UNBK / UJian Nasional Berbasis Komputer (Pengertian secara umum dan menurut para ahli, Persyaratan, Tujuan, Alasan Diadakannya, Dampak Positif dan Negatif, Kelebihan, Kekurangan, Kesimpulan dan Tips Trik mengerjakan UNBK)

Kali ini kita akan membahas sebuah materi infomasi umum dari dunia pendidikan, yaitu artikel mengenai pengertian simulasi UNBK secara umum dan menurut para ahli, Persyaratan (spek/spesifikasi minimum) Tujuan, Alasan Diadakannya, Dampak Positif dan Negatif, Kelebihan, Kekurangan, Kesimpulan dan Tips Trik mengerjakan UNBK. Semoga dapat membantu

Ujian Nasional Berbasis Komputer

Kali ini kita akan membahas sebuah materi infomasi umum dari dunia pendidikan, yaitu artikel mengenai pengertian simulasi UNBK secara umum dan menurut para ahli, Persyaratan (spek/spesifikasi minimum) Tujuan, Alasan Diadakannya, Dampak Positif dan Negatif, Kelebihan, Kekurangan, Kesimpulan dan Tips Trik mengerjakan UNBK. Semoga dapat membantu

Pengertian UNBK

Pengertian UNBK secara umum adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Baca Juga: Contoh Teks Ceramah / Kultum Singkat

Awal mula atau secara mulainya UNBK adalah Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri. Pada tahun 2016 dilaksanakan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 4382 sekolah yang tediri dari 984 SMP/MTs, 1298 SMA/MA, dan 2100 SMK.

Persyaratan

1. Menyediakan petugas laboratorium komputer (proktor dan teknisi). 
2. Menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi (minimal) sebagai berikut: 

Server 
PC/Tower/Desktop (bukan laptop)
Processor 4 core dan clock rate minimal 1.6 GHz (64 bit)
RAM 8 GB, DDR 3
Harddisk 250 GB
Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows 7 /Linux Ubuntu 14.04
LAN CARD (NIC) 2 unit support GigaByte
UPS (tahan 15 menit)
Jumlah server mengikuti rasio 1:40 (1 server maksimal untuk 40 client)
Cadangan 1 server.

Client 
PC atau Laptop
Monitor minimal 11 inch
Processor minimal single core
RAM minimal 512 MB
Operating System: Windows XP/Windows 7/Windows 8/ LINUX / MAC / Chrome OS
Web Browser: Chrome/Mozilla Firefox/Xambro
Hardisk minimal tersedia 10 GB (free space)
LAN Card
Jumlah client mengikuti rasio 1:3 (1 client untuk 3 peserta)
Cadangan minimal 10%.
Headset/earphone (untuk ujian listening SMA/MA dan SMK)
3. Jaringan internet dengan bandwidth minimal 1 Mbps 
4. Jaringan area lokal (Local Area Network - LAN)

Switch 10/100/1000 Mbps dengan jumlah port sesuai dengan jumlah komputer pada setiap setiap server.
Setiap server harus memiliki switch sendiri (tidak digabung dengan server lain).

Tujuan

Tujuan diadakannyha UNBK adalah bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan utamanya untuk program ujian nasional, adanya sistem yang terintegrasi langsung dengan aplikasi - aplikasi pendidikan lainnya seperti DAPODIK, E-Raport dan lain sebagainya akan mempermudah sekolah untuk melakukan pelaksanaan kegiatan ujian nasional.

Alasan diadakannya UNBK

Tujuan tujuan diadakannya UN berbasis komputer adalah:
1. Mengurangi terjadinya kecurangan
2. Mengurangi pemakaian kertas
3. Mempermudah siswa
4. (Ladang Korupsi) haha

Kelebihan dan Kekurangan UNBK

Adapun dampak negatif dan dampak positif dari UNBK (kekurangan dan kelebihan UNBK) antara lain:
Kelebihan UNBK:
1. Dapat meminimalisir kecurangan (integritas tinggi).
Dengan sistem soal yang diacak (di-random) dan jumlah paket soal yang banyak, siswa tidak bisa melihat pekerjaan teman di sebelahnya karena urutan soal yang berbeda. Hal seperti ini menurut saya dapat menambah motivasi belajar siswa karena tidak bisa berharap kepada temannya.
Baca Juga: Penjelasan lenkap cerita rakyat

2. Memudahkan peserta ujian.
Pada paper base test, peserta diharuskan untuk mengisi biodata terlebih dahulu. Hal ini cukup memakan waktu. Di ujian nasional berbasis komputer, siswa bisa langsung mengerjakan soal ujiannya dengan memasukan username dan password dan biodata sudah otomatis terisi.

