7 CONTOH TEKS CERITA ULANG SINGKAT (Pribadi, Personal, Fakta Faktual, Biografi Autobiografi Imajinatif beserta strukturnya)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang pengertian teks cerita ulang dan 7 contoh teks ulang singkat pendek dan sederhana / panjang tentang pribadi, personal, sesuai fakta atau faktual, biografi, autobiografi, imajinatif imajinasi beserta strukturnya. semoga dapat membantu

Teks Cerita Ulang

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang pengertian teks cerita ulang dan 7 contoh teks ulang singkat pendek dan sederhana / panjang tentang pribadi, personal, sesuai fakta atau faktual, biografi, autobiografi, imajinatif imajinasi beserta strukturnya. semoga dapat membantu

Pengertian teks cerita ulang

Pengertian Teks Cerita ualng adalah sebuah teks yang menceritakan kepada pembaca mengenai sebuah cerita, aksi, atau aktivitas lampau.
 Baca Juga: 11 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu
Tujuan komunikatifnya adalah melaporkan peristiwa, kejadian, atau kegiatan yang terjadi pada waktu lampau dalam sebuah urutan secara kronologis untuk menghibur atau memberikan informasi kepada pembaca.

Contoh Teks Cerita Ulang

Berikut dibawah ini adalah 7 contoh teks cerita ulang singkat pendek dan sederhana tentang pengalaman pribadi atau personal, sesuai fakta atau faktual, dan tentang biografi dan autobiografi beserta strukturnya :

Contoh 1

Contoh pertama yaitu contoh teks cerita ulang pendek singkat tentang pengalama pribadi sesuai fakta atau aktual

Kebersamaan Yang Tak Terlupakan

Empat tahun sudah berlalu. Ketika waktu itu aku baru lulus dari MI dan kemudian baru masuk ke SMP. Dulu aku adalah seorang anak–anak yang mulai beranjak Gede. Yang masih polos dan lugu, belum mengetahui interaksi diluar rumah yang sekiranya membantu menunjang interaksi dengan teman sebaya ataupun dengan orang yang lebih tua dari ku. Ketika sudah mulai masuk SMP aku baru sadar bahwa ternyata aku adalah anak yang kuper dan jarang keluar dari rumah. Yang kemana-mana minta didampingi mama.
Kehidupanku mulai berubah yang tadinya masih manja sama orang tua perlahan-lahan mulai hilang. Karena masuk SMP dan mengambil kelas Unggulan yang notabennya masuk pagi pulang sore sehingga mau tidak mau ya harus merubah pola interaksiku. Umumnya orang tua maupun anaknya enggan mengambil kelas Unggulan. Sebab mereka berfikir bahwa masih SMP aja pulangnya udah sore bahkan bisa sampai maghrib. Justru hal itu yang melatih dan mendidik anak-anak supaya bisa memanage waktu belajar dan interaksinya dengan teman sebaya dan merubah anaknya menjadi mandiri yang tidak semua masih harus dikerjakan oleh orang tuanya.

Waktu awal masuk SMP aku punya banyak teman. Untungnya teman-temanku itu anaknya asik, menyenangkan, dan yang terpenting mereka orangnya humble. Jadi memudahkan aku untuk berinteraksi dengan mereka dan yang terpenting nggak aku dulu yang mengajak mereka berkenalan.. J bukan masalah nggak mau nyapa dulu, tapi aku bingung kalau sudah berinteraksi dengan teman baru yang sebelumnya belum aku kenal.

Setelah beberapa hari masuk SMP. Kakak-kakak OSSIS masuk ke kelas sementara ku. Mereka memberikan informasi bahwasannya mulai hari Senin sampai Rabu akan diadakan MOS. Perlengkapannya banya banget, tapi yang jelas sampai bawa jamu, klenyem, dan segala macamnya itulah. Di hari pertama aku MOS sudah menyebabkan masalah. Yaitu tas yang aku pakai aku eratkan di perutku. Kemudian pengamannya aku kunci, eh ternyata kunci pengamannya gak bisa aku buka. Sampai aku bingung harus bagaimana dan berbuat apa. Untungnya ada teman aku yang lapor ke kakak OSSIS nya. Dan mereka membantu ku membukakan kunci pengamannya. Tapi yang paling memalukan ya kejadian itu, baru masuk aja udah berbuat hal yang konyol. Dan waktu kejadian hampir semua kakak nya menghampiriku, dan berkrumun di sekitarku, aku sampai hampir menangis karena takut kunci pengamannya gak bisa dibuka. Dan yang paling pingin nangis adalah ketika dikrumuni kakaknya yang tampang mereka rata-rata serius semua. Takutnya kalau mereka memarahiku dengan tingkah konyolku yang menyebabkan diriku sendiri kena akibatnya.

