Rangkuman Biologi GEN (Pengertian, Struktur, Fungsi/Sifat, Letak dan Contoh beserta gambar gen)

Rangkuman Biologi GEN (Pengertian gen, Struktur gen, Fungsi/Sifat gen, Letak gen  dan Contoh beserta gambar gen) adalah materi pembelajaran biologi tingkat SMA kelas 12 yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai rangkuman biologi gen lengkap. semoga dapat membantu

Gen

Pengertian Gen

Pengertian gen adalah unit pewarisan sifat bagi organisme hidup.

Bentuk fisik adalah urutan DNA yang mengkode protein, polipeptida, atau seuntai RNA yang memiliki fungsi bagi organisme yang memilikinya.
Pengertian Gen pembatasan modern adalah lokasi tertentu pada genom yang berhubungan dengan warisan dan dapat dihubungkan berfungsi sebagai regulator (pengendali), sasaran transkripsi yang, atau peran fungsional lainnya.

Struktur Gen

Rangkuman Biologi GEN (Pengertian gen, Struktur gen, Fungsi/Sifat gen, Letak gen  dan Contoh beserta gambar gen) adalah materi pembelajaran biologi tingkat SMA kelas 12 yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai rangkuman biologi gen lengkap. semoga dapat membantu
 Berikut ini adalah struktur gen yang terdapat dalam sel eukariotik :
  • Domain regulasi inisiasi transkripsi, yang terdiri antara lain dari seri GCCACACCC, ATGCAAAT, kotak GC, kotak CCAAT dan kotak TATA.
  • Intron
  • Ekson, daerah kodikasi protein yang dapat ditranskripsi di tumpang tindih atau nonoverlapping. Sebagai contoh, pada kode dengan tiga baris nukleotida (kodon triplet) AUU GCU CAG, dapat dibaca sebagai AUU GCU CAG nonoverlapping atau tumpang tindih dibaca sebagai AUU menyebutkan UGC GCU CUC CAG. Meskipun dalam tentang 1961, telah diketahui bahwa asam amino dikodikasi oleh kodon yang nonoverlapping, telah menemukan hasil transkripsi protein yang berbeda dalam shift kodon tumpang tindih.
  • Domain regulasi akhir transkripsi

Fungsi dan sifat gen

Adapun fungsi gen dan sifat gen adalah untuk :
  • Menyampaikan informasi genetik dari generasi ke generasi.
  • Kontrol, mengatur metabolisme tubuh dan perkembangan.
  • Menentukan sifat-sifat pada keturunannya. Seperti ditunjukkan dalam fakta-fakta di depan. Sifat-sifat yang dapat dalam bentuk rambut, bentuk tubuh, warna kulit, dan sebagainya.
  • Proses reaksi kimia dalam tubuh dapat terjadi secara berurutan. Pada setiap tahap reaksi adalah enzim yang diperlukan. Pembentukan dan pengendalian enzim ini pekerjaan yang dilakukan oleh gen. Dalam proses pembangunan yang memerlukan hormon juga diatur oleh gen.

Letak Gen

Banyak yang bertanya, dimanakah letak gen (yang ada pada kromosom)? berikut ini adalah letak gen yang ada pada organisme bersel satu / 1, pada manusia dan pada hewan:

Dalam organisme bersel satu primitif seperti bakteri, gen biasanya terletak pada kromosom melingkar tunggal dan juga pada cincin DNA yang disebut plasmid. Dalam organisme yang lebih maju, dari amuba hingga manusia, gen terletak pada sejumlah kromosom di bagian sel yang disebut nukleus.

Pada manusia dan hewan, kromosom ditemukan di setiap sel dalam tubuh, kecuali sel darah merah (satu-satunya jenis sel yang tidak memiliki nukleus). Dalam kebanyakan sel-sel tubuh, yang disebut sel somatik, kromosom muncul berpasangan, sama ukuran dan bentuknya. Setengah dari kromosom berasal dari ibu, dan setengah lainnya dari ayah.

Contoh Gen

Contoh gen antara lain salah satunya pada kucing dan ayam :

Kucing

Bagi kalian pecinta kucing pasti telah hafal dengan berbagai macam jenis kucing. Salah satu contoh perbedaan gen kucing yang paling mencolok bisa kita lihat dari contoh pola dan perbedaan warna bulu kucing tersebut. Selain itu ada juga jenis-jenis kucing yang memiliki gen berbeda meskipun masih dalam satu spesies.

contoh ada kucing anggora, kucing persia, kucing sphynx, kucing lokal, serta berbagai macam contoh jenis kucing lainnya. Perbedaan paling mencolok terlihat pada gen kucing sphynx, dimana kucing jenis tersebut pada seluruh tubuhnya tidak ditumbuhi bulu seperti kucing-kucing pada umumnya.

Ayam

Kalau hewan ternak yang satu ini pastinya kalian semua sudah tau. Ayam memiliki ragam jenis yang bermacam-macam. Sebagai contoh ayam kate, ayam hutan, ayam ras dan ayam kampung. Bahkan dengan perkembangan teknologi rekayasa genetik saat ini keanekaragaman jenis ayam tadi bertambah dengan adanya ayam potong serta ayam petelur.

Ayam potong sebagai salah satu contoh bentuk rekayasa keanekaragaman campur tangan manusia dimana ayam ini akan memiliki bobot tubuh yang lebih berat dari ayam normal, serta daging yang empuk. Begitu juga dengan contoh petelur, dimana ayam-ayam tersebut akan menghasilkan telur terus menerus walaupun tanpa melewati perkawinan dikarenakan telah terjadi perubahan gen yang sengaja di rekayasa untuk kebutuhan ekonomis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×