PASAR Lengkap (Pengertian Menurut Ahli, Fungsi, Ciri, Syarat, Klasifikasi, Jenis dan Peranan Pasar dalam ekonomi)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pelajaran ekonomi tingkat SMA kelas X / 10 yaitu mengenai pasar, adapun yang akan kita bahas lengkap mengenai pengertian pasar secara umum dan menurut para ahli, fungsi pasar, ciri-ciri, Syarat terjadinya pasar, klasifikasi, jenis-jenis dan peranan pasar dalam bidang ekonomi bagi produsen, bagi konsumen dan bagi pemerintah. Semoga dapat membantu

Pasar

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pelajaran ekonomi tingkat SMA kelas X / 10 yaitu mengenai pasar, adapun yang akan kita bahas lengkap mengenai pengertian pasar secara umum dan menurut para ahli, fungsi pasar, ciri-ciri, Syarat terjadinya pasar, klasifikasi, jenis-jenis dan peranan pasar dalam bidang ekonomi bagi produsen, bagi konsumen dan bagi pemerintah.

 

Pengertian Pasar

Pengertian pasar secara umum adalah sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi ekonomi seperti jual beli atau jasa. Pengertian pasar tidak merujuk pada sebuah lokasi atau tempat-tempat tertentu, karena pasar tidak memiliki batas geografis. Hal ini juga berkaitan dengan adanya sistem jaringan komunikasi modern yang meniadakan batasan-batasan geografis, sehingga kegiatan tersebut memungkinkan antara penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi tanpa saling melihat wajah satu sama lain.
Contohnya Belanja Online

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Pengertian pasar menurut William J.Stanton menyebutkan bahwa pasar merupakan sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang yang digunakan untuk berbelanja, serta memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

Definisi pasar menurut Kotler dan Amstrong adalah bahwa pasar merupakan seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa. Ukuran dari pasar itu sendiri tergantung dengan jumlah orang yang menunjukkan tentang kebutuhan, mempunyai kemampuan dalam bertransaksi. Banyak pemasar yang memandang bahwa penjual dan pembeli sebagai sebuah pasar, dimana penjual tersebut akan mengirimkan produk serta jasa yang mereka produksi dan juga guna menyampaikan atau mengkomunikasikan kepada pasar. Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan uang dan informasi dari pasar tersebut.

Menurut KBBI, Pasar adalah tempat sekumpulan orang melakukan transaksi jual-beli. Merupakan sebuah tempat untuk jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud untuk dapat mencari derma.

Fungsi Pasar

Pasar memiliki fungsi yang sangat penting bagi roda perekonomian suatu negara, secara umum fungsi pasar ada 3 yaitu sebagai berikut:

1. Fungsi pembentukan harga
Fungsi pembentukan harga adalah pasar sebagai tempat dalam menentukan harga atua nilai suatu barang, hal tersebut dikarenakan pasar merupakan bertemunya penjual dan pembeli yang saling berinteraksi atau saling tawar menawar sehingga memunculkan suatu kesepakan harga.

2. Fungsi Distribusi
Fungsi distribusi adalah pasaran memudahakan produsen dalma mendistribusikan barang kepada konsumen secara langsung.

3. Fungsi Promosi
Fungsi Promosi adalah pasar menjadi tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan barang secara langsung dengan konsumennya.

Ciri Ciri Pasar

Dari Penjelasan dan fungsi diatas dapat kita simpulkan bahwa ciri ciri pasar adalah :

1. Adanya penjual dan pembeli
2. Adanya jasa atau barang yang akan diperjualbelikan
3. Adanya permintaan serta tawar menawar
4. Adanya interaksi antara penjual dan pembeli
5. Terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli

Syarat Terjadinya Pasar

Adapun sesuatu dapat dikatakan pasar apabila memenuhi syarat syarat terjadinya pasar sebagai berikut:
 
1. Adanya Penjual dan Pembeli
2. Adanya Hubungan antara Penjual dan Pembeli
3. Adanya Barang dan Jasa yang diperjual belikan

Klasifikasi

Secara umum pengklasifikasian Pasar terbagi menjadi 2 yaitu pasar tradisional dan pasar modern, berikut penjelasannya:

1. Pengertian pasar tradisional adalah sebuah pasar dimana tempat itu merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli juga terdapat transaksi jual beli secara langsung serta biasanya terjadi proses tawar-menawar. Bangunan dari pasar tradisional umumnya berupa los, kios-kios ataupun gerai, juga dasaran terbuka yang dibuka oleh para penjual maupun dari pengelola pasar.

Pada umumnya pasar tradisional menjual beragam macam barang kebutuhan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, jasa, dan lainnya. Pasar tradisional masih cukup banyak ditemukan di berbagai daerah-daerah di Indonesia. Beberapa pasar tradisional yang terkenal ialah pasar Klewer di Solo, pasar Beringharjo di Yogyakarta, serta daerah-daerah yang lainnya. Pasar tradisional itu masih terus mencoba untuk bertahan menghadapi ancaman dari adanya pasar modern.

