5 CONTOH TEKS DESKRIPSI SEDERHANA (Tentang Sekolah, Alam, Hewan Tumbuhan Dan Benda Beserta Strukturnya)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang paragraf 5 Contoh deskripsi atau paragraf deskriptif pendek, karangan deskripsi singkat sederhana dan panjang tentang sekolah, alam, hewan tumbuhan dan benda beserta strukturnya. Semoga dapat membantu

Contoh Teks Deskripsi

Sebagaimana yang telah kita singgung diawal, berikut ini adalah contoh teks deskripsi singkat, pendek sederhana dan panjang tentang sekolah, alam, hewan dan benda beserta strukturnya :

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang paragraf 7 Contoh deskripsi atau paragraf deskriptif pendek, karangan deskripsi singkat sederhana dan panjang tentang sekolah, alam, hewan tumbuhan dan benda beserta strukturnya.

Contoh 1

Contoh pertama, karangan deskripsi tentang sekolah pendek / panjang beserta strukturnya

Sekolah

Identifikasi
Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu yang dimana terdapat siswa dan guru. Sekolah dibagi menjadi dua yaitu Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Sekolah Negeri merupakan Sekolah yang dibangun dan dibiayai oleh pemerintah. Sedangkan Sekolah Swasta adalah sekolah yang biasanya dimiliki oleh yayasan atau perorangan. Tujuan dari adanya sekolah itu sendiri untuk mengajarkan siswa baik itu tentang pengetahuan maupun untuk belajar cara bersikap sopan di dalam hidup bermasyarakat. Manfaat adanya Sekolah sendiri dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi yang baik dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Karena dengan tidak adanya Sekolah seseorang belum tentu akan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan karena banyaknya prasarat untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Deskripsi
Di dalam Sekolah Negeri maupun sekolah swasta memiliki persamaan kelengkapan yang ada di dalam sekolah seperti Perpustakaan, Lab Komputer, Uks, Lab Bahasa dan sebagainya. Kelengkapan di dalam ruangan yang ada di dalam sekolah juga tidak memiliki banyak perbedaan contohnya di dalam kelas terdapat meja dan kursi. Perbedaan yang ada di ruang kelas seperti fasilitas seperti, Ac, Kipas Angin, Speaker itupun hanya bisa di dapatkan di Sekolah yang memang terkenal memiliki fasilitas yang baik. Sedangkan fasilitas di luar ruangan dapat dilihat dari kelengkapan fasilitas olah raga yang dimiliki.   Selain Sekolah yang memiliki fasilitas yang baik tidak menutup kemungkinan juga banyak sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang memadai. Biasanya Sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang baik terdapat di wilayah pedalaman.

Seorang siswa yang menduduki bangku sekolah memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah. Karena manfaat yang di berikan dari adanya Sekolah sendiri adalah untuk mencerdaskan siswa dalam hal pelajaran maupun cara berperilaku yang baik. Karena seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah dirasa kurang memiliki pemahaman yang tepat mengenai cara belajar yang baik karena kurangnya dorongan dari seseorang yang memang memiliki pengetahuan yang lebih dalam suatu bidang.

Selain adanya fasilitas yang ada di dalam Sekolah Akreditasi yang ada pada sekolah jugalah penting. Karena Akreditasi menentukan baik tidaknya sekolah itu dalam segala aspek. Baik dalam prestasi maupun fasilitas. Akreditasi yang ada pada sekolah juga diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pemilihan siswa dalam sebuah Sekolah. Misalnya siswa yang ingin mendaftar di perguruan tinggi terlebih dahulu di pertimbangkan dari mana asal Sekolah siswa tersebut dan predikat dari akreditasi yang dimilikinya.

Contoh 2

Contoh teks karangan deskripsi / deskriptif tentang keindaham alam indonesia (gunung bromo) singkat beserta strukturnya

Gunung Bromo

Identifikasi
Gunung Bromo adalah sebuah gunung indah yang terletak di Jawa timur,  serta masuk ke dalam Taman Nasional Bromo tengger Semeru. Kawasan gunung ini memiliki sebuah keunikan tersendiri dimana di ketinggian 2392 meter di atas permukaan laut, akan  terdapat bentangan pasir yang sangat luas sekitar 5.250 hektar. Disini paran pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan cara menaiki kuda. Hal lain yang tidak dapat di lewatkan adalah menikmati sunrise di Gunung Bromo, dari puncak Gunung Penanjakan yang berada di ketinggian 2.770 meter.