3. Hasilnya dapat lebih cepat diketahui.
Dengan aplikasi komputer maka hasil pekerjaan siswa bisa langsung diketahui oleh PUSPENDIK dan PUSTEKKOM. Hasilnya sudah pasti lebih akurat dan terpercaya.

4. Mengurangi pemakaian kertas.
Dengan menggunakan media komputer, otomatis penggunaan kertas sangat berkurang. Hal itu berarti kita dapat mengurangi limbah kertas.

Kekurangan UNBK:
1. Memerlukan biaya yang besar untuk pertama kali UNBK.
Karena banyak fasilitas yang harus dipersiapkan dan memerlukan biaya yang cukup besar. Contohnya untuk pengadaan server beserta perangkatnya (UPS).

2. Kurangnya komputer client.
Jumlah komputer yang tersedia di sekolah sangat minim sehingga diperlukan biaya untuk penyewaan komputer client.

3. Kondisi cuaca.
Kondisi cuaca yang kurang bersahabat, seperti hujan dan petir menyebabkan gangguan pada koneksi internet. Pemadaman listrik yang tidak terduga menyebabkan tidak bisa terlaksananya UNBK.

Kesimpulan

Adapun UNBK diadakan oleh pemerintah dengan beberapa motif, salah satunya dengan tujuan mempermudah siswa, serta panitia penyelenggara, namun dengan tujuan tersebut tidak menutup kemungkinan adanya beberapa kendala dalam pelaksanaannya, jadi kita hanya berharap pemerintah tetap melakukan yang terbaik untuk kita, serta kita sebagai pelajar harus terus berusaha dan berdoa demi hasil yang memuaskan.

Tips dan Trik dalam UNBK

Berikut ini adalah kumpulan beberapa tips dan trik agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengerjakan UNBK baik pelajaran bahasa indonesia, inggris IPA dan IPS :

1. Persiapkan diri sebelum ujian.

Persiapannya seperti biasa. Belajar dengan rajin dan tekun. Gunakan waktu sebaik-baiknya. Perbanyak berlatih soal-soal baik dari Bank Soal maupun lainnya.

2. Berlatih mengoperasikan komputer

Bagi kamu yang jarang sekali bersentuhan dengan komputer, sekarang saatnya berlatih. Berlatih memegangn mouse. Bagaimana caranya klik kanan yang benar. Bagaimana mengetik juga perlu dipelajari mengingat UNBK pasti akan berhadapan dengan kedua hal tersebut.

3. Mengerjakan latihan soal UNBK

Cobalah mengerjakan soal UNBK tahun sebelumnya. Soal-soal ini bisa didapatkan dari guru, tempat kursus, atau dari internet. Mengerjakan soal UNBK ini penting untuk mengetahui seperti apa tampilan dan menu UNBK.

4. Berlatih mencari kata kunci

Ujian komputer berbeda dengan ujian berbasis kertas. Pada ujian komputer mata akan melihat layar. Terlalu lama melihat layar akan membuat mata lelah. Maka dari itu berlatih mencari kata kunci dari soal yang panjang utamanya Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dengan berlatih mencari kata kunci niscaya jawaban akan ditemukan.

5. Tetap berlatih menghitung manual

Walaupun ujiannya berbasis komputer bukan berarti kamu akan menghitung menggunakan alat elektronik atau komputer. Pada ujian Matematika dan IPA yang membutuhkan perhitungan, kamu akan mendapatkan kertas buram untuk menghitung secara manual.

6. Berlatih mengerjakan soal dengan cepat

Sama seperti mengerjakan soal berbasis kertas, ujian berbasis komputer juga terdapat waktu otomatis setiap kamu masuk ke aplikasi UNBK. Yang membuat berbeda adalah kamu tidak mendapat ekstra time seperti saat ujian berbasis kertas. Begitu waktu habis, aplikasi akan menutup dengan sendirinya. Seandainya kamu kehabisan waktu, maka kamu tidak bisa mengulangi lagi.

7. Berlatih tidak minta bantuan

Trik yang ini tentu untuk yang masih suka tolah toleh waktu ujian. Lirik kiri dan kanan mencari bantuan. Soal-soal tiap peserta ujian akan otomatis teracak oleh sistem dalam komputer. Maka tiap orang memiliki soalnya sendiri-sendiri. Maka jangan sampai kamu pake kode A, B, C, atau D dengan teman kamu. Niscaya hasilnya jauh dari harapan.

8. Datang Tepat Waktu

9. Sarapan terlebh dahulu

10. Ikuti Peraturan UNBK

11. Kerjakan soal yang lebih mudah dahulu

12. Berdoa

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×