, bunyi hukum termodinamika 0, I, II dan III (0,1,2,3) beserta rumus hukum termodinamika dan contoh soal termodinamika serta Prinsip termodinamika.

Pengertian Termodinamika

Pengertian termodinamika secara bahasa adalah Termodinamika berasal dari bahasa Yunani dimana Thermos yang artinya panas dan Dynamic yang artinya perubahan. Termodinamika merupakan ilmu yang menggambarkan usaha  untuk mengubah kalor (perpindahan energi yang disebabkan perbedaan suhu) menjadi energi serta sifat-sifat pendukungnya. Termodinamika berhubungan erat dengan fisika energi, panas, kerja, entropi dan kespontanan proses. Termodinamika juga berhubungan dengan mekanika statik. Cabang ilmu fisika ini mempelajari pertukaran energi dalam bentuk kalor dan kerja, sistem pembatas dan lingkungan. Aplikasi dan penerapan termodinamika dapat terjadi pada tubuh manusia, peristiwa meniup kopi panas, perkakas elektronik, Refrigerator, mobil, pembangkit listrik dan industri.

Bunyi Hukum Termodinamika

Hukum termodinamika ada 4 yaitu hukum termodinamika 0 / nol, hukum termodinamika I, hukum termodinamika II dan III

Hukum Awal (Zeroth Law/Hukum ke-0)

Bunyi Hukum Termodinamika 0 : "Jika dua sistem berada dalam kesetimbangan termal dengan sistem ketiga, maka mereka berada dalam kesetimbangan termal satu sama lain"

Hukum Termodinamika I

Bunyi Hukum Termodinamika 1 yaitu : "Energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan, melainkan hanya bisa diubah bentuknya saja."

Rumus/Persamaan 1 Termodinamika:
Q = W + ∆U

Q = kalor/panas yang diterima/dilepas (J)
W =  energi/usaha (J)
∆U = perubahan energi (J)

Hukum ke-2 Termodinamika

Bunyi Hukum Termodinamika 2 yaitu : "Kalor mengalir secara spontan dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah dan tidak mengalir secara spontan dalam arah kebalikannya."

Hukum Termodinamika ke-3

Bunyi Hukum Termodinamika 3 :
"Suatu sistem yang mencapai temperatur nol absolut, semua prosesnya akan berhenti dan entropi sistem akan mendekati nilai minimum."
"Entropi benda berstruktur kristal sempurna pada temperatur nol absolut bernilai nol."

 Prinsip Termodinamika

Adapun Prinsip hukum termodinamika yaitu Prinsip termodinamika sebenarnya adalah hal alami yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, termodinamika direkayasa sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk mekanisme yang dapat membantu manusia dalam kegiatannya. Aplikasi termodinamika yang begitu luas dimungkinkan karena perkembangan ilmu termodinamika sejak abad 17. Pengembangan ilmu termodinamika dimulai dengan pendekatan makroskopik yaitu perilaku umum partikel zat yang menjadi media pembawa energi.

Contoh Soal Hukum Termodinamika

Berikut ini adalah salah satu contoh soal dan jawabannya tentang termodinamika
 
1. Kalor sebanyak 3000 Joule ditambahkan pada sistem dan sistem melakukan usaha 2500 Joule pada lingkungan. Perubahan energi dalam sistem adalah…

Pembahasan
Diketahui :
Kalor (Q) = +3000 Joule
Usaha (W) = +2500 Joule

Ditanya : perubahan energi dalam?


2. Kalor sebanyak 2000 Joule ditambahkan pada sistem dan lingkungan melakukan usaha 2500 Joule pada sistem. Perubahan energi dalam sistem adalah…

Pembahasan
Diketahui :
Kalor (Q) = +2000 Joule
Usaha (W) = -2500 Joule
Ditanya : perubahan energi dalam sistem 
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×