2. Pasar Modern umumnya, pasar modern tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan  pasar tradisional, tetapi pasar modern terdapat penjual dan pembeli yang tak bertransaksi secara langsung melainkan konsumen ataupun pembeli melihat label harga yang telah tertulis dalam barang tersebut, pasar modern terdapat dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri atau disebut swalayan atau bisa juga dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual di pasar modern, selain dari bahan makanan, ada juga barang lainnya dan biasanya barang tersebut dapat bertahan lama. Contoh pasar modern ialah minimarket, supermarket dan lain sebagainya.

Jenis Jenis Pasar

Jenis pasar memiliki umumnya beragam, mulai dari berdasarkan bentuk kegiatannya, cara transaksi, waktu dan menurut jenis barangnya, berikut penjelasannya:

Jenis Pasar Berdasarkan Kegiatannya

Jenis pasar dalam kategori ini dibagi menjadi 2, yakni pasar nyata (konkret) dan pasar tidak nyata (abstrak).

1. Pasar nyata
Pasar nyata atau pasar konkret adalah suatu pasar dimana terdapat beragam jenis barang yang diperjualbelikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh dari pasar nyata ini ialah pasar swalayan dan juga pasar tradisional.

2. Pasar tidak nyata
Pasar abstrak adalah seuatu pasar dimana proses jual beli tidak dilakukan secara langsung, tetapi hanya menggunakan surat dagang saja. Contoh dari pasar abstrak ialah pasar online, pasar valuta asing, pasar modal, dan pasar saham.

Jenis Pasar Berdasarkan Cara Transaksinya

Jenis pasar dalam kategori ini dibagi menjadi 2, yaitu pasar tradisional dan pasar modern.

1. Pasar Tradisional
2. Pasar Modern

Jenis Pasar Berdasarkan Jenis Barangnya

Jenis pasar dalam kategori ini dibagi menjadi 2, yaitu pasar barang konsumsi dan pasar daya produksi.

1. Pasar barang konsumsi adalah suatu pasar yang memperjualbelikan beragam jenis barang yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kehidupan sehari-hari manusia.

2. Pasar sumber daya produksi adalah suatu pasar yang memperjualbelikan barang-barang atau jasa faktor-faktor produksi, misalnya, tenaga kerja, mesin-mesin,dan tenaga ahli.

Jenis Pasar Berdasarkan Waktu Operasionalnya

Jenis pasar dalam kategori ini dibagi menjadi 5, yaitu pasar harian, mingguan, bulanan, tahunan dan pasar kontemporer.

1. Pasar harian adalah tempat di mana pertemuan antara pembeli serta penjual yang bisa dilakukan setiap harinya. Pasar harian umumnya menjual beragam jenis barang kebutuhan konsumsi, kebutuhan bahan mentah, kebutuhan jasa, serta kebutuhan produksi.

2. Pasar mingguan adalah pasar yang melakukan kegiatannya setiap seminggu sekali. Umumnya pasar mingguan terdapat di daerah yang penduduknya masih sedikit, seperti di pedesaan.

3. Pasar bulanan adalah pasar yang melakukan kegiatannya sebulan sekali, dan hanya terdapat di daerah-daerah tertentu. Umumnya, para pembeli di pasar tersebut membeli barang-barang tertentu dan kemudian dijual kembali, contoh pasar bulanan ialah pasar hewan.

4. Pasar tahunan adalah pasar yang diselenggarakan tiap setahun sekali. Pasar tahunan umumnya bersifat nasional dan diperuntukkan untuk promosi terhadap sebuah produk baru. Contoh pasar tahunan antara lain ialah : Pameran Pembangunan, Pekan Raya Jakarta, dan lain-lain.

5. Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan hanya pada waktu tertentu serta pasar temporer bisa terjadi secara tak rutin atau hanya sesekali saja. Umumnya, pasar temporer dibuka untuk merayakan suatu peristiwa tertentu. Contoh dari pasar temporer ialah Bazar.

Peranan Pasar Dalam Ekonomi

Pasar sangat berpengaruh besar dalam perkembangan ekonomi maupun pemerintahan, berikut ini adalah peran pasar dalam bidang ekonomi bagi konsumen, produsen dan bagi pemerintah :

Peranan pasar bagi konsumen:
1. Konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.
2. Konsumen untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan
3. Konsumen untuk menawarkan sumber daya yang dimilikinya.

Peranan pasar bagi produsen:
1. Promosi barang atau jasa
2. Untuk mencari bahan-bahan produksi
3. Menjual barang hasil produksi

Peranan pasar bagi pemerintah:
1. Sumber pendapatan bagi negara/pemerintah
2. Penunjang bagi kelancaran pembangunan nasional, karena terdapat bahan bangunan sebagai penunjang pembangunan dan di pasar pemerintah memperoleh pendapatan yang kemudian pendapatan itu dipakai untuk pembangunan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×