Masa MOS sudah berlalu. Kelasku juga sudah selesai penggarapannya. Bulan kedua setelah masuk SMP aku sudah menempati kelas baruku. Yang terpenuhi oleh fasilitas-fasilitas yang menunjang sarana belajar dengan teknologi. Tapi, belum lama menempati kelas baru tersebut sudah banyak masalah yang terjadi diantara teman-temanku. Yaitu saling adu mulut dan saling menjatuhkan antara yang satu dengan yang lainnya. Sampai-sampai aku terbawa kemasalah temenku yang aku gak tau menau sebab awal kejadiannya gimana. Dan sampai di panggil BK beberapa kali. Gak cuma waktu itu aja temanku di panggil BK dan aku kena imbasnya. Waktu itu juga pernah aku di panggil BK sebab kesalah pahaman yang terjadi antara aku dan kakak kelas.

Sejak pertama aku masuk dan menempati kelas itu, entah apa dan mengapa banyak yang tidak suka kalau aku sekolah terutama berada kelas itu yang menjadi tetangga kelas mereka (kakak kelas Unggulan). Mereka selalu menghinaku, menyindir, menyinggung, bahkan mengirimkan surat kaleng kepadaku. Padahal aku belum kenal mereka, dan mereka juga belum tahu sifatku yang sebenarnya. Tapi semua itu aku biarkan mengalir apa adanya seperti air. Toh nantinya juga akan berlalu, lambat laun hal tersebut berangsur-angsur membaik. Karena semua omongan mereka gak aku masukan hati dan gak aku balas perbuatan mereka kepadaku. Hingga akhirnya mereka yang ujung-ujungnya minta maaf karena kesalahan mereka yang telah diperbuat kepadaku. Hubunganku dengan kakak kelas pun berangsur-angsur membaik, malah bahkan mereka menjadikanku teman curhat mereka.

Disamping semua kejadian yang kualami baik dari mulai masuk SMP sampai sekarang aku duduk di kelas XI. Hal yang paling membanggakan adalah pernah berteman dan menjadi musuh orang-orang yang membenciku waktu SMP, serta sahabat-sahabatku yang sampai sekarang masih sering berkomunikasi lewat sosial media denganku.tapi memang hal yang paling merindukan adalah saat-saat itu. Mulai dari bertengkar, curhat, ngrumpi, mulai punya rasa dengan lawan jenis dan bertingkah malu-malu kucing. Saling memuji antara satu dengan yang lain. Dan banyak hal yang aku rindukan ketika masih duduk di bangku SMP yang notabennya dari awal masuk sampai lulus selama 3 tahun tersebut mempunyai teman satu kelas yang sama dari awal masuk. Jadi kita saling tahu dan mengerti sifat masing-masing anak. Meskipun di awal-awal masuk banyak kejadian yang tidak bisa terduga tapi banyak tingkah konyol mereka yang bisa selalu menjadi kenangan yang tak terlupakan

Contoh 2

Contoh kedua yaitu contoh teks cerita ulang singkat tentang autobiografi faktual atau sesuai fakta abraham lincoln beserta strukturnya orientasi, urutan peristiwa dan reorientasi.

 Abraham Lincoln

Orientasi :
Abraham Lincoln lahir pada 12 Februari 1809 di Hardin County, Kentucky, Amerika Serikat. Orang tuanya miskin dan tidak berpendidikan. Ayahnya bekerja sebagai tukang kayu. Ibunya meninggal tatkala Lincoln berusia 9 tahun. Dua tahun kemudian, ayahnya menikah lagi dengan Sarah Bush Johnston. Lincoln dan saudara perempuannya, Sarah Lincoln Grigsby sangat mencintai ibu tirinya itu. Lincoln cilik tumbuh menjadi pemuda jangkung dan tegap. Pakaiannya selalu tak pernah tampak pas. Lengan bajunya selalu terasa pendek dan celananya selalu menggantung di atas mata kaki. Ia cukup supel kepada tetangga di sekitar rumahnya.

Urutan Peristiwa :
Lincoln tidak mengikuti pendidikan seperti pada umumnya. Ia hanya mengecap pendidikan selama kira-kira setahun. Tetapi, dalam waktu singkat ia dapat membaca, menulis dan berhitung. Ketika Lincoln beranjak dewasa, ia berusaha keras untuk menambah pengetahuannya. Lincoln memahami dengan baik semua buku yang dapat dibacanya. Hingga pada usia 28 tahun, ia berhasil menjadi ahli hukum.

Cinta pertama Lincoln jatuh pada seorang wanita bernama Anne Rutledge, anak tetangga pemilik losmen yang ia tempati di New Salem tahun 1835. Mereka telah bertunangan. Tetapi, Rutledge meninggal pada  25 Agustus 1835 saat berusia 22 tahun. Rutledge meninggal karena demam tifoid. Pada tahun 1841, Lincoln menikah dengan Mary Todd, perempuan yang berasal dari Kentucky.

