TEKS INDEKS BUKU PENDEK (Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri, Bagan-bagian, Macam-macam dan Contohnya dari a-z, indeks topik, pengarang dan indeks buku perpustakaan)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang indeks buku, adapun yang akan kita bahas disini adalah tentang pengertian indeks buku menurut KBBI (kamus besar bahasa indonesia) dan secara umum, fungsi atau kegunaan, macam macam jenis jenis dan bagian bagian indeks buku serta contoh indeks buku dari a sampai z, indeks buku pengarang, dan indeks buku perpustakaan. Semoga dapat membantu

Indeks Buku

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang indeks buku, adapun yang akan kita bahas disini adalah tentang pengertian indeks buku menurut KBBI (kamus besar bahasa indonesia) dan secara umum, fungsi atau kegunaan, macam macam jenis jenis dan bagian bagian indeks buku serta contoh indeks buku dari a sampai z, indeks buku pengarang, dan indeks buku perpustakaan

Pengertian Indeks Buku

Pengertian Indeks Buku menurut KBBI adalah daftar kata atau istilah penting yang berada dalam buku cetakan (biasanya terletak pada bagian akhir buku) yang tersusun menurut abjad yang memberikan sebuah informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Pengertian Indeks yaitu kata atau istilah penting yang tersusun berdasarkan abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah ditemukan.

Fungsi Indeks

Adapun fungsi indeks adalah bahwa indeks sangat berguna untuk mempermudah mencari keterangan di dalam buku karena dengan segera akan ditemukan informasi yang kita cari. Pada umumnya, indeks buku diletakkan pada halaman akhir buku.

Bagian Bagian Indeks

Sebuah indeks buku terdiri dari beberapa bagian, diantaranya yaitu indeks nama, indeks topik, perincian indeks topik, dan juga nomor halaman dimana nama atau rincian topik tersebut berada :


  • Indeks Nama (pengarang), merupakan susunan atau kumpulan nama-nama orang dalam sebuah indeks.
  • Indeks topik (subjek atau istilah), adalah suatu kumpulan subjek atau sebuah istilah yang disusun yang berdasarkan abjad yang istilah tersebut berada dalam buku atau bersangkutan dengan isi buku tersebut. Dalam sebuah buku geografi, indeks topik yang ada biasanya yaitu istilah-istilah yang berkaitan dengan ilmu geografi.
  • Perincian indeks topik, adalah suatu istilah-istilah atau subjek yang ada kaitannya dengan sebuah subjek yang ada di dalam sebuah indeks topik.
  • Nomor halaman, adalah suatu bagian indeks buku yang bertuliskan nomor-nomor halaman dimana kata-kata istilah itu berada.

Macam Macam atau Jenis Jenis Indeks

Indeks sendiri dibedakan menjadi 2 macam atau 2 jenis, yakni indeks subjek dan indeks pengarang. Kedua indeks ini mempunyai pengertian atau perbedaan yaitu :
  • Indeks Subjek, yaitu berisi daftar istilah-istilah dalam sebuah buku.
  • Indeks Pengarang, yaitu yang berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat atau teorinya dikutip dalam sebuah buku yang bersangkutan.
Kesimpulannya, perbedaan antara indeks subjek dan indeks pengarang yaitu Indeks subjek adalah indeks yang berisi daftar istilah yang terdapat dalam sebuah buku, sedangkan ada indeks pengarang adalah indeks yang berisi daftar nama pengarang (tokoh) yang teori maupun pendapatnya terdapat dalam sebuah buku tersebut.

Contoh Indeks

Berikut ini adalah contoh indeks buku dari a zampai z, indeks buku pengarang dan indeks perpustakaan

Contoh Indeks a sampai z

Abadi Husnu, 111
Abeba, A. Aris, 5
Achmad, Sri Wintala, 145
Bachri, Sutardji Calzoum, 244
Chudori, Leila S., 153
Donggo, A.D., 42
Gantang, I Gusti Putu Bawa Samar, 96

Diantara sebuah istilah atau nama pengarang dan nomor halaman harus disisi dengan tanda koma (,) seperti pada contoh indeks pengarang diatas.

Baca Juga: Contoh Teks Ceramah Kultum Singkat Lucu

Contoh Indeks buku pengarang

1. Dian Husni, 121
2. Abdillaa, A. Hamid, 31
3. Ahmad, Dewantoro, 54
4. Widias, Montella, 140
5. Copluka, Kontrata M., 81

Setelah penulisan istilah ataupun nama pengarang harus disisi tanda koma (,) dan baru nomor halaman, seperti contoh penulisan indeks pengarang yang saya tuliskan diatas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×