Deskripsi
Pemandangan alamnya saat sunsrise sangat menakjubkan, matahari yang perlahan mulai naik di iringi latar gunung semeru yang gagah mengeluarkan asap dari kejauhan akan memaparkan pemandangan indah yang sulit untuk di lukiskan sehingga pada saat seperti itu sangat di sayang kan jiika tidak di abadikan dengan momen berharga berupa memotret.

Gunung Bromo ini dihuni oleh masyarakat asli suku Tengger. Masyarakat asli Tengger ini meyakini bahwa Gunung Bromo adalah sebuah gunung tempat dimana seorang pangeran mengorbankan hidup demi sebuah keluarganya. Masyarakat pun rutin melakukan festival Yadnya Kasada atau Kasodo. Maka waktu yang tepat untuk berkunjung ke Gunung Bromo adalah saat bulan Kasada atau biasanya di bulan Septermber-November.

Di bulan Kasada ini akan dapat di saksikan festival Kasada yakni sebuah upacara tahunan suku asli Tengger yang datang ke Bromo untuk melemparkan sajen yang berupa Sayuran, ayam, uang ke dalam kawah gunung berapi sebagai wujud rasa bersyukur dan di persembahkan kepada Dewa. Tiap prosesi dari Upacara ini sangat menarik wisatawan sehingga saat upacara kasada Bromo semakin banyak di kunjungi oleh pendatang.

Menurut kisah Gunung Bromo ini berasal dari kata Brahma yaknki salah seorang Dewa agama Hindu. Sebagai sebuah gunung yang besar dan indah, Bromo masih termasuk ke dalam golongan  gunung api yang masih aktif, walaupun Gunung Bromo tidak sebesar gunung api lainnya yang ada di Indonesia tetapi pemandangan alam dan suasaan gunungnya membuat gunung ini sangat pantas untuk di sambangi.  Sehingga para wisatawan tidak jera untuk berkunjung dan berkunjung lagi menikmati keindahan alam Gunung Bromo. Alhasil Bromo pun menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal di Indonesia dan menjadi  ikon wisata Jawa Timur.

Untuk sampai ke Gunung Bromo, maka pengunjung bisa menempuh perjalanan terlebih dahulu ke Kota malang. Karena kota malang merupakan sebuah kota yang cukup besar maka untuk menuju kota ini bisa di tempuh dengan berbagai ragam transfortasi. Dari mulai kendaraan pribadi, Bus, kereta maupun melalui pesawat. kendaraan Jeep atau land rover 4×4 adalah kendaraan umum yang di gunakan di kawasan Bromo. Memang harganya lumayan mahal tetapi semua akan terasa lebih ringan jika di tempouh dengan rombongan.

Contoh 3

Contoh karangan teks deskripsi pendek singkat tentang hewan beserta strukturnya

Kitty

Identifikasi
 Aku mempunyai seekor kucing bernama Kitty, dia berwarna putih dan berbintik hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus.

Deskripsi
Kitty sering bermain dengan bermain bola maupun dengan sinar laser yang saya arahkan pada tembok, suka memakan ikan dan nasi. Kitty selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan.

Contoh 4

Berikutnya yaitu contoh karangan deskriptif / deskripsi singkat tentang benda kesenian beserta strukturnya
Meja

Identifikasi
Satu meja panjang persegi dengan motif bunga hewan dan tumbuhan dan di dominasi warna coklat diletakkan di lingkaran tengah deretan kursi. Meja tersebut berada di atas karpet mewah berwarna merah.

Deskripsi
Bagian atas meja terbuat dari kaca sedangkan kakinya terbuat dari kayu jati yang sangat kokoh. Sehingga membuat meja ini sangat elegan dan modern.

Contoh 5

Yang Terakhir yaitu contoh paragraph deskripsi pendek tentang tumbuhan teratai lengkap dengan strukturnya

Teratai

Identifikasi
Ia adalah sekelompok dalam marga Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai.

Deskripsi
Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib. Ia berasal dari Amerika Tengah. sekarang ia merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat. Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×