Ketika muda, Abraham Lincoln pernah bekerja sebagai pembelah kayu pagar, tentara,  kelasi di kapal-kapal sungai, juru tulis, mengurus kedai, kepala kantor pos, dan akhirnya menjadi pengacara. Pada saat menjadi pengacara, ia giat membela hak-hak para budak Afrika. Banyak budak di Amerika Selatan yang ia ingin bebaskan. Untuk itu, Lincoln masuk ke dunia politik. Ayah Anne yang menyarankan agar Lincoln terjun ke dunia politik. Ia memasuki lapangan politik tahun  1832 atau  saat ia berusia 23 tahun. Ketika itu, ia berusaha untuk dipilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah negara bagian Illinois, di bagian barat-tengah Amerika. Namun, ia kalah pemilihan. Dua tahun kemudian, ia berusaha kembali dan menang. Setelah itu, ia kembali dipilih tiga kali berturut-turut.

Pada tahun 1846, Lincoln terpilih menjadi anggota Kongres. Namun, keanggotaannya tidak diperpanjang karena ia mengusulkan undang-undang untuk mengakhiri perbudakan di distrik Columbia. Karena kecewa, ia kembali mengaktifkan biro hukumnya bersama seorang temannya yang bernama William H. Herndon. Ia menghentikan kegiatan politiknya untuk  beberapa waktu.
Pada tahun 1854, isu perbudakan membuat Lincoln terjun kembali ke dunia politik. Tampaknya ia harus bersaing dengan Stephen Douglas, yang mencoba menundukkan wilayah Selatan Amerika yang mendukung perbudakan, sementara wilayah Utara menentangnya. Lincoln kalah pada putaran pertama melawan Douglas, dalam memperebutkan kursi Senat AS. Akan tetapi, pada bulan Mei 1860, Lincoln terpilih sebagai calon presiden dari Partai Republik.
Sementara itu, Partai Demokrat menyerangnya habis-habisan. Mereka menyebut Lincoln sebagai 'pengacara kacangan', 'tak becus berbahasa Inggris' dan sebagainya. Namun akhirnya, Lincoln terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke-16.
Empat hari setelah ia menjadi presiden, negara bagian selatan keluar dari Federasi Amerika Serikat. Negara bagian selatan membentuk sebuah konfederasi sendiri. Hal ini terjadi karena negara-negara bagian selatan banyak mengembangkan pertanian yang bergantung pada tenaga perbudakan. Lincoln berusaha mengakhiri pemisahan tersebut. Tetapi, konflik antara utara dan selatan tersebut semakin memuncak dan menjadi Perang Sipil. Pada 12 April 1861, wilayah selatan menyerang wilayah utara di kota Fort Sunter. Perang Sipil atau 'Perang antara negara-negara bagian federasi' pun telah dimulai. Lincoln terus berusaha menghentikan konflik tersebut sekuat tenaga meskipun tak berhasil.

Setelah beberapa penyerangan, wilayah utara memenangkan peperangan. Ketika perang berlangsung, Lincoln tetap mendesak diadakannya pemilihan lagi di akhir masa ia menjabat sebagai presiden. Ia kembali terpilih untuk periode berikutnya. Pada bulan November 1863, dalam pertempuran Gettysburg, Lincoln menyampaikan pidato yang dikenang sepanjang sejarah. Ia mengatakan “…lahir sebuah bangsa baru, yang didirikan berdasarkan kebebasan yang menjunjung tinggi pengakuan bahwa semua manusia diciptakan sederajat.” Kata-kata Lincoln di Gettysburg ini memberi dua prinsip kebebasan dan kesamaan  yang menjadi dasar didirikannya negara Amerika.
Lincoln wafat tanggal 15 April 1865 pada usia 56 tahun. Ia ditembak saat sedang menyaksikan teater bersama istrinya. Pembunuhnya, John Wilkes Booth adalah pemain sandiwara yang memiliki gangguan jiwa. Ia salah satu pendukung Konfederasi yang menentang diserahkannya tentara Konfederasi kepada pemerintah setelah berakhirnya perang saudara. Lincoln dimakamkan di Springfield, Amerika Serikat. Kematian menjemput Lincoln tatkala perdamaian telah sampai bagi Amerika. Mungkin hal ini merupakan puncak peristiwa yang harus terjadi sebagai tumbal berakhirnya perbudakan di Amerika.

Reorientasi :
Sebagai pemimpin, Abraham Lincoln telah menumpas praktik yang mengekang kebebasan hak asasi manusia terutama di Amerika. Lincoln yang dilahirkan dari keluarga miskin dapat melalui perjalanan hidupnya yang penuh dengan lika-liku. Beliau sosok yang berani, tidak pantang menyerah, berpendirian teguh dan melakukan hal yang berbeda dari  umum. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sosok yang berjasa ini dapat diteladani dan dikenang sepanjang